Pejabat PBB Peringatkan Ancaman ‘Miskalkulasi’ di Perbatasan Israel-Lebanon

oleh -0 Dilihat
Hizbullah pbb
Tentara Hizbullah Tengah Bersiap Di Samping Kendaraan Peluncur Roket. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency)

Jakarta -Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berbasis di Lebanon mengkhawatirkan kemungkinan eskalasi perang seiring meningkatnya pertempuran antara Hezbollah dan Israel.

Dua pejabat PBB di Lebanon memperingatkan adanya ancaman “sangat nyata” dari miskalkulasi yang bisa memicu perang lebih luas, saat pertempuran lintas perbatasan antara Hezbollah dan Israel terus berkobar.

Peringatan tersebut disampaikan pada hari Sabtu oleh koordinator khusus PBB untuk Lebanon, Jeanine Hennis-Plasschaert, dan kepala pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon, Aroldo Lazaro.

Dalam sebuah pernyataan, mereka menyatakan “sangat prihatin” terhadap bentrokan terbaru di sepanjang perbatasan selatan Lebanon.

“Bahaya miskalkulasi yang bisa menyebabkan konflik tiba-tiba dan lebih luas sangat nyata,” kata kedua pejabat tersebut.

Baca Juga: WHO: Bencana Katastropik Kelaparan Di Gaza, 9.600 Balita Mal Nutrisi Akut Dan Parah

Mereka mendesak “semua pihak untuk menghentikan tembakan dan berkomitmen untuk bekerja menuju solusi politik dan diplomatik”.

Awal pekan ini, Hezbollah meluncurkan serangan terbesar berupa roket dan drone ke arah Israel sejak perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober.

Serangan ini terjadi bersamaan dengan meningkatnya serangan Israel terhadap komandan dan infrastruktur Hezbollah di selatan Lebanon. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.