Selama Libur Idul Adha, Ganjil – Genap di Jakarta Ditiadakan

oleh -0 Dilihat
Idul adha
Suasana Lalu Lintas di Jakarta Penuh dengan Kendaraan Bermotor

Jakarta  – Selama hari libur dan cuti bersama idul Adha aturan ganjil-genap di Jakarta ditiadakan. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan bahwa kebijakan ini diterapkan pada tanggal 17-18 Juni 2024.

“Sehubungan dengan adanya libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, penyelenggaraan ganjil genap pada 17-18 Juni ditiadakan,” kata Syafrin, seperti dilansir oleh Antara pada Minggu, 16 Juni 2024.

Penonaktifan kebijakan ganjil genap pada tanggal tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri serta peraturan gubernur (Pergub).

SKB tersebut adalah keputusan Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Baca Juga: Ponpes Gontor Sholat Idul Adha Minggu 16 Juni 2024

Selain itu, peraturan ini juga didukung oleh Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 Pasal 3 Ayat (3), yang menyatakan bahwa pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres).

Syafrin Liputo mengimbau para pengendara untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan bersama selama masa libur Idul Adha.

Meskipun kebijakan ganjil genap ditiadakan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas harus tetap dijaga.

Dengan diberlakukannya kebijakan ini, diharapkan lalu lintas di Jakarta dapat tetap lancar selama perayaan Idul Adha, sambil memastikan keselamatan dan kenyamanan bagi semua pengguna jalan. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.