Ponpes Gontor Sholat Idul Adha Minggu 16 Juni 2024

oleh -0 Dilihat
gontor
Pondok Modern Darussalam Gontor Akan Gelar Sholat Iedul Adha Mengikuti Arab Saudi Pada hari Minggu (sumber: PMDG Gontor)

Jakarta –  Pondok  Modern Darussalam Gontor (PMDG) akan menggelar sholat Hari Raya Idul Adha pada hari Minggu (16 Juni 2024).

Dalam pers rilisnya di laman gontor.id, Penetapan ini mengikuti waktu pelaksanaan ibadah haji di Mekkah, sesuai dengan ijtihad dan keputusan Pimpinan PMDG.

Di PMDG, puasa Arafah tahun ini jatuh pada tanggal 15 Juni 2024 dan shalat Idul Adha akan dilaksanakan pada 16 Juni 2024.

Bagi Gontor, Hari Raya Kurban merupakan momentum penting untuk melatih berkurban, baik secara materi maupun spiritual. Ibadah kurban menguji kebersihan hati, ketaqwaan, dan kepatuhan seorang Muslim kepada Allah.

“Di Gontor, momen Hari Raya Kurban benar-benar dimanfaatkan untuk mendidik santri agar siap berkorban, bukan hanya dalam bentuk harta, tetapi juga waktu, tenaga, dan pikiran demi kemajuan umat Islam dan bangsa Indonesia.

Ini sesuai dengan ajaran nilai Gontor, yaitu berkurban tanpa menjadi korban; berjuanglah dengan bondo, bahu, dan pikir,” ungkap Dr. Riza Ashari, Humas PMDG.

yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Perayaan ini erat kaitannya dengan kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail.

Seperti Hari Raya Idul Fitri yang berkaitan erat dengan bulan Ramadhan, Idul Adha tak dapat dipisahkan dari pelaksanaan ibadah haji di Makkah.

Baca Juga: Alhamdulillaah, Pemberangkatan 553 Kloter Jamaah Haji Indonesia ke Arafah Lancar

Beberapa rangkaian ibadah haji, seperti melempar jumrah, merupakan napak tilas dari perjalanan Nabi Ibrahim dalam menunjukkan kepatuhannya kepada Allah SWT.

Salah satu sunnah yang berkaitan dengan ibadah haji dan Idul Adha adalah puasa Arafah, yang dilaksanakan sehari sebelum Hari Raya Kurban pada 9 Dzulhijjah.

Puasa ini dinamakan puasa Arafah karena bertepatan dengan waktu jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah. Menurut jumhur ulama, puasa Arafah hukumnya sunnah bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan haji. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.