Curang Saat PPDB, 200 Calon Peserta Didik Dicoret Dinas Pendidikan Jabar

oleh -0 Dilihat
ppdb 2024
Dinas Pendidikan Jawa Barat Mencoret 200 Orang Calon Peserta Didik yang Kedapatan Curang Saat Pendaftaran PPDB 2024 (foto: Disdik Jabar)

Jakarta – Sebanyak 200 calon peserta didik yang terbukti melakukan kecurangan pada tahap I Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jabar 2024 untuk jenjang SMA/SMK dan SLB terpaksa dicoret Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar).

Ade Afriandi Pelaksana Harian Kepala Disdik Jabar, menyatakan ratusan calon peserta didik tersebut dicoret karena memanipulasi domisili pada Kartu Keluarga (KK).

Ia menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menoleransi segala bentuk kecurangan dalam proses PPDB 2024. Bahkan, jika calon peserta didik telah dinyatakan lulus namun terbukti curang, maka akan langsung dicoret dari daftar PPDB.

“Sudah terbukti di tahap pertama, kami menganulir lebih dari 200 calon peserta didik karena terbukti menggunakan KK di alamat bukan domisili siswa,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (2 Juli).

Baca Juga: Sengkarut Verifikasi Dokumen PPDB Jabar 2024, Berikut Panduan Legalisasi Sertifikat Kejuaraan

Saat ini PPDB tahap II telah dibuka dan saat ini memasuki tahapan tes kemampuan prestasi calon peserta didik yang digelar pada 1-2 Juli 2024.

Pada tahap II ini, ada tiga jalur pendaftaran yang dibuka, yaitu jalur prestasi (akademik, olahraga, dan seni), jalur afirmasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), serta jalur perpindahan tugas orang tua.

Untuk uji kemampuan, tes ditujukan kepada peserta yang mendaftar melalui jalur prestasi olahraga dan seni untuk SMA, serta tes kemampuan bakat bagi SMK.

“Tes akan dilakukan di sekolah pilihan pertama dengan tim penguji langsung oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan,” jelas Ade.

Jumlah calon peserta didik yang telah mendaftar pada PPDB tahap II mencapai 207.183 orang. “Jumlah itu telah melebihi kuota, yakni 162.673 CPD untuk seluruh SMA, SMK dan SLB di Jabar,” terang Ade. Hasil tes PPDB tahap II akan diumumkan pada 5 Juli 2024.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.