Pemulangan Jemaah Haji Gelombang 1 Selesai, Gelombang II Mulai 4-23 Juli

oleh -0 Dilihat
Pemulangan Jemaah Haji Gelombang 1 Selesai
Jemaah haji Indonesia yang masuk dalam gelombang 1 sudah selesai dipulangkan ke Indonesia terhitung hari ini 4 Juli 2024 dini hari Waktu Arab Saudi (WAS).

Jakarta- Jemaah haji Indonesia yang masuk dalam gelombang 1 sudah selesai dipulangkan ke Indonesia terhitung hari ini 4 Juli 2024 dini hari Waktu Arab Saudi (WAS). Sementara untuk pemulangan jemaah haji gelombang kedua mulai berlangsung 4-23 Juli 2024.

Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 42 Embarkasi Solo (SOC 42) menjadi rombongan terakhir. Sebanyak 360 jemaah terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pukul 01.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Kemenag RI Subhan Cholid berharap semua jemaah kembali dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur.

Pemulangan Jemaah Haji
Pemulangan Jemaah Haji

“Alhamdulillah saat ini kita sudah di tahap akhir untuk pengiriman jemaah haji gelombang pertama, dengan melepas Kloter Terakhir yakni SOC 42 yang berisi jemaah haji asal Kota Semarang dan Kab. Kendal Jawa Tengah, dan diberangkatkan pada pukul 1.30 WAS dini hari. Kita doakan bersama semoga perjalanannya diberkahi keselamatan sampai tiba di tanah air dan berkumpul kembali dengan keluarganya dan membawa haji yang mabrur,” ujar Subhan Cholid saat melepas kepulangan jemaah SOC 42 di Paviliun D 4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang I berlangsung sejak 22 Juni 2024. Ada 229 kloter yang pulang ke Tanah Air pada fase ini, sebanyak 183 kloter terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan 46 kloter berangkat dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Fase pemulangan gelombang I ini berlangsung hingga 4 Juli 2024.

“Total ada 88.936 jemaah haji Indonesia yang telah kembali ke Indonesia pada fase pemulangan gelombang I,” sebut Subhan.

“Dengan begitu, saat ini tersisa jemaah haji gelombang dua yang sebagian besar telah didorong dari Makkah ke Madinah. Sebagian lainnya masih berada di Makkah sambil menunggu jadwal pendorongan ke Madinah sebelum dipulangkan ke Tanah Air,” sambungnya.

Bersamaan berakhirnya pemulangan jemaah haji gelombang I, dimulai proses pemulangan jemaah haji gelombang II dari Bandara AMAA Madinah. Proses ini akan berlangsung dari 4 – 23 Juli 2024.

Total ada 324 kloter jemaah haji Indonesia gelombang II yang akan pulang dari Madinah. Karena itu, Petugas Haji Daker Bandara PPIH Arab Saudi juga telah disiagakan di Bandara Madinah untuk melayani pemulangan jemaah haji gelombang II.

Pemulangan Jemaah Haji
Pemulangan Jemaah Haji

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri secara khusus mengimbau, agar jemaah memperhatikan ketentuan dan aturan terkait barang bawaan yang akan dibawa pulang ke Tanah Air, baik di koper bagasi maupun koper kabin. Jemaah juga diminta mengantisipasi kelebihan barang bawaan.

“Sebaiknya dikirim melalui cara cara yang sesuai ketentuan saja, agar tidak terkena sweeping di Bandara baik dari segi jenis maupun beratnya, termasuk Air Zamzam,” sebut Subhan.

Subhan Cholid bersyukur, sejak kedatangan pertama jemaah haji pada 13 Mei hingga saat ini, seluruh rangkaian penyelenggaraan Ibadah haji berjalan baik. Berbagai dinamika yang terjadi juga berhasil diselesaikan.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan kekompakan seluruh petugas haji dan kerja sama seluruh jemaah, persoalan yang terjadi disa dihadapi dan diatasi serta diselesaikan bersama. Sehingga jadwal yang telah ditetapkan, rencana yang sudah disiapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” paparnya. (MCH 2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.