Arab Saudi, Qatar dan UEA Lebaran Rabu 10 April

oleh -0 Dilihat
Penampakan Hilal Lebaran
Penampakan Hilal Sebagai Penanda Awal Bulan Baru Hijriah

Diskursus Network – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, UEA, dan Qatar telah menyatakan bahwa Idul Fitri 2024 atau Lebaran akan dirayakan pada tanggal 10 April. Keputusan ini diambil setelah Rukyatul Hilal atau pengamatan bulan baru sebagai penentu awal bulan oleh otoritas terkait masing-masing negara.

Arab Saudi Puasa 30 hari

Di Arab Saudi otoritas terkait telah melaporkan bahwa hilal tidak terlihat saat pengamatan pada hari Senin 8 April 2024 malam.

Akibatnya, tanggal 10 April akan menjadi hari pertama Syawal, bulan kesepuluh dalam kalender Islam, menandakan berakhirnya Ramadan.

“Mahkamah Agung menetapkan besok (9/4) adalah hari terakhir Ramadan dan Rabu (10/4) sebagai hari pertama Idulfitri,” demikian pernyataan resmi Saudi Press Agency.

Konfirmasi ini berarti bahwa Ramadan berlangsung selama 30 hari di Arab Saudi.

Baca Juga: Tradisi Unik Menyambut Hari Lebaran di Beberapa Negara

UEA Rabu Idul Fitri

Salaman lebaran
Umat Islam Saling Bersalaman Merayakan Idul Fitri/ Lebaran

Di Abu Dhabi Keemiran Uni Emirat Arab (UEA) juga telah mengumumkan bahwa Rabu, tanggal 10 April 2024, yang bertepatan dengan 1 Syawal, akan menandai awal dari Eid Al Fitr.

Komite Penyaksian Bulan UEA telah menunjukkan bahwa Selasa, tanggal 9 April akan menjadi hari terakhir dari Ramadan.

Abdullah bin Sultan bin Awad Al Nuaimi, Menteri Keadilan dan Ketua Komite, menyatakan bahwa setelah menggunakan semua metode Syariah untuk melihat bulan dan berkomunikasi dengan negara-negara tetangga.

Bulan sabit yang menandai bulan baru qomariah untuk 1 Syawal tidak terlihat saat pengamatan hilal pada malam Senin 8 April 2024.

Sesuai tradisi, Menteri dan anggota komite telah mengucapkan selamat idul fitri dan melaporkan momen penting ini kepada Presiden Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan pejabat tinggi lainnya, serta kepada rakyat UAE dan umat Islam di seluruh dunia.

Baca Juga: 10 Panduan Persiapan Mudik Aman dan Nyaman

Qatar, Hilal Tidak Nampak

Rukyatul Hilal
Mengamati Hilal atau Bulan Baru Kalender Qomariah/Hijriah

Hal yang sama juga terjadi di Doha-Qatar, Panitia Penampakan Bulan Sabit di Kementerian Awqaf dan Islam mengumumkan bahwa Selasa, 9 April 2024, akan menjadi hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Sehingga puasa genap menjadi 30 hari dan Rabu 10 April 2024 merupakan hari pertama Idul Fitri yang diberkahi di Qatar. (DN-Kabs)

Baca Informasi Diskursus Network Lainnya Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.