10 Khasiat Mengkonsumsi Buah Pisang Gak Kaleng-Kaleng

oleh -0 Dilihat
buah pisang
Mengkonsumsi buah Pisang Secara Rutin Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Dan Pikiran

Jakarta – Siapa tidak mengenal buah pisang (Musa Sp.). buah tropis yang bisa dipanen tanpa mengenal musim dan mememiliki bentuk yang apik. Siapa sangka pisang yang mengenyangkan ternyata memilik banyak khasiat bagi kesehatan.

inilah 10 khasiat dan manfaat buah pisang, yang bisa anda rasakan jika mengkonsuminya secara rutin:

  1. Sumber Energi Alami:
    • Pisang memang mengandung karbohidrat kompleks yang menyediakan energi secara bertahap. Menurut penelitian di PLoS ONE, karbohidrat dalam pisang dapat meningkatkan performa fisik dan kognitif.
  2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan:
    • Serat dalam pisang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyatakan bahwa serat dalam pisang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung:
    • Pisang kaya akan potasium, yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. American Heart Association mencatat bahwa asupan potasium yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Meningkatkan Kesehatan Mental:
    • Pisang mengandung triptofan, yang dapat diubah menjadi serotonin. Penelitian di Journal of Psychiatry & Neuroscience menemukan bahwa asupan triptofan dapat membantu mengurangi gejala depresi.
  5. Membantu Menurunkan Berat Badan:
    • Serat dalam pisang memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan. Penelitian di Appetite Journal menunjukkan bahwa serat makanan dapat mengurangi asupan kalori harian.
  6. Sumber Vitamin dan Mineral:
    • Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6, dan mangan yang penting untuk fungsi tubuh. Harvard T.H. Chan School of Public Health mencatat pentingnya vitamin dan mineral ini dalam menjaga kesehatan tubuh.
  7. Menjaga Kesehatan Kulit:
    • Vitamin C dalam pisang membantu produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Linus Pauling Institute menyatakan bahwa vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  8. Mengontrol Gula Darah:
    • Serat pektin dalam pisang membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, membantu mengontrol kadar gula darah. Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asupan serat pektin dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  9. Meningkatkan Fungsi Otak:
    • Pisang kaya akan vitamin B6, yang penting untuk fungsi otak dan produksi neurotransmitter. Menurut National Institutes of Health, vitamin B6 berperan dalam perkembangan kognitif dan fungsi otak yang sehat.
  10. Membantu Pemulihan Setelah Olahraga:
    • Pisang mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium yang membantu pemulihan otot setelah berolahraga. Studi di Journal of International Society of Sports Nutrition menyatakan bahwa elektrolit penting untuk rehidrasi dan pemulihan otot.

(DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network MelaluiĀ Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.