PPIH Ingatkan Jemaah Sebelum Pulang Jangan Lupa Tawaf Wada

oleh -0 Dilihat
tawaf wada
Fase Pemulangan, Jemaah Haji Diingatkan Agar Melakukan Tawaf Wada Terlebih Dulu (MCH 2024)

Makkah – Sejak dimulainya pemulangan jemaah, hari ini mereka telah tiba di Tanah Air dan menerima sejumlah layanan di asrama haji sebelum kembali ke keluarga masing-masing.

Ketibaan pertama jemaah di asrama haji disambut oleh sejumlah pejabat tinggi negara, pimpinan daerah, dan keluarga jemaah. Di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, kloter pertama disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengingatkan bahwa jemaah yang akan kembali ke Tanah Air telah melakukan Tawaf Wada.

“Tawaf Wada adalah tawaf perpisahan yang dilakukan sebelum jemaah haji meninggalkan Kota Makkah,” jelas Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Minggu (23/06/2024).

“Bagi jemaah haji lansia dan risiko tinggi (risti) dianjurkan melakukan Tawaf Wada dengan menggunakan kursi roda atau skuter matik jika kondisi di sekitar Kakbah penuh sesak,” tambahnya.

Baca Juga: Ini Empat Ciri Haji Mabrur Sekembalinya Jamaah Dari Tanah Suci

Mengutip buku Tuntunan Manasik Haji yang diterbitkan Kementerian Agama, Widi menjelaskan bahwa jemaah haji yang lemah dan sakit yang benar-benar tidak mampu melakukan Tawaf Wada dapat mengikuti pendapat Imam Malik yang menyatakan bahwa hukum Tawaf Wada adalah sunah dan bagi orang sakit atau uzur yang meninggalkannya tidak dikenakan dam.

Ia berpesan agar jemaah mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum pulang ke Tanah Air dengan menjaga kesehatan tubuh.

“Jemaah haji yang lemah, lansia, dan risti sebaiknya tidak memburu ibadah-ibadah sunah yang membutuhkan tenaga ekstra setelah mabit di Mina, seperti selalu datang untuk salat berjamaah di Masjidil Haram, melakukan umrah sunah, atau melakukan tawaf sunah berulang-ulang,” pesannya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pada pukul 10.10 WIB, jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat adalah 233 orang.

Hari ini, Ahad 23 Juni 2024, terdapat 20 kelompok terbang dengan total 7.961 jemaah haji yang akan diterbangkan ke Tanah Air, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Embarkasi Surabaya (SUB): 1.854 jemaah/5 Kloter
  2. Embarkasi Batam (BTH): 446 jemaah/1 Kloter
  3. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG): 1.226 jemaah/3 Kloter
  4. Embarkasi Palembang (PLM): 450 jemaah/1 Kloter
  5. Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS): 880 jemaah/2 Kloter
  6. Embarkasi Lombok (LOP): 393 jemaah/1 Kloter
  7. Embarkasi Kertajati (KJT): 880 jemaah/2 Kloter
  8. Embarkasi Solo (SOC): 1.079 jemaah/3 Kloter
  9. Embarkasi Padang (PDG): 393 jemaah/1 Kloter
  10. Embarkasi Medan (KNO): 360 jemaah/1 Kloter

(MCH 2024)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.