Tindaklanjuti Perintah Presiden, Menko Polhukam Tinjau Pusat Kendali Sistem Pemantauan Siber BSSN

oleh -0 Dilihat
Hadi Tjahjanto
Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto saat meninjau Pusat Kendali Sistem BSSN, Jakarta, pada Selasa (02/07/2024).

Jakarta- Menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto meninjau Pusat Kendali Sistem Pemantauan Siber milik BSSN di Ragunan, Jakarta, pada Selasa (02/07/2024).

Hadi mengatakan, BSSN adalah institusi yang sangat vital dan penting sehingga memerlukan kerja sama, kerja keras, dan konsentrasi luar biasa dari seluruh pemangku kepentingan.

“Saya mengingatkan kepada seluruh pihak, kita bangsa yang besar, bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang hebat dan cerdas, terlebih di bidang IT harus kita kuasai,” kata Hadi.

Dalam apel bersama BSSN, Mantan Panglima TNI tersebut juga menyampaikan perhatian khusus kepada seluruh kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah provinsi yang memiliki potensi kerawanan, untuk dapat mengantisipasi ancaman yang mungkin terjadi.

“Pada kesempatan ini saya juga ingin langsung berinteraksi kepada seluruh CISRT di Indonesia agar saya mengetahui bagaimana kesiapan apabila menghadapi ancaman dari luar maupun dari dalam,” ungkapnya.

Dalam peninjauan tersebut juga, Hadi meminta Computer Security Incident Response Team (CISRT) untuk menyampaikan situasi dan kondisi keamanan siber, diantaranya PPATK, Kementerian ATR/BPN, Bakamla, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan BP Batam.

“Saya menekankan betapa pentingnya menjaga data, salah satunya Kementerian ATR/BPN karena menyimpan seluruh dokumen milik rakyat dan pemerintah, hampir seluruh Indonesia. Ini semua kepemilikan tanah ada di ATR/BPN, sehingga tanggung jawab yang diberikan harus dilaksanakan dengan tulus dan kita harus menjaga hak rakyat,” tegasnya.

Sebelumnya, Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto telah melakukan rapat dengan Kemenkominfo dan BSSN membahas soal peretasan Pusat Data Nasional (PDN) di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, pada Senin (01/02/2024). (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.