Alhamdulillaah, Pemberangkatan 553 Kloter Jamaah Haji Indonesia ke Arafah Lancar

oleh -0 Dilihat
jamaah haji Indonesia
Rombongan Jamaah haji Indonesia Tiba Di Arafah Hari Kamis (15 Juni) Waktu Setempat (sumber MCh 2024)

Makkah – Proses pemberangkatan jamaah haji Indonesia dari Makkah ke Arafah telah selesai dengan sukses. Seluruh jamaah, kecuali yang mengikuti safari wukuf, kini sudah berada di Arafah.

Pemberangkatan ini dimulai dari hotel di Makkah pada Jumat, 14 Juni 2024, pukul 06.00 Waktu Arab Saudi.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Subhan Cholid, menyampaikan bahwa jamaah haji kelompok terbang (kloter) terakhir meninggalkan Makkah menuju Arafah pada pukul 03.00 Waktu Arab Saudi, sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

“Alhamdulillah, pukul 03.00 waktu Arab Saudi pagi tadi, jamaah haji kloter terakhir meninggalkan Makkah menuju Arafah. Ini sesuai dengan jadwal yang kita rencanakan,” jelas Subhan Cholid di Arafah, Sabtu (15/6/2024).

Rombongan terakhir yang berangkat menuju Arafah adalah bus yang membawa kelompok terbang 15 Embarkasi Padang (PDG-15). Setibanya di Arafah, mereka langsung menempati tenda yang telah disiapkan.

“Saat ini 553 kloter sudah berada di Arafah. Mereka sudah menempati tenda masing-masing. Insya Allah besok semua akan menjalani wukuf di Arafah,” tambahnya.

Jamaah haji Indonesia yang akan menjalani safari wukuf dijadwalkan diberangkatkan ke Arafah pada hari Sabtu sekitar pukul 11.00 Waktu Arab Saudi.

Baca Juga: Sebulan Operasional Haji, 11,8 Juta Boks Katering Dinikmati Jemaah Indonesia

Subhan juga menjelaskan bahwa Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah tiba lebih dahulu di Arafah untuk memastikan seluruh sarana prasana siap digunakan oleh jamaah. Fasilitas yang disiapkan meliputi tenda, kasur, pendingin udara, dapur, hingga toilet lengkap dengan airnya.

“PPIH siapkan konsumsi bagi jamaah setibanya mereka di Arafah,” ungkap Subhan.

Subhan mengimbau agar jamaah memanfaatkan waktu di Arafah dengan memperbanyak zikir dan bermunajat.

“Haji adalah wukuf di Arafah. Ini adalah momen yang ditunggu jamaah sejak puluhan tahun mendaftar haji, Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi jamaah untuk berzikir, mendekatkan diri kepada Allah, dan bermunajat,” pesan Subhan.

Prosesi wukuf di Tenda Misi Haji Indonesia akan digelar oleh PPIH Arab Saudi. Acara ini dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta sejumlah pimpinan lembaga negara. Khutbah Wukuf akan dibacakan oleh Habib Ali Hasan Al Bahar, Lc. MA., dan imam Salat Zuhur dan Ashar Jamak Taqdim Qashar adalah KH Agus Ma’arif, Lc., MA. Pembacaan doa dipimpin oleh Habib Ibrahim Lutfi bin Ahmad Al-Attas.

(Humas Kemenag/MCH 2024)

 Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.