Awal Mula Penetapan dan Keutamaan Puasa Senin-Kamis

oleh -0 Dilihat
puasa senin-kamis

Diskursus Network – Puasa Senin-Kamis adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Puasa dijalankan di hari Senin dan hari Kamis setiap pekan.

Praktik puasa ini didasarkan pada sejumlah hadits yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW, yang menjelaskan keutamaan dan manfaat puasa pada hari Senin dan Kamis. Berikut adalah penjelasan mengenai awal mula dan latar belakang penetapan puasa Senin-Kamis.

Awal Mula Penetapan Puasa Senin-Kamis

  1. Hadits Nabi Muhammad SAW Rasulullah SAW menjelaskan dalam beberapa hadits bahwa beliau sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA menyebutkan: “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Pada hari itu Allah mengampuni setiap hamba-Nya yang tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, kecuali seseorang yang antara dirinya dan saudaranya terdapat kebencian. Maka dikatakan, ‘Tangguhkanlah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai mereka berdamai.’” (HR. Muslim)
  2. Puasa Hari Senin Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Hari Senin adalah hari di mana aku dilahirkan, hari di mana aku diutus (atau mulai menerima wahyu), dan hari di mana wahyu pertama kali diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim)
  3. Puasa Hari Kamis Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan berpuasa pada hari Kamis. Salah satu alasan yang beliau sampaikan adalah bahwa amal perbuatan manusia diangkat kepada Allah pada hari Kamis. Hadits yang diriwayatkan dari Usamah bin Zaid RA menyatakan: “Amal-amal diperiksa pada hari Senin dan Kamis, maka aku ingin amalku diperiksa saat aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Baca juga: Puasa Mualaf Ini Jadi Istimewa Bersama Ustaz Ceking

Keutamaan Puasa Senin-Kamis

  1. Mendapatkan Pengampunan Dosa Puasa Senin-Kamis memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk mendapatkan pengampunan dosa. Dengan berpuasa pada hari-hari tersebut, seorang muslim berharap amal perbuatannya diterima dan dosa-dosanya diampuni.
  2. Meningkatkan Ketakwaan Berpuasa secara rutin pada hari Senin dan Kamis dapat meningkatkan ketakwaan seseorang kepada Allah SWT. Puasa ini melatih kesabaran, keteguhan hati, dan ketaatan pada perintah Allah.
  3. Mendapatkan Keberkahan dan Pahala Puasa Sunnah, termasuk puasa Senin-Kamis, adalah salah satu cara untuk mendapatkan pahala tambahan dan keberkahan dalam hidup. Allah SWT memberikan ganjaran yang besar bagi hamba-Nya yang melakukan amalan sunnah dengan ikhlas.
puasa senin-kamis
Ilustrasi

Praktik Puasa Senin-Kamis

Puasa Senin-Kamis dilakukan dengan niat puasa sunnah pada malam hari sebelum fajar, kemudian menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Niat puasa Senin-Kamis bisa diucapkan dalam hati atau secara lisan.

Secara keseluruhan, puasa Senin-Kamis adalah amalan yang dianjurkan bagi umat Islam karena memiliki banyak manfaat spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW ini, umat Islam dapat memperbaiki diri, meningkatkan kualitas ibadah, dan meraih pahala yang besar.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.