9 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia, Salah Satunya di Jakarta

oleh -0 Dilihat
9 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia, Salah Satunya di Jakarta
Kebun binatang termasuk salah satu objek wisata favorit keluarga yang cocok untuk liburan singkat di akhir pekan.

Jakarta- Sudah berkunjung kemana saja kamu? Daftar kebun binatang terbaik di Indonesia bisa jadi referensi yang cocok untuk kamu yang mungkin ingin berwisata tapi belum tahu harus kemana. Tak hanya cocok untuk orang dewasa, kebun binatang juga bisa jadi destinasi wisata edukasi yang tepat bagi si kecil.

Tidak heran kalau di kebun binatang sering ada rombongan pelajar ya. Nah, pilihan kebun binatang di Indonesia sendiri ada banyak nih, yang salah satunya ada di Jakarta. Cek di bawah ini ya!

Daftar Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Kebun binatang termasuk salah satu objek wisata favorit keluarga yang cocok untuk liburan singkat di akhir pekan. Mulai dari kebun binatang di Jakarta hingga Sumatera Utara, berikut daftarnya:

1. Kebun Binatang Bandung
Meski bukan kebun binatang terbaik di dunia, namun destinasi di kawasan Bandung ini termasuk hits dengan harga tiket ramah anggaran, yaitu sekitar Rp50.000/orang. Lokasinya strategis di dekat dengan Institut Teknologi Bandung. Jenis satwa yang dipelihara sangat beragam dengan total 1.800 satwa. Fasilitasnya termasuk:

• Teater satwa
• Taman bermain anak
• Perahu kayuh
• Kereta api anak
• Gajah dan unta tunggang
• Pujasera
• Aula
• Masjid
• Petting zoo

2. Taman Margasatwa Ragunan
Jika membahas tentang kebun binatang terbaik di Indonesia, maka Taman Margasatwa Ragunan yang ada di Jakarta tidak mungkin terlewatkan. Berlokasi di kawasan Pasar Minggu, taman margasatwa ini menjadi yang pertama di Indonesia karena sudah ada sejak tahun 1864.

Namun saat awal berdiri, namanya masih menggunakan Bahasa Belanda yaitu Planten en Dierentuin, dan kala itu Jakarta masih bernama Batavia. Berdiri di atas lahan sekitar 147 hektar dengan topografi agak miring, Ragunan memiliki koleksi 295 spesies dengan 4040 spesimen, serta 2.000 spesies tanaman dan lebih dari 50.000 pohon.

Tidak heran jika kebun binatang ini bernuansa sejuk dan asri meski sedang musim kemarau. Lokasi tepatnya ada di Jalan Harsono RM. nomor 1, Ragunan. Harga tiketnya super murah yaitu Rp4.000/orang.

3. Batu Secret Zoo
Meluncur ke Pulau Jawa bagian timur, ada Batu Secret Zoo yang juga masuk daftar kebun binatang Indonesia paling hits. Penataan yang menarik dan hawa sejuk khas pegunungan menjadi salah satu alasan mengapa destinasi ini banyak jadi incaran.

Ragam satwa yang jadi koleksinya termasuk jerapah, singa putih, panther, bekantan, 120 mamalia, 100 amfibi, 70 reptil, dan berbagai jenis ikan. Disini kamu bisa memberi makan satwa (feeding), membeli oleh-oleh khas Malang, dan menyantap aneka hidangan khas Jawa Timur.

Batu Secret Zoo memiliki luas 14 hektar yang dibagi menjadi 3 area, yaitu Reptil Garden, Tiger Land, dan Safari Farm. Kebun binatang ini ada di dalam kawasan Jatim Park 2, yang tiket masuknya tersedia bundling dengan Museum Satwa dan Sweet Memories Selfie dengan harga Rp130.000.

4. Taman Safari Indonesia I
Bagi warga Bogor yang mencari kebun binatang terbaik di Indonesia tak harus jauh-jauh ke Malang atau Jakarta, tapi cukup Taman Safari Indonesia I yang ada di Kecamatan Cisarua. Alamat tepatnya di Jalan Jalan Kapten Harun Kabir No.724.

Koleksi satwanya terdiri dari Harimau Benggala, Orangutan, Zebra, Jerapah, Kuda Nil, Gajah, dan banyak lagi. Kamu bisa berkeliling dengan kendaraan pribadi atau yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Jangan terlewat untuk melihat salah satu spot menarik yaitu Baby Zoo yang menjadi tempat bagi bayi-bayi menggemaskan dari beragam jenis satwa. Selain bus safari, ada juga fasilitas kolam renang, kereta mini, danau buatan, kano, dan sepeda air. Tiketnya Rp235.000 untuk weekdays dan Rp255.000 di akhir pekan.

