Karena Sakit, Sebagian Jamaah Masih Bertahan di Madinah

oleh -0 Dilihat
jemaah dari madinah
Jemaah Haji Seusai Ihram Tengah Bersiap Menuju Makkah Untuk Umroh (Sumber MCH 2024)

Madinah – Seluruh jamaah haji Indonesia gelombang I yang berada di Madinah telah diberangkatkan menuju Makkah. Pada Sabtu (1/6), rombongan gelombang terakhir jamaah haji yang berada di Madinah, sudah diberangkatkan menuju Makkah. Total ada 4.743 jamaah yang tergabung dalam 12 kloter.

Mereka diberangkatkan dari hotel tempat menginap menuju Masjid Bir Ali untuk melaksanakan miqat dan niat umrah. Setelah itu, bertolak menuju Makkah guna persiapan pelaksanaan umrah wajib serta rangkaian ibadah pada masa puncak haji.

Berdasarkan data terakhir, total sebanyak 153.799 CJH regular yang telah berada di Arab Saudi. Hampir seluruhnya sudah berada di Makkah.

Meski demikian, hingga kemarin, tidak semua CJH di Madinah telah bertolak ke Makkah karena masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) maupun sejumlah rumah sakit di kota tersebut.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah PPIH Arab Saudi Ali Machzumi menjelaskan, pihaknya tengah mendata jumlah jamaah yang sedang dirawat di seluruh RS di Madinah. ”Nantinya, ada sejumlah skema yang disiapkan untuk mengantarkan mereka ke Makkah,” katanya.

Baca Juga: Jemaah Haji Lansia Dan Risiko Tinggi Mendapat Perhatian Khusus

Skema pertama, jemaah yang kondisinya membaik sebelum 7 Juni, atau tiga hari jelang ditutupnya gerbang masuk Kota Makkah, akan diantarkan oleh petugas KKHI ke Makkah. ”Sebelum berangkat, mereka difasilitasi untuk miqat dan berihram oleh pembimbing ibadah dari PPIH,” katanya.

Di sisi lain, PPIH Arab Saudi juga menyiapkan skema pengantaran jamaah di rumah sakit yang kondisinya masih belum memungkinkan. Mereka akan diberangkatkan menggunakan ambulans khusus menuju rumah sakit di Makkah.

Sedangkan, untuk pelaksanaan ibadah di masa puncak haji, para jamaah yang dirawat di RS dilihat terlebih dulu kondisinya. Jika tidak memungkinkan, maka mereka akan diikutkan safari wukuf yang difasilitasi petugas haji. Sebaliknya, jika sembuh, mereka bisa bergabung dengan rombongan. (MCH 2024)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.