Apple Minta Maaf Setelah Iklan iPad Pro Menuai Kritikan

oleh -0 Dilihat
Iklan iPad Pro
Iklan iPad Pro tuai Kritik

Diskursus – Apple telah meminta maaf setelah iklan terbaru mereka untuk iPad Pro mendapat banyak kritikan dari warganet dan komunitas seniman.

Iklan video berjudul “Crush!” yang diunggah di akun YouTube Apple dan akun media sosial X (dulu Twitter) milik CEO Apple Tim Cook pada 7 Mei 2024, memicu kontroversi.

Video berdurasi 1 menit 8 detik ini menampilkan sebuah hydraulic press besar yang menghancurkan alat-alat kreatif seperti piano, drum, gitar, dan kamera.

Alat-alat yang hancur tersebut kemudian disulap menjadi sebuah tablet iPad Pro. Iklan ini dinilai sebagai iklan terburuk Apple karena memperlihatkan penghancuran alat kreatif dan usaha manusia dalam berkarya.

Banyak pelaku industri kreatif dan warganet yang mengkritik iklan iPad Pro ini. Salah satu kritikus adalah aktor asal Inggris, Hugh Grant. Dalam postingannya di X, aktor yang dikenal lewat film “Love Actually” dan “Dungeons & Dragons: Honour Among Thieves” ini mengatakan bahwa iklan tersebut menghancurkan pengalaman manusia. “(Iklan ini menunjukkan) kehancuran pengalaman manusia. (Dibuat) atas izin Silicon Valley (tempat di Amerika Serikat yang dikonsentrasikan untuk pengembangan inovasi dan teknologi),” tulisnya di akun @HackedOffHugh.

Baca juga: Ini 5 Drone Canggih Militer Dunia, Keajaiban Teknologi Udara Dengan Kemampuan Menakjubkan

Senada dengan Hugh Grant, komposer musik game Kingdom Hearts dan Super Mario RPG, Yoko Shimomura, juga menyampaikan kekecewaannya. Ia menyatakan bahwa melihat alat musik piano yang dihancurkan dalam iklan tersebut sama saja dengan menghancurkan hatinya.

Tor Myhren, Vice President of Marketing Apple, mengakui bahwa video promosi yang memperkenalkan iPad Pro 2024 tersebut memang salah dan tidak tepat sasaran.

“Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan para pelaku kreatif di seluruh dunia,” ujar Myhren kepada media berita Ad Age.

“Tujuan kami selalu untuk merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dalam video ini, dan kami meminta maaf,” tambahnya.

Apple juga mengonfirmasi bahwa iklan iPad Pro tersebut tidak akan ditayangkan di televisi, yang dilansir GSMArena, Sabtu (11/5/2024).

Temukan informasi menarik lainnya GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.