Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Mulai Datangi Rumah Warga di Kebayoran Baru

oleh -0 Dilihat
pemutakhiran data
Petugas Pantarlih mulai bekerja (DN-P)

Jakarta – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mulai mendatangi rumah-rumah warga di kawasan pemukiman Jalan Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pendataan ini dilakukan pada Kamis siang sebagai bagian dari persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Setelah resmi dilantik dan mulai bekerja pada Senin, 24 Juni 2024, petugas Pantarlih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Selatan mulai melakukan pendataan ulang. Satu persatu rumah warga di RT 1 RW 1 Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, didatangi untuk mencocokkan dan meneliti (coklit) kesesuaian daftar pemilih dengan dokumen kependudukan yang ada.

Proses coklit melibatkan pengecekan aktivitas warga yang keluar atau masuk domisili serta warga yang telah meninggal dunia. Hal ini dilakukan demi memenuhi hak-hak konstitusional warga negara untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada mendatang.

Salah satu petugas Pantarlih Jakarta Selatan, Nurjanah, menjelaskan bahwa sejauh ini sudah ada 600 data tercatat di tingkat RW 01 Kelurahan Pulo. “Pendataan warga sesuai dengan data-data domisili di sini. Sudah 600 data untuk ditingkatkan RW, proses pendataan selama 1 bulan,” ujar Nurjanah.

Baca juga: Pantarlih Diminta Jaga Kerahasiaan Calon Pemilih

Sementara itu, salah satu warga, Dimas, menyatakan bahwa ia memperbarui data domisili keluarganya kepada petugas Pantarlih. “Data pemilih memang tiap tahun didata. Ada pengurangan, kebetulan dua orang tua saya sudah meninggal jadi didata ulang. Saya menyerahkan surat kematian. Ada 3 tinggal saya dan kakak adik, untuk Pilkada update lagi,” kata Dimas.

KPU Provinsi DKI Jakarta telah menyusun daftar pemilih berdasarkan data hasil sinkronisasi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu terakhir. Sebanyak 29.315 petugas Pantarlih akan bertugas mencocokkan dan meneliti (coklit) data sebanyak 8.315.669 pemilih di 14.775 TPS se-DKI Jakarta. Proses ini akan berlangsung hingga 24 Juli 2024.

Dengan adanya pendataan ulang ini, diharapkan seluruh warga yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024 dengan data yang akurat dan valid. Pendataan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa daftar pemilih tetap (DPT) yang digunakan nantinya benar-benar mencerminkan jumlah pemilih yang sebenarnya.

Kegiatan coklit oleh petugas Pantarlih di Kebayoran Baru merupakan bagian penting dari persiapan Pilkada 2024. Dengan verifikasi dan pembaruan data pemilih, diharapkan pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lebih baik, transparan, dan akurat. Masyarakat diimbau untuk berpartisipasi aktif dalam proses pendataan ini guna memastikan hak pilih mereka terjamin.(DN-P)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.