Petugas Haji Keluarkan Surat Edaran: Jangan Keluar Kota Menjelang Puncak Haji

oleh -0 Dilihat
haji
Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda. (MCH 2024)

Madinah – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengeluarkan surat edaran kepada jemaah yang sudah berada di Makkah maupun yang akan tiba, agar tidak melakukan perjalanan ke luar kota menjelang puncak haji.

Edaran ini diterbitkan seiring dengan kebijakan Pemerintah Saudi yang semakin memperketat pemeriksaan di check point pintu masuk Kota Makkah.

“Karenanya, demi keselamatan dan kenyamanan jemaah, PPIH melalui perangkat kloter, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), dan petugas lainnya mengimbau jemaah agar tidak keluar Kota Makkah sebelum puncak haji,” ujar Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (05/06/2024).

“Jemaah yang melaksanakan ziarah ke luar kota perhajian dikhawatirkan akan menghadapi kendala saat kembali masuk ke Kota Makkah karena pemeriksaan ketat di check point pintu masuk kota,” tambahnya.

Baca juga: Jelang Puncak Haji, PPIH Intensifkan Persiapan Armuzna dan Kesiapan Jemaah

Selain itu, lanjut Widi, ketika keluar hotel atau menuju Masjidil Haram, jemaah agar selalu membawa identitas pengenal berupa smart card, gelang identitas, atau paspor. Hal ini penting agar jemaah dapat menunjukkan identitas lengkapnya saat pemeriksaan oleh aparat Saudi, terutama jika terpisah dari rombongan.

“Mengingat cuaca panas, saat keluar hotel, jemaah disarankan selalu mengenakan alat pelindung diri (APD) seperti topi lebar, payung, atau kacamata hitam untuk menghindari sinar UV matahari, serta membawa air minum untuk menghindari dehidrasi,” tuturnya.

43 Jemaah Haji Wafat

Hingga Selasa, 04 Juni 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Rabu, 05 Juni 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jumlah jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci mencapai 178.324 orang yang terbagi dalam 454 kelompok terbang.

“Jumlah jemaah yang wafat mencapai 43 orang, dengan rincian: 3 orang wafat di embarkasi, 16 orang di Madinah, 22 orang di Makkah, dan 2 orang di bandara. Seluruh jemaah yang wafat akan dibadalhajikan,” pungkasnya.

Hari ini, Rabu, 5 Juni 2024, terdapat 17 kelompok terbang dengan jumlah jemaah haji sebanyak 6.742 orang yang akan diterbangkan ke Jeddah. Rincian pemberangkatan adalah sebagai berikut:
1. Embarkasi Surabaya (SUB): 742 jemaah/2 kloter
2. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG): 1.226 jemaah/3 kloter
3. Embarkasi Makassar (UPG): 900 jemaah/2 kloter
4. Embarkasi Solo (SOC): 1.080 jemaah/3 kloter
5. Embarkasi Batam (BTH): 350 jemaah/1 kloter
6. Embarkasi Kertajati (KJT): 440 jemaah/1 kloter
7. Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS): 1.320 jemaah/3 kloter
8. Embarkasi Balikpapan (BPN): 324 jemaah/1 kloter
9. Embarkasi Medan (KNO): 360 jemaah/1 kloter.

Persiapan ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan jemaah selama menjalankan ibadah haji. Para jemaah diimbau untuk selalu mengikuti arahan petugas dan menjaga kondisi kesehatan agar dapat menyelesaikan rangkaian ibadah haji dengan lancar. (Nurhaeni Amir/ MCH 2024)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.