Vietnam Resmi Akhiri Kontrak Pelatih Philippe Troussier Pasca-Kekalahan dari Timnas Indonesia

oleh -0 Dilihat
Philippe Troussier
Philippe Troussier

Diskursus Network- Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) telah resmi mengakhiri kontrak dengan pelatih Philippe Troussier, pasca kekalahan memalukan 0-3 dari timnas Indonesia dalam pertandingan keempat Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024), menjadi pertandingan penentu nasib pelatih asal Prancis tersebut.

Menurut laporan dari The Thao 247, VFF segera mengadakan rapat mendesak dengan Philippe Troussier setelah laga tersebut.

Baca juga: Indonesia VS Vietnam 3-0, Tuan Rumah Jadi “Ayam Sayur” Di Kandang Sendiri

Hasilnya, kedua pihak sepakat untuk mengakhiri kerjasama lebih dini. Belum ada informasi mengenai kompensasi kontrak untuk Troussier, yang sebelumnya dikenal sebagai mantan pelatih timnas Jepang.

Philippe Troussier, yang didatangkan VFF untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Park Hang-seo, sejatinya memiliki kontrak berdurasi 3,5 tahun yang akan berakhir pada Juli 2026.

Dalam kontraknya, Troussier diminta untuk mengantarkan Vietnam ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meskipun masih tersisa peluang untuk Vietnam melangkah lebih jauh, kekalahan dari Indonesia praktis memupus harapan tersebut.

Vietnam, yang dijuluki The Golden Stars Warriors, kini hampir pasti tersingkir di babak kedua kualifikasi setelah hanya mengumpulkan tiga poin dari empat pertandingan.

Baca juga: Irak Memastikan Tiket Putaran Berikutnya Setelah Menang Telak 5-0 atas Filipina

Kemenangan satu-satunya diraih melawan Filipina, sementara mereka menelan kekalahan dari Irak dan Indonesia (dua kali).

Dengan dua pertandingan tersisa melawan Filipina di kandang dan Irak di tandang, peluang Vietnam untuk maju terlihat semakin berat.

Saat ini, Vietnam berada di posisi ketiga Grup F, tertinggal empat poin dari Indonesia yang menduduki peringkat kedua, sementara Irak memimpin dengan 12 poin dari empat pertandingan.

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Troussier menolak membahas masa depannya dengan tim.

Namun, informasi terkini menyebutkan bahwa Troussier telah meninggalkan hotel tanpa timnya pada pukul 23.00 WIB dan terbang kembali ke Paris, Prancis, malam itu juga.

Keputusan untuk mengakhiri kontrak Troussier muncul setelah suara-suara ketidakpuasan dari suporter Vietnam di Stadion My Dinh, yang menuntut agar pelatih tersebut dipecat.

Temukan Berita Menarik Lainnya GOOGLE BERITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.