5. Taman Safari Indonesia II
Bukan di Bogor, namun Taman Safari Indonesia II ada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tiketnya mulai dari Rp130.000-Rp195.000.

Lokasinya berada di lereng Gunung Arjuno dengan ketinggian sekitar 800-1.500 mdpl yang membuat hawanya sangat sejuk. Berada di lahan 350 hektar membuat Taman Safari Prigen menjadi kebun binatang terbesar di kawasan Asia lho! Ada sekitar 300 jenis spesies dengan total 2.500 satwa.

Agar rekreasi kamu makin asik, jangan lupa saksikan atraksi para pinguin di area Aquatic Land, atau coba permainan air di Safari Water World.

6. Bali Safari & Marine Park
Tak ketinggalan, pulau Dewata juga menjadi salah satu rumah bagi kebun binatang terbaik di Indonesia. Terletak di kawasan Gianyar, kebun binatang seluas 12 hektar ini memiliki 1.000 satwa yang terdiri dari 120 spesies, termasuk jalak Bali, orangutan, Komodo, dan banyak lagi.

Jika ingin experience yang mendebarkan, kamu bisa berkunjung ke Night Safari untuk menyaksikan aktivitas hewan buas di malam hari langsung dari dalam kendaraan.

Kamu juga bisa berpetualang di Water Play and Fun Zone, naik Jeep Safari, Elephant Safari, Jungle Hopper Legend, dan Feed The Predator. Harga tiketnya mulai dari Rp175.000-Rp1.750.000/orang.

7. Kebun Binatang Gembira Loka
Jika kamu mencari nama-nama kebun binatang tertua di Indonesia, maka Gembira Loka akan jadi salah satunya. Dibuka pada tahun 1956, kebun binatang ini memiliki luas area 21 hektar di kawasan Kotagede, Jogja. Tempat ini dibagi menjadi beberapa zona berikut:

• Zona burung: elang bondol, kakatua Amazon, nuri abu-abu Afrika, penguin jackass, beluk ketupa, kakatua Maluku, elang ular bido, Makau merah hijau, undan kacamata, kasuari gelambir dua, itik benjut, dan banyak lagi.
• Zona mamalia: gajah Sumatera, ankole watusi, tapir Brazil, kuda nil, meerkat, kapibara, dan binturong.
• Zona cakar: macan, harimau, kucing bakau, otter, singa, dan serval.

• Zona petting zoo: berisi hewan yang bisa diberi makan oleh pengunjung, seperti keledai, kambing ceko, alpaka, kuda poni, dan alpaka.
• Primata: simpanse, monyet, owa Jawa, siamang, marmoset, lutung Jawa, dsb.
• Reptil: hewan berdarah dingin seperti viper blue insularis, buaya muara, iguana, kura-kura aldabra, dan python burma.

Selain enam zona di atas, beberapa yang terlengkap di Indonesia ini juga memiliki sejumlah fasilitas seperti Presentasi Edukasi Mamalia, gerai Zoovenir, Presentasi Edukasi Aves, toilet, resto/kantin, mushola, dan area parkir luas.

8. Taman Margaraya Tinjomoyo
Taman Margaraya Tinjomoyo adalah destinasi ganda yang bertemakan alam dan budaya, serta merupakan lahan penghijauan Kota Semarang. Atraksi yang tersedia adalah botanical garden dengan konsep kebun binatang, hutan kota, taman buatan, dan taman bermain anak.

Lokasinya unik karena merupakan perpaduan hutan dan perbukitan yang banyak ditumbuhi pinus serta jati, sehingga landscape alamnya sangat mempesona.

9. Taman Hewan Pematang Siantar
Tak kalah populer dengan kebun binatang di Jakarta, ada Taman Hewan Pematang Siantar yang merupakan salah satu destinasi favorit bagi warga Sumatera Utara. Taman hewan ini memiliki luas area 4.5 hektar dengan koleksi ratusan satwa, mulai dari mamalia dan aves hingga reptil.

Terdapat juga museum zoologi yang berisi hewan-hewan mati yang sudah diawetkan, serta berbagai fosil mamalia dan serangga. Tiket masuknya sekitar Rp30.000 saja lho.

Ada banyak kebun binatang terbaik di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah mulai dari Jawa dan Bali hingga Sumatera. Kebun Binatang mana nih yang paling dekat dengan kota kamu? Yuk, nikmati akhir pekan yang menyenangkan dengan berkunjung ke kebun binatang. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.