Presiden Joko Widodo Melantik 3 Wakil Menteri Baru di Istana Negara

oleh -0 Dilihat
joko widodo
Presiden Melantik Wamenkeu, Wamentan dan Wameninves untuk SIsa Masa Jabatan Periode 2019-2024 (Foto: Setpres)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga wakil menteri baru di Istana Negara pada Kamis (18 Juli) sore, untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Posisi wakil menteri yang dilantik Presiden Jokowi adalah Thomas AM Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi (Wameninves), dan Sudaryono menempati posisi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Thomas Djiwandono merupakan anggota tim transisi pemerintahan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, serta menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Gerindra.

Sementara itu Wamentan Sudaryono adalah mantan asisten pribadi Prabowo Subianto merupakan ketua DPD Gerindra Jawa Tengah dan CEO Sebuah perusahaan media televisi yang terafiliasi dengan Prabowo.

Sedangkan Yuliot Tanjung sebelum menjadi Wameninves adalah Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal dari Kementerian yang sama.

Ketiganya diangkat sebagai Wakil Menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45 M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca Juga: Presiden Jokowi Batal Berkantor di IKN Bulan Juli Karena Hujan

Keppres dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti. Setelah pembacaan Keppres.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara pengambilan sumpah jabatan yang diikuti oleh Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian bersama dua wakil menteri lainnya yang juga dilantik pada kesempatan tersebut.

Saat ini, posisi Wakil Menteri Keuangan telah diisi oleh Suahasil Nazara yang menjabat sejak 2019. Sedangkan posisi Wakil Menteri Pertanian yang akan diganti, saat ini dipegang oleh Harvick Hasnul Qolbi.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.