Setiap Hari, Rata-Rata 100 Orang Jemaah Haji Tersasar

oleh -0 Dilihat
Jemaah haji Tersasar
Petugas Ibadah Haji Indonesia Menemukan Jemaah Haji Indonesia yang Tersasar
Madinah – Sejak dimulainya gelombang kedatangan calon jemaah haji (CJH) Indonesia di Arab Saudi pada pekan lalu, hingga kini insiden jemaah tersasar di Madinah masih masih sering terjadi.
Setiap hari, temuan jamaah yang kebingungan saat hendak kembali ke penginapannya masih banyak.Per hari, lebih dari 100 insiden yang terjadi. Penyebabnya beragam.
Mulai dari tertinggal rombongan, lupa rute balik hotel, kebingungan gara-gara keluar masjid lewat pintu yang berbeda, atau faktor lain.
Seperti pada Selasa (21/5) sore hingga Rabu (22/5) Waktu Arab Saudi, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di sektor khusus Masjid Nabawi mencatat ada 109 jamaah yang kesulitan untuk kembali ke tempat penginapannya.
Dari jumlah itu, 70 orang jemaah harus diantarkan ke hotelnya oleh petugas. Sedangkan, sisanya dijemput oleh jamaah satu rombongannya atau pimpinan kloternya.
Kepala Sektor Khusus Masjid Nabawi PPIH Arab Saudi, Surnadi, menjelaskan, memang sampai saat ini masalah jamaah kesasar menjadi insiden yang paling dominan ditangani oleh petugas di area Masjid Nabawi.
“Namun, Alhamdulillah, semua hal itu bisa diatasi. Semua jemaah bisa kembali ke hotelnya,” ujarnya.
Sejak awal, kata Surnadi, PPIH memang sudah mengantisipasi potensi ini. “Karena itu, di area Masjid Nabawi ditempatkan petugas khusus di seluruh sektor,” katanya.
Nantinya, petugas ini lah yang akan membantu pemulangan jemaah. “Bisa diantar ke hotel oleh petugas, atau menghubungi ketua kloternya,” katanya.
Sejumlah jamaah yang berada di kawasan Nabawi memang mengaku sedikit bingung. “Alhamdulillah akhirnya dibantu petugas,” kata Isqaha, jamaah asal embarkasi Lampung. (MCH 2024)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.