Cek Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

oleh -0 Dilihat
jemaah haji

Jakarta – Kementerian Agama telah mengumumkan jadwal keberangkatan dan kepulangan para jemaah haji Indonesia, dimulai dengan kedatangan mereka di asrama pada tanggal 11 Mei dan keberangkatan yang dijadwalkan mulai tanggal 12 Mei 2024. Untuk tahun ini, Indonesia mendapat alokasi sebanyak 241.000 kuota haji, yang terbagi menjadi 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, menjelaskan di Jakarta pada Minggu (05/05/2024) bahwa penyusunan kelompok terbang (kloter) dan jadwal keberangkatan serta kepulangan jemaah sudah rampung. “Kloter pertama dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 12 Mei 2024,” ujarnya.

Ada 14 lokasi asrama haji yang tersebar di seluruh Indonesia yang akan digunakan untuk keberangkatan jemaah, antara lain di Aceh (BTJ), Medan atau Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Saudia (CKG SV atau JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar atau Ujung Pandang (UPG).

Baca juga: 195.917 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit

Jemaah haji
Pemberangkatan jemaah haji 2023 (Kemenag RI)

Para jemaah haji akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berangkat antara 12 – 23 Mei 2024, sementara gelombang kedua dijadwalkan dari 24 Mei hingga 10 Juni 2024.

Pada hari pertama keberangkatan, tercatat 22 kloter akan berangkat ke Arab Saudi, meliputi dua kloter dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede, tiga kloter dari Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS), lima kloter dari embarkasi Solo, lima kloter dari Embarkasi Surabaya, serta masing-masing satu kloter dari Embarkasi Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang, seperti yang dijelaskan oleh Saiful Mujab.

Menjelang hari keberangkatan, Saiful Mujab mengingatkan jemaah haji untuk memperhatikan kesehatan dan kebugaran mereka. “Saya mengimbau agar semua jemaah haji cukup istirahat dan tidak terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat menjelang keberangkatan,” katanya.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.