Panduan Daftar Ulang dan Login KIP Kuliah 2024

oleh -0 Dilihat
login kip kuliah
Ilustrasi KIP

Diskursus Network – Pendaftaran dan login KIP Kuliah 2024 kini kembali dibuka setelah mengalami kendala teknis akibat masalah pada Pusat Data Nasional di akhir Juni 2024. Berikut adalah informasi lengkap tentang cara mendaftar dan login KIP Kuliah 2024.

Laman resmi KIP Kuliah di [https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/](https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/) sempat mengalami gangguan teknis pada akhir Juni 2024. Namun, pendaftaran KIP Kuliah telah dibuka kembali mulai 29 Juli 2024. Menurut pengumuman resmi yang dihimpun dari Diskursus Network, sistem KIP Kuliah akan kembali beroperasi sepenuhnya paling lambat pada 29 Juli 2024.

Pemulihan sistem ini dilakukan dengan menggunakan cadangan data pada pusat data Kemendikbudristek. Proses ini melibatkan pemindahan, pemulihan, dan rekonfigurasi interkoneksi sistem KIP Kuliah dengan sistem lain di pemerintahan yang memerlukan waktu.

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 akan tetap berlangsung setelah layanan dipulihkan. Perguruan tinggi memastikan bahwa tidak ada mahasiswa baru yang kehilangan hak untuk mengikuti seleksi penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Proses Pemulihan Sistem KIP Kuliah, Pendaftaran Kembali Mulai 29 Juli

Untuk pendaftar baru KIP Kuliah 2024, berikut adalah cara melakukan pendaftaran:

1. Kunjungi Laman KIP Kuliah: Buka [https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/](https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/).
2. Isi Data Dapodik: Masukkan data valid sesuai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek, yaitu:
– Nomor Induk Kependudukan (NIK)
– Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
– Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
3. Aktifkan Email: Pastikan memiliki email yang aktif untuk menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah validasi data berhasil.

Bagi yang telah mendaftar sebelum sistem mengalami kendala, dapat mengakses kembali sistem KIP Kuliah mulai 29 Juli 2024 hingga 31 Agustus 2024 untuk mengklaim ulang akun dan mengunggah dokumen pendukung.

Tenggat waktu pembayaran uang kuliah bagi penerima KIP Kuliah yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan ditunda hingga proses seleksi penerima KIP Kuliah selesai.

Baca juga: Lolos UTBK SNBT 2024 tapi Tak Mendapatkan KIP Kuliah? Ini Penjelasan Ketua SNPMB

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024

Penerimaan KIP Kuliah Merdeka 2024 memprioritaskan calon penerima dari keluarga tidak mampu yang memenuhi syarat ekonomi berikut:
– Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.
– Berasal dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
– Berasal dari keluarga yang masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE).
– Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Dengan langkah-langkah dan informasi di atas, diharapkan proses pendaftaran dan login KIP Kuliah 2024 dapat berjalan lancar dan memastikan setiap mahasiswa yang berhak dapat mengikuti seleksi penerimaan KIP Kuliah dengan baik.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.