Mengenal E-Penkin, Aplikasi Berbasis Digital Untuk Laporan Kinerja Petugas Haji

oleh -0 Dilihat
Mengenal E-Penkin, Aplikasi Berbasis Digital
Aplikasi E-Penkin

Jakarta- Elektronik Penilaian Kinerja (e-Penkin) adalah aplikasi berbasis digital yang digunakan Kementerian Agama untuk mengukur kinerja dan penilaian terhadap para petugas Haji yang akan bertugas di Arab Saudi mulai Mei 2024 mendatang.

E-Penkin merupakan solusi digital yang inovatif untuk membantu petugas haji melakukan tugas-tugas administratif dan manajemen dengan lebih efisien dan terkoordinasi.

Dengan fitur-fitur yang komprehensif dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan pengalaman selama perjalanan haji bagi jamaah dan petugas yang terlibat.

Kementerian Agama melibatkan LKP3 (Lembaga Kajian Kurikukum dan Kebijakan Pendidikan) Universitas Indonesia dalam peningkatan pelayanan terhadap jemaah haji Indonesia dengan berbasis digital.

“Tim kami akan memantau pelaporan tiap petugas PPIH melalui aplikasi berbasis digital yakni elektronik Penilaian Kinerja (e-Penkin),” ungkap Direktur Riset Lembaga Kajian Kurikulum dan Kebijakan Pendidikan UI, Farhan Muntafa saat Bimtek PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Jakarta (20/3/2024).

Menurutnya, sejak 2019 sudah mulai dilakukan pelaporan petugas kloter (kelompok terbang) melalui aplikasi. laporan itu mencakup aspek kedatangan ataupun keberangkatan, pelaksanaan ibadah, hingga sejumlah kasus.

Sementara itu tahun 2023, PPIH Arab Saudi melakukan ujicoba pelaporan kinerja, mulai dari distribusi katering, pelaporan transportasi, dan lainnya. Pelaporan kinerja wajib diisi secara harian oleh tiap petugas.

Farhan menerangkan bahwa tahun ini pelaporan kinerja wajib diisi harian oleh tiap petugas (PPIH kloter/ Non Kloter).

“Selain itu, dari pelaporan e-Penkin dapat menjadi rujukan untuk penilaian lembaga dan juga rujukan pimpinan dalam hal penilaian kinerja pegawai,” tandasnya. (Neni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.