7 Orang Tewas Akibat Longsor di Mimika, Papua Tengah

oleh -0 Dilihat
Longsor Mimika
Petugas Gabungan Tengah Mencari Korban dan Membersihkan Material Longsor yang Menutup Jalan di Mimika, Papua Tengah (Foto; BNPB)

jakarta – Hingga kini Proses evakuasi korban bencana tanah longsor akibat hujan deras yang terjadi selama tiga hari berturut-turut di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah masih berlangsung.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari Rabu (17 Juli) melaporkan  kejadian ini mengakibatkan tujuh warga di Distrik Tembagapura meninggal dunia.

Ketujuh korban telah berhasil dievakuasi dan dimakamkan oleh keluarga mereka. Lokasi yang terdampak longsor terletak di Uini, Kali Kabur, Distrik Tembagapura, dengan longsor yang terjadi pada dini hari sekitar pukul 03.00 WIT.

Selain korban jiwa, longsor juga menyebabkan tertutupnya akses jalan. Material longsor menutup jalan penghubung PT Freeport Indonesia ke kampung sepanjang 10 meter.

BPBD Mimika melaporkan adanya 17 titik longsoran di wilayah Tembagapura. Namun, data terbaru pada Rabu (17/7) menunjukkan bahwa akses jalan dari PT Freeport Indonesia ke Kampung Banti Satu sudah bisa dilalui kendaraan.

Baca Juga: BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca Di Langit Sumatera Barat

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB mengungkapkan tim penyelamat menghadapi beberapa kendala seperti sulitnya akses jalan menuju lokasi terdampak.

“Petugas gabungan menghadapi beberapa kendala, termasuk akses jalan menuju lokasi terdampak yang sulit, tidak adanya jaringan komunikasi, dan cuaca buruk. Otoritas setempat, dibantu oleh TNI, Polri, Tagana, dan PT Freeport Indonesia, memberikan dukungan darurat.” Kata Muhari dalam pernyataan tertulisnya

BNPB meminta BPBD dan warga untuk tetap waspada terhadap kemungkinan longsor susulan. Prakiraan cuaca menunjukkan wilayah Papua Tengah masih berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada hari ini dan esok (18/7). Sedangkan di wilayah Mimika, diperkirakan akan terjadi cuaca berawan hingga hujan ringan.

Warga diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang guna memastikan keselamatan mereka di tengah kondisi cuaca yang masih berisiko.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.