Cuaca Ekstrem: 550 Jamaah Haji Wafat, 183 Orang Diantaranya Dari Indonesia

oleh -0 Dilihat
haji wafat
Jenazah Jemaah Haji yang Akan Disholatkan. Hingga Kamis (20 Juni) 183 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci (foto: istimewa)

Jakarta – Sekurangnya sebanyak 550 jemaah haji dari seluruh negara meninggal dunia dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2024.

Sementara berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pada hari Kamis (20 Juni) pukul 13.50 WIB, jemaah haji Indonesia yang wafat mencapai berjumlah 183 orang.

Sebuah daftar yang beredar online menunjukkan setidaknya 550 orang meninggal selama lima hari pelaksanaan Haji.

Artinya lebih 25 persen jemaah yang wafat selama ibadah haji merupakan warga negara indonesia .

Dikutip dari Associated Press, salah seorang petugas medis yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa nama-nama yang ada dalam daftar tersebut terlihat sesuai dengan identitas jenazah.

Baca Juga: Timwas Haji DPR RI Ajukan Pembentukan Pansus untuk Investigasi Penyelenggaraan Haji 2024

Bahkan petugas medis itu dan seorang pejabat lainnya yang juga tidak mau disebut namanya mengatakan mereka percaya setidaknya ada 600 jenazah di fasilitas tersebut.

Menurut petugas haji setempat ratusan orang meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah Haji tahun ini  akibat menghadapi suhu tinggi yang ekstrem.

Sementara itu Pemerintah Arab Saudi belum memberikan komentar mengenai jumlah korban jiwa yang wafat akibat panas selama ibadah Haji. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.