Peringati Hari Bung Karno, PDIP Singgung Nepotisme Hingga Ambisi Kekuasaan

oleh -0 Dilihat
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dalam peringatan hari lahir Bung Karno di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada Kamis (06/06/2024). (Ilham)

Jakarta- Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDI Perjuangan memperingati hari lahir Presiden RI 1, Soekarno (Bung Karno), Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto singgung masalah nepotisme hingga ambisi kekuasaan saat ini.

Hasto mengatakan, konstruksi pemikiran Bung Karno yang berpihak kepada rakyat saat ini semakin ditinggalkan.

“Konstruksi pemikiran Bung Karno yang berakar dari falsafah pembebasan petani, nelayan dan buruh serta seluruh lapisan masyarakat yang terjajah hidupnya semakin ditinggalkan. Rakyat hanya diperlakukan sebagai objek elektoral melalui bansos, sementara tambang yang seharusnya dikuasai negara dibagi-bagi konsesinya dengan misi populis-elektoral,”

Menurutnya, Bung Karno juga memiliki pemikiran tentang gagasan struktur dunia yang demokratis mengedepankan kemanusiaan, persaudaraan dunia, keadilan, dan kesetaraan setiap negara dalam keanggotaan PBB.

“Sayang sekali, upaya progresif untuk mempercepat kemajuan bangsa yang bertumpu pada kualitas manusia Indonesia, supremasi hukum, dan sistem meritokrasi yang andal, terganjal oleh ambisi kekuasaan dan penyakit nepotisme yang justru diawali dari puncak kekuasaan,” ungkapnya.

Hasto menyebut, dalam rangkaian memperingati hari Bung Karno diharapkan mampu menggali kembali pemikiran-pemikiran Bung Karno dan memberikan pendidikan politik bagi anak muda.

“Jadi hari ini dalam rangkaian bulan Bung Karno, kami mengadakan diskusi untuk menggali seluruh pemikiran-pemikiran Bung Karno. Pemikiran-pemikiran dari Bung Karno tersebut yang nantinya juga akan melakukan pendidikan politik bagi anak-anak muda agar menjadi pemimpin yang dipersiapkan dengan baik menggembleng kepemimpinan intelektualnya tetapi menyatu di dalam problematika rakyat bangsa dan negara,” ungkapnya. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.