Penggantian Anggota KPU: Iffa Rosita Menggantikan Hasyim Asy’ari

oleh -0 Dilihat
penggantian anggota kpu
Iffa Rosita anggota KPU Provinsi Kalimantan Timur, akan menggantikan Hasyim Asy’ari sebagai anggota KPU RI.(DN)
Jakarta – Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, mengumumkan bahwa Iffa Rosita, yang saat ini menjabat sebagai anggota KPU Provinsi Kalimantan Timur, akan menggantikan Hasyim Asy’ari sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Pengumuman penggantian anggota KPU ini disampaikan menyusul keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memberhentikan Hasyim Asy’ari pada Rabu, (03/07/2024).

Guspardi menjelaskan, berdasarkan Pasal 29 ayat (4) huruf a UU No. 2/2007 tentang Penyelenggara Pemilu, pengganti anggota KPU harus berasal dari urutan peringkat berikutnya dari hasil pemilihan yang dilakukan oleh DPR. “Calon anggota KPU peringkat 8 adalah Iffa Rosita dari Kalimantan,” kata Guspardi pada Kamis (04/07/2024).

Baca juga: Tok, Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI Dipecat DKPP Terkait Kasus Asusila

Proses Penggantian dan Latar Belakang Hukum Penggantian Anggota KPU

Pada tahun 2022, panitia seleksi menyerahkan 14 nama calon anggota KPU 2022-2027 ke Komisi II DPR, dengan 7 orang terpilih menjadi anggota KPU. Sesuai dengan aturan yang ada, pengganti Hasyim adalah calon anggota KPU peringkat 8 berdasarkan hasil pemungutan suara Komisi II DPR pada tahun tersebut.

Di urutan kedelapan, terdapat nama Viryan Aziz dari Kalimantan Barat. Namun, karena Viryan Aziz telah meninggal dunia, maka Iffa Rosita yang berada di urutan berikutnya akan mengisi posisi yang kosong tersebut.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, diberhentikan dari jabatannya oleh DKPP akibat terlibat dalam kasus asusila. DPR kini harus memilih satu dari tujuh nama cadangan yang sudah melalui fit and proper test pada awal 2022 sebagai pengganti Hasyim. Nama yang terpilih kemudian akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik.

Baca juga: Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari: Calon Kepala Daerah Tingkat Provinsi Harus Berusia 30 Tahun per 1 April 2027

Mengacu pada hasil pemilihan anggota KPU periode 2022-2027, calon pengganti Hasyim adalah Viryan Aziz, namun karena Viryan telah meninggal dunia pada Mei 2022, maka posisi tersebut diberikan kepada Iffa Rosita, yang berada di urutan berikutnya.

Profil Iffa Rosita

penggantian anggota kpu
Iffa Rosita

Iffa Rosita telah menjabat sebagai anggota KPU Provinsi Kalimantan Timur sejak tahun 2019. Sebelumnya, ia adalah anggota KPU Kota Bontang periode 2014-2019. Iffa juga memiliki pengalaman sebagai pegawai honorer di Pemkot Bontang, bekerja di Dinas Kesehatan dan Kantor Pemberdayaan Masyarakat.

Perempuan kelahiran Samarinda pada 30 April 1979 ini adalah lulusan S2 Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, Samarinda. Ia aktif dalam berbagai organisasi di Bontang, seperti Kerukunan Wanita Sempekat Keroan Kutai Kota Bontang (KW SK3B), Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bontang, dan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kota Bontang. Selain itu, Iffa juga terlibat dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bontang, PD Aisyiyah Kota Bontang, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bontang. Iffa juga dikenal aktif di Muhammadiyah dan pernah menjabat sebagai Ketua bidang Immawati IMM Samarinda serta dosen di STIR Muhammadiyah Samarinda.

Daftar Nama Anggota dan Cadangan KPU

Anggota KPU:

  1. Betty Epsilon Idroos
  2. Hasyim Asy’ari
  3. Mochammad Afifuddin
  4. Parsadaan Harahap
  5. Yulianto Sudrajat
  6. Idham Holik
  7. August Mellaz

Cadangan Anggota KPU: 8. Viryan Aziz 9. Iffa Rosita 10. Dahliah 11. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi 12. Iwan Rompo Banne 13. Yessy Yatty Momongan 14. Muchamad Ali Safa’at. (DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.