Prediksi Teknologi dan AI Euro 2024: Opta Jagokan Inggris, Octopus dan Gemini Andalkan Prancis

oleh -0 Dilihat
EURO 2024

Diskursus – Superkomputer Opta memprediksi timnas Inggris akan memenangkan Euro 2024, sementara aplikasi kecerdasan buatan Octopus dan Gemini AI memilih timnas Prancis sebagai juaranya.

Opta dikenal di kalangan penggemar sepak bola karena kemampuan prediksinya yang akurat dalam menentukan juara beberapa turnamen sebelumnya. Prediksinya untuk Euro 2024 didasarkan pada data dari tim-tim peserta, termasuk performa pra-turnamen, performa pemain, dan riwayat pertandingan antar-tim.

Opta memprediksi Inggris akan menjadi juara Euro 2024. Simulasinya menunjukkan tim yang dikapteni Harry Kane memiliki peluang 48,2% untuk lolos ke semifinal, 31,1% untuk mencapai final, dan 19,9% untuk meraih trofi.

Prancis diprediksi sebagai lawan paling tangguh bagi Inggris dengan peluang 48,1% untuk mencapai semifinal, 30,4% untuk mencapai final, dan 19,1% untuk meraih gelar juara. Sementara itu, tim lain seperti Jerman, Spanyol, dan Portugal diprediksi memiliki peluang juara masing-masing sebesar 12,4%, 9,8%, dan 9,2%.

Superkomputer Opta memprediksi timnas Inggris akan memenangkan Euro 2024
Superkomputer Opta memprediksi timnas Inggris akan memenangkan Euro 2024

Ketika Euro 2024 dimulai, Opta memperkirakan tuan rumah Jerman akan memenangkan laga pembuka melawan Skotlandia. Prediksi tersebut terbukti akurat dengan kemenangan Jerman 5-1 atas Skotlandia.

Sementara itu, perusahaan perangkat lunak Belgia Luzmo menggunakan program AI Octopus dan platform cloud-nya untuk menjalankan simulasi pertandingan Euro 2024 jutaan kali. Rata-rata, setiap 100 simulasi, Prancis memenangkan gelar sebanyak 22 kali, angka tertinggi di antara tim-tim peserta.

“Model itu sendiri pada dasarnya adalah simulator pertandingan yang melihat hal-hal seperti rating ofensif tim, rating defensif, kemudian memperhitungkan target potensial dan yang diharapkan sebelum membandingkannya dengan tim lain untuk mendapatkan hasil akhir,” ujar Haroen Vermylen, CTO Luzmo, kepada The Register.

Octopus juga dengan tepat memprediksi pertandingan Jerman dan Skotlandia dengan menyebutkan peluang menang bagi tuan rumah sebesar 76%.

Sebagian besar program AI gratis dan populer seperti Google Gemini, Microsoft Copilot, atau OpenAI’s ChatGPT menolak memprediksi tim pemenang. Namun, versi berbayar dari ChatGPT Plus mengevaluasi bahwa Jerman memiliki peluang besar meraih gelar di kandang sendiri berkat kombinasi pemuda dan pengalaman, serta dasar yang kuat dari Bundesliga dan pencapaian mengesankan di turnamen internasional sebelumnya.

Sedangkan Gemini versi lanjutan memberikan hasil yang sama dengan Octopus, yaitu Piala Eropa akan menjadi milik Prancis.

Baca informasi menarik lainnya diĀ Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.