Portugal Lolos ke Perempat Final Euro 2024 Berkat Penyelamatan Heroik Diogo Costa

oleh -0 Dilihat
Penyelamatan Heroik Diogo Costa
Penyelamatan Heroik Diogo Costa (foto uefa.com)

Diskursus – Penjaga gawang Diogo Costa menjadi pahlawan Portugal yang membawa Selecao ke perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Slovenia dalam drama adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit pada pertandingan 16 besar Euro 2024 di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa dini hari WIB.

Costa berhasil menghentikan tiga tendangan pertama dari pemain Slovenia, sementara tiga pemain Selecao berhasil mencetak gol, sehingga adu penalti berakhir dengan skor 3-0 untuk Portugal.

Portugal akan menghadapi Prancis pada babak perempat final di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu dini hari pekan ini pukul 02.00 WIB.

Portugal langsung mengambil inisiatif menyerang, menciptakan peluang lewat tendangan Ruben Dias yang meleset dari gawang Slovenia.

Portugal hampir mencuri keunggulan andai umpan Bernardo Silva dapat disambut dengan baik oleh Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes.

Baca juga: Prancis Singkirkan Belgia di Babak 16 Besar

Skuad asuhan Roberto Martinez terus menggempur lini pertahanan Slovenia, kali ini memberikan ancaman lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang tidak mengenai sasaran.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Portugal kembali menciptakan peluang melalui tendangan Joao Palhinha yang melambung tipis di atas mistar gawang Slovenia.

Pada babak kedua, Portugal terus mengendalikan pertandingan. Ronaldo kembali menciptakan peluang lewat tendangan keras yang berhasil dimentahkan oleh kiper Slovenia, Jan Oblak.

Portugal terus berusaha membobol gawang Slovenia, kali ini sundulan Palhinha meleset dari sasaran.

Ronaldo kembali mendapatkan peluang lewat skema bola mati, tetapi tendangan bebasnya kali ini pun meleset dari gawang Slovenia.

Portugal terus mendapatkan peluang, termasuk dari Ronaldo yang melepaskan tendangan keras mengarah ke gawang Slovenia, namun Jan Oblak kembali berhasil menghalaunya.

Slovenia sempat menciptakan peluang emas lewat tendangan Benjamin Sesko, tetapi bola meleset dari gawang Portugal.

Sampai 90 menit waktu normal, kedudukan tetap 0-0 sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan dua kali 15 menit.

Pada babak pertama waktu tambahan, Portugal memiliki peluang emas untuk mengakhiri pertandingan setelah mendapatkan hadiah penalti akibat pelanggaran terhadap Diogo Jota di kotak terlarang.

Ronaldo maju sebagai eksekutor, namun gagal melaksanakan tugasnya setelah tendangannya ditepis oleh Jan Oblak.

Pada babak kedua waktu tambahan, giliran Slovenia memiliki peluang emas untuk membobol gawang Portugal, tetapi tendangan Sesko yang berhadapan dengan kiper Portugal dapat dihalau oleh Diogo Costa.

Portugal terus mendominasi jalannya pertandingan, namun skor tetap 0-0 sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Portugal keluar sebagai pemenang setelah tiga penendang pertama Slovenia gagal mencetak gol karena dihentikan oleh Diogo Costa, sementara semua eksekutor Selecao sukses menaklukkan Jan Oblak.

Temukan berita menarik lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.