Muda Berdaya Cegah Kebuntuan Literasi Digital dan Tingkatkan Nalar Gen -Z

oleh -0 Dilihat
muda
Co Founder Muda Berdaya Ryan Batchin Saat Menjelaskan Program Muda Berdaya pada Siswa-Siswi SMA 8 Kota Bekasi (Foto: Diskursus network)

Jakarta – Organisasi Muda Berdaya kembali sukses menggelar bernalar berdaya, yang merupakan acara bagi anak muda terutama pelajar dan mahasiswa agar menjadi lebih melek informasi dan literasi dengan baik.

Acara yang bertempat di SMA 8 Bekasi ini, Jawa Barat dihadiri lebih dari seratus orang siswa kelas XI dan XII yang tengah merencanakan pendidikan tinggi  dan membutuhkan cara mendapatkan informasi yang baik dan benar sesuai yang mereka butuhkan.

Co Founder Muda Berdaya Ryan Batchin menjelaskan Acara ini menghadirkan narasumber kompten di bidang jurnalisme dan media. Salah satunya Kabul Indrawan dari Jurnalis Diskursus yang menjelaskan betapa indonesia memiliki potensi yang sangat besar  dengan daya jangkau internet serta jumlah gawai yang beredar di negeri ini.

Selain itu ada potensi besar bagi seluruh warga di Indonesia untuk berbagi informasi karena menurut survei we are social, saat ini lebih dari 7 jam waktu warga Indonesia dihabiskan untuk berselancar di dunia maya dan 83,1 persen diantaranya digunakan untuk mencari informasi apapun.

Jurnalis senior diskursus network ini meminta anak-anak muda di SMA 8 mampu menyaring, memilah dan memilih informasi yang beredar di internet, karena sedemikian banyaknya informasi bohong berseliweran dan meresahkan publik.

Baca Juga: Tips Untuk Anak Muda Biar Gak Mageran Pas Libur, Harus Dicoba!

Sementara itu Nabilla Ibrahim jurnalis dari Kata Data, meminta para siswa lebih melek dan paham membaca data dengan baik. Karena data yang akurat akan membuat publik tercerahkan dan mampu mengambil kesimpulan dan dan keputusan dengan tepat.

Tak jauh berbeda, Marcia audita dan Clarissa alveria dari kompas menekankan anak-anak muda tidak mudah termakan berita hoax dan mampu membedakan antara informasi palsu dengan karya jurnalistik yang baik.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.