Biden: Amerika Tetap Membela dan melindungi Israel

oleh -0 Dilihat
Amerika Serang Iran
Konsulat Iran Di Damaskus Hancur Oleh Serangan Udara, Amerika dan Israel Dituding Sebagai Pelakunya

Diskursus Network – Presiden Amerika serikat Joe Biden menyatakan bahwa komitmen Amerika Serikat  (AS) akan membela dan Melindungi Israel dari serangan Iran tidak tergoyahkan.

Dikutip dari media the guardian, Pernyataan Biden diungkapkan saat kekhawatiran meningkat di Washington bahwa serangan “signifikan” dari Iran bisa terjadi dalam beberapa hari kedepan, sebagai balasan atas pemboman gedung konsulat Iran di Damaskus.

“Seperti yang saya katakan kepada Perdana Menteri Netanyahu, komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman-ancaman ini dari Iran dan proksinya adalah tak tergoyahkan,”Kata Joe Biden

Pejabat AS dan sekutunya khawatir Iran akan meluncurkan peluncuran rudalnya langsung dari negara mereka, bukan serangan melalui proksi seperti Hizbullah di Lebanon.

Israel telah bersumpah akan merespons secara setimpal erangan langsung seperti itu, meningkatkan prospek perang regional, yang sekarang dianggap oleh pejabat AS lebih mungkin daripada pada titik mana pun sejak awal konflik Gaza pada 7 Oktober.

Baca JugaDunia Kecam Israel Atas Penggunaan Drone Dalam Serangan Udara, Dianggap Melanggar Hukum Internasional

Israel Serang Konsulat Iran

Amerika hancur
Konsulat Iran Hancur Akibat Serangan Rudal Pada 1 April 2024, Sebanyak 12 Orang Menjadi Korban Salah Satunya Adalah Jenderal Reza Zahedi

Dukungan Amerika kepada Israel ditujukan kepada pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei yang mengancam akan membalas dendam terhadap Israel atas pemboman Damaskus yang menewaskan 12 orang.

Israel dan Amerika dituding sebagai pelaku utama peledakan yang terjadi pada tanggal 1 April 2024 yang menewaskan Jenderal Mohammad Reza Zahedi, tokoh senior dalam Korps Garda Revolusi Islam Iran, dan enam anggota penjaga serta lima warga sipil.

“Ketika mereka menyerang area konsulat kami, itu seperti mereka menyerang wilayah kami,” kata Khamenei, dalam komentar yang disiarkan oleh TV negara Iran. “Rezim jahat harus dihukum, dan akan dihukum.”

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menanggapi dalam sebuah posting di platform media sosial X, bersumpah bahwa:

“Jika Iran menyerang dari wilayahnya, Israel akan merespons dan menyerang di Iran.”

Israel belum secara resmi mengambil tanggung jawab atas pemboman 1 April, tapi pejabat Israel dan AS telah menjelaskan bahwa mereka melancarkan serangan tersebut.

Israel dan Iran telah saling serang di Lebanon dan Suriah selama berbulan-bulan, tapi pejabat administrasi Biden khawatir bahwa pemboman konsulat Iran di dianggap Teheran sebagai wilayahnya sendiri.

Sejak pemboman Damaskus, Teheran telah mengirim pesan ke Washington yang menyalahkan AS secara utama atas serangan tersebut dan memperingatkan AS untuk menjauh dari konfrontasinya dengan Israel. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Dari Diskursus Network Lainnya Di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.