Korlantas Polri Akan Memperbarui Format SIM dengan Gambar Kendaraan

oleh -0 Dilihat
format sim
Ilustrasi format SIM

Jakarta – Korlantas Polri berencana memperbarui format Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia dengan menambahkan gambar mobil atau motor pada format SIM tersebut. Kasubdit SIM Kombes Pol Heru Sutopo menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan untuk memudahkan petugas lalu lintas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dalam mengidentifikasi jenis SIM yang digunakan. Hal ini penting mengingat mulai 1 Juni 2025, SIM Indonesia akan diakui dan dapat digunakan di Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Oleh karena itu, perlu ada penyesuaian untuk mempermudah identifikasi.

“Tujuannya adalah untuk memudahkan petugas lalu lintas di luar negeri atau ASEAN dalam mengetahui jenis SIM tersebut dan peruntukannya untuk kendaraan apa (karena adanya perbedaan bahasa),” ujar Heru, Kamis (13/06/2024).

Baca juga: Korlantas Polri Luncurkan SIM C1 untuk Motor Bermesin Besar: Apa Bedanya dengan SIM C Biasa?

Format SIM baru ini akan mulai diberlakukan pada Juli 2024. Jadi, bagi pemohon yang akan melakukan perpanjangan atau pembuatan SIM baru pada periode tersebut, akan mendapatkan SIM dengan format baru yang disertai gambar. Meskipun demikian, Heru memastikan bahwa tidak ada perubahan dalam format angka pada SIM maupun biaya pengurusannya. Perubahan ini hanya bertujuan untuk memudahkan pengelompokan saja.

“Tidak ada perubahan biaya,” kata dia. Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021, biaya pembuatan SIM A tetap sebesar Rp 120.000 per penerbitan, sedangkan untuk perpanjangan SIM A dikenakan biaya sebesar Rp 80.000 per penerbitan. Sementara itu, biaya pembuatan SIM C baru adalah Rp 100.000 per penerbitan dan biaya perpanjangan Rp 75.000.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.