Ketua PPIH Kritik Jadwal Penerbangan yang Sering Delay: Infokan jauh-jauh hari sebelumnya

oleh -0 Dilihat
Ketua PPIH Kritik Jadwal Penerbangan yang Sering Delay: Infokan jauh-jauh hari sebelumnya
Jemaah haji Indonesia saat berada di bandara

Jeddah- Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Nasrullah Jasam mengkritik maskapai penerbangan yang sering mengubah jadwal penerbangan secara tiba-tiba.

Perubahan yang mendadak menurut Nasrullah berdampak terhadap kenyamaan jemaah haji yang akhirnya harus menunggu lama di bandara.

“Kepada maskapai, baik Garuda maupun Saudia, agar kooperatif dan hadir di tengah-tengah jemaah ketika ada delay. Karena ketika ada delay tentu yang bisa menjelaskan secara spesifik pihak penerbangan, bukan PPIH,” tutur Nasrullah pada Tim Media Center Haji (MCH) pada Jumat (27/6/2024).

Nasrullah juga meminta agar pihak maskapai dapat menginformasikan jauh hari jika akan melakukan perubahan penerbangan.

“Kita selalu ingatkan bahwa tentu kalau alasan keamanan kita akan bisa menerima, tetapi agar diinfokan jauh-jauh hari sebelumnya, atau jauh sebelum take-off karena delay itu dampaknya ya bukan hanya keselamatan tapi juga layanan yang lainnya,” ujarnya.

Sejumlah 111 kelompok terbang (kloter) dengan 43.000 jemaah haji Indonesia telah kembali ke Tanah Air usai menyelesaikan puncak ibadah haji. Namun, kepulangan jemaah haji Indonesia diwarnai keterlambatan dari pihak maskapai jasa penerbangan.

sampai saat ini PPIH Arab Saudi selalu mengecek jadwal setiap hari, memastikan jadwal itu sudah definitif tidak berubah lagi.

“Walaupun nanti misalnya berubah karena alasan cuaca, karena alasan keamanan, tentu agar diberitahukan jauh sebelum take-off, sehingga kita bisa menyesuaikan. Karena memang kalau ada delay, itu menjadi tanggung jawab maskapai,” tandasnya. (MCH 2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.