Wakil Presiden Resmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Tingkatkan Kelancaran Mobilitas di Jabodetabek

oleh -0 Dilihat
jalan tol
Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin(DOK. PT Cimanggis Cibitung Tollways)

Bogor – Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Peresmian ini menandai pengoperasian seksi 2B dari Simpang Susun Cikeas hingga Junction Cibitung mulai Rabu, (10/07/2024) pukul 06.00 WIB tanpa tarif.

Dengan dibukanya segmen ini, sistem transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama akan berubah dari sistem terbuka menjadi sistem tertutup yang terintegrasi dengan Ruas Tol Cibitung-Cilincing. Untuk arah Cibitung, pengguna akan dikenakan tarif segmen Cimanggis-Jatikarya sebesar Rp 5.500 (Golongan I) dan tarif Jatikarya-Nagrak sebesar Rp 8.000 di Gerbang Tol Tujuan. Sedangkan, untuk arah Cimanggis, tarif segmen Cimanggis-Nagrak sebesar Rp 13.500 akan dikenakan, serta tarif Tol Cibitung-Cilincing bagi yang masuk dari ruas tersebut.

Tol Cimanggis-Cibitung Kurangi Waktu Tempuh

Ruas jalan tol sepanjang 26,18 KM ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways dengan biaya investasi Rp 10,6 triliun. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung saat ini telah beroperasi sepanjang 6,53 KM, dari Seksi 1A segmen Cimanggis Junction hingga On/Off Ramp Jatikarya, dan Seksi 2A dari On/Off Ramp Jatikarya hingga Simpang Susun Cikeas.

Baca juga: Akal-Akalan Putusan Mahkamah Agung Demi Jalan Tol Kaesang Ke Jakarta Tak Terbendung

Proyek ini dimulai sejak tahun 2016 dan melintasi empat wilayah, yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Dengan selesainya pembangunan Seksi 2B sepanjang 19,65 KM, jaringan JORR 2 kini terhubung sepenuhnya, menghubungkan Cibubur dengan Jalan Tol Jagorawi, serta meningkatkan kelancaran mobilitas komuter dan logistik menuju kawasan industri di Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Terhubung dengan Jaringan Tol Lainnya

Setelah beroperasi penuh, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan menyambungkan JORR 2 sepanjang 111 KM dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis – Cibitung hingga Cilincing. Jalan tol ini diharapkan dapat memperlancar pergerakan komuter dan logistik di kawasan industri besar di Jabodetabek, seperti Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing. Selain itu, tol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta-Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara Kertajati, menjadi solusi alternatif untuk mengurangi waktu perjalanan akibat kemacetan di ruas tol Cikampek.

Berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1626/KPTS/M/2024, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan operasional sehingga siap dioperasikan.

Dengan diresmikannya jalan tol ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi mobilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.