Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto Bertemu Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi

oleh -0 Dilihat
menteri pertahanan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) bin Abdulaziz Al Saud di Jeddah, Arab Saudi.(Kemhan)

Jeddah – Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, melakukan kunjungan kehormatan kepada Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi, Muhammad bin Salman (MBS) bin Abdulaziz Al Saud, di Jeddah, Arab Saudi, pada Rabu (12/06/2024).

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi, serta berbagai aspek kerja sama di beragam bidang dan cara untuk mendukung dan mengembangkannya. Mereka juga meninjau situasi global saat ini, termasuk perkembangan di Palestina.

Menhan Prabowo menegaskan pentingnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi serta kolaborasi kedua negara dalam upaya perdamaian internasional.

“Arab Saudi adalah mitra utama Indonesia dalam dialog dan penyelesaian isu-isu kawasan dan global,” kata Menhan Prabowo.

“Saya melihat keteguhan Yang Mulia dalam menegaskan kepemimpinan Arab Saudi di kawasan, termasuk dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas untuk saudara-saudara kita di Palestina. Isu Palestina sangat dekat di hati kita,” tambahnya.

Menhan Prabowo juga menjelaskan bahwa dalam KTT Call for Action untuk Gaza di Amman, Yordania beberapa hari lalu, dirinya menegaskan dukungan kuat Indonesia untuk Palestina serta perlunya tindakan bersatu dan konkret untuk mendorong gencatan senjata segera dan permanen.

Baca juga: Menhan Prabowo Bahas Upaya Gencatan Senjata di Gaza Bersama Menlu AS, Blinken

Indonesia juga mendorong Israel untuk mematuhi perintah Mahkamah Internasional, keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan mendukung upaya kemanusiaan di lapangan, termasuk UNRWA sebagai penyedia layanan utama bagi pengungsi Palestina.

“Saya mengandalkan kepemimpinan Anda dalam membela perdamaian, keadilan, dan kemanusiaan untuk Palestina,” lanjut Menhan Prabowo.

Selain itu, Menhan Prabowo mengapresiasi hubungan perdagangan yang kuat antara Indonesia dan Arab Saudi. Meskipun ada ketidakpastian global, perdagangan bilateral kedua negara tetap menunjukkan tren positif.

Menhan Prabowo mendorong kedua negara untuk terus bekerja sama meningkatkan perdagangan dengan mengeksplorasi peluang baru, termasuk memperluas potensi perdagangan produk industri pertahanan, teknologi pertanian, industri halal, dan industri kreatif.

Baca juga: Prabowo: Pemerintah Dan Rakyat Indonesia Mendukung Penuh Kemerdekaan Palestina

MBS juga mengapresiasi hubungan dekat antara kedua negara, dengan menyebut Indonesia sebagai rumah kedua bagi Arab Saudi. Ia juga menekankan perlunya peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi dengan Indonesia.

MBS menyoroti isu yang sama terkait masalah Palestina, di mana gencatan senjata masih menghadapi beberapa syarat yang belum tercapai kesepakatannya.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Arab Saudi, termasuk Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz, Menteri Pertahanan, Pangeran Faisal bin Farhan bin Abdullah, Menteri Luar Negeri, serta Menteri Negara, Menteri Dewan Menteri, dan Penasihat Keamanan Nasional, Dr. Musaed bin Mohammed Al-Oeban. (DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.