Akankah PKB, PDIP Dan PKS Dukung Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta ?

oleh -0 Dilihat
Anies
Tiga Parpol Tertarik Mendorong Anies Baswedan Maju Dalam Pilkada Jakarta 2024 (Sumber: Ig Anies Baswedan)

Jakarta – Tiga partai politik semakin gencar memberikan sinyal untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta mendatang.

Ketiga partai tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan PDI-P.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Khoirudin, mengaku telah mengusulkan Anies sebagai calon dalam kontestasi untuk memperebutkan kursi DKI 1.

Namun, ia menegaskan bahwa keputusan akhir ada di tangan DPP PKS. “Usulan DPW PKS DKI dari eksternal hanya nama Anies Baswedan,” kata Khoirudin saat dikonfirmasi pada 31 Mei 2024.

Situasi serupa juga terjadi di DPW PKB DKI Jakarta, di mana Anies dinyatakan sebagai figur paling layak menjadi bakal calon gubernur (bacagub) Pilkada DKI Jakarta setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan.

Wakil Ketua Umum PKB bidang Ideologi dan Kaderisasi, Hanif Dakhiri, hanya menyebut nama Anies saat ditanya oleh media mengenai kandidat bacagub DKI Jakarta.

Baca Juga: Anies Masuk Radar PDIP Dalam Pilgub DKI Jakarta, Hasto: Mbak Puan Sudah Mengatakan Pak Anies Menarik

“Jakarta belum ditentukan, tapi komunikasi sudah mulai dilakukan, ada Pak Anies, ada siapa lagi ya saya enggak hafal, tapi yang pasti ada Pak Anies,” kata Hanif saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI-P DKI Jakarta, Pantas Nainggolan, mengungkapkan bahwa nama Anies sudah dikirim ke DPP PDI-P sebelum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang berlangsung di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada 24-26 Mei lalu.

Ditemui secara terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDI-P, Utut Adianto, menyatakan bahwa partainya tidak ragu untuk mendukung Anies.

“Menurut saya, beliau sudah pernah menjadi gubernur, sudah jadi capres, pasti beliau punya kemampuan. Kalau menurut bahasa Pak Luhut, beliau ‘paten’. Kalau bahasa saya, beliau orang yang sangat, sudah lah, nasionalismenya tidak diragukan lagi,” kata Utut saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12 Juni).

Namun demikian, hingga saat ini Anies sendiri belum menyampaikan sikap resmi apakah akan kembali mencalonkan diri dalam Pilkada DKI Jakarta atau tidak. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.