8 Tips Lolos Akpol yang Jarang Diketahui, Terbukti Jitu!

oleh -0 Dilihat
8 Tips Lolos Akpol yang Jarang Diketahui, Terbukti Jitu!
Tips lolos akpol (Akademi Kepolisian) kini juga jadi yang paling banyak dicari masyarakat umum selain tips lolos CPNS.

Jakarta- Tips lolos Akpol (Akademi Kepolisian) kini juga jadi yang paling banyak dicari masyarakat umum selain tips lolos CPNS. Adanya jaminan penghasilan dan masa pensiunlah yang membuat aparatur sipil negara masih jadi profesi terbaik yang bisa dicapai.

Selain itu, posisi perwira polisi kerap mendapatkan prestise tertentu dari masyarakat. Hasilnya, mereka mungkin akan lebih dihormati dan dihargai karena pekerjaan tersebut. Karena hal tersebut, tidak heran jika peminat Akpol terus bertambah dari tahun ke tahun sehingga seleksi kelulusannya pun makin ketat.

Setidaknya, ada beberapa rangkaian tes yang harus dijalani sebelum dinyatakan lulus di Akademi Kepolisian. Adapun tesnya adalah seleksi administrasi, tes akademik, psikologi hingga tes fisik. Karena itulah, jika kamu tertarik mendaftar Akpol, lakukan persiapan dari jauh-jauh hari.

8 Tips Lolos Akpol yang Terbukti Jitu

Meskipun seleksinya super ketat, namun kabar baiknya seleksi Akpol hampir selalu dibuka setiap tahunnya. Oleh karenanya, kamu sudah bisa mempersiapkannya paling lambat 1 tahun sebelum pendaftaran. Dengan demikian, fisik dan mental pun jadi lebih siap menjalankan rangkaian tesnya. Agar saat tes bisa sukses, lakukan 10 tips berikut ini selama mempersiapkan diri:

1. Lakukan Persiapan Fisik dan Mental
Yang paling harus diperhatikan adalah syarat fisik masuk Akpol. Sebagai anggota polisi, tentu saja kondisi fisik jadi hal paling penting yang harus dijaga. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki kondisi fisik yang bagus untuk menunjang aktivitas latihan di Akpol yang mungkin akan berat.

Fisik dan Mental
Foto: Instagram

Kondisi fisik disebut bagus jika kamu memiliki stamina yang kuat. Jadi, kamu tidak akan mudah lelah meskipun beraktivitas berat. Untuk melatih hal ini, tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi mumpung pendaftarannya masih belum dibuka, kamu masih punya cukup waktu untuk latihan fisik.

Untuk melatih kondisi fisik dan meningkatkan performanya, lakukan olahhraga secara rutin setiap hari. Kamu bisa memulai dengan jogging ringan selama minimal 2 jam setiap hari. Jika sudah terbiasa, tingkatkan aktivitas dengan malakukan latihan otot dengan angkat beban atau kalistenik.

2. Uji Kemampuan Jasmani Secara Berkala
Melakukan latihan fisik ternyata bukan satu-satunya tips lolos Akpol. Secara berkala, kamu juga harus mengukur kemampuan fisikmu. Bagaimana caranya? Cukup mudah! Saat berolahraga, gunakan smart watch yang sudah terkoneksi dengan detak jantungmu. Hitung, seberapa kuat berlari dalam satu waktu.

Setelah itu, catat torehan waktu yang sudah kamu dapatkan. Setiap satu minggu sekali, bandingkan nilainya. Jika sudah satu minggu nilainya tidak mengalami peningkatan, maka intensitas olaharagamu harus dinaikkan. Misalnya sebelimnya hanya kadio 1 jam, maka kamu bisa menambahkan durasi.

Jika menambah durasi dianggap cukup sulit, jangan khawatir! Kamu bisa saja tidak menambah durasi latihan, namun meningkatkan aktivitas olahragamu. Jika sebelumnya hanya kardio selama 1 jam, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mengombinasikannya dengan latihan beban.

3. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan
Selanjutnya, syarat masuk Akpol yang kerap dilupakan untuk dipersiapkan adalah dokumen administrative. Kebanyakan orang pun memilih mempersiapkannya sesaat menjelang pendaftaran. Padahal, kamu juga sebenarnya bisa mempersiapkannya sejak awal agar tidak panik.

Adapun berkas administratif yang wajib kamu persiapkan adalah fotokopi+legalisir ijazah pendidikan, surat keterangan sehat dari institusi resmi pemerintah, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan yang terakhir adalah KTP. Jadi, persiapkan dengan baik dokumen-dokumen tersebut sekarang juga!

Jika kamu adalah siswa SMA yang ijazahnya belum keluar, jangan khawatir! Sembari menunggu ijazah, kamu bisa mempersiapkan dokumen lain mulai dari SKCK hingga surat keterangan sehat. Cari waktu kosong untuk bisa meluangkan waktu membuat SKCK yang hanya bisa dibuat saat jam aktif saja.

4. Banyak Diskusi dengan Para Lulusan Akpol Ternama
Tips lolos Akpol selajutnya yang jarang orang ketahui adalah sering berdiskusi dengan lulusan Akpol. Biasanya, lulusan Akpol ini sudah ada komunitasnya masing-masing. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mencari kolega. Hilangkan keraguan dan kecanggunngan dengan mengajak mereka diskusi.

Para Lulusan
Foto: Instagram

Sebagai seorang yang sudah lolos, kamu bisa bertanya seputar pengalaman tes Akpol dari para lulusannya. Setelah tahu pengalaman tersebut, kamu pun bisa mempelajari bagaimana menaklukkan tes Akpol berdasarkan kesaksian dari para alumninya.

Selain sharing tentang materi, kamu juga bisa bertanya seputar kehidupan Akpol di awal-awal pendidikannya. Dengan begitu, kamu akhirnya punya gambaran yang jelas tentang awal kehidupan Akpol jadi tidak akan pernah merasa kaget.

5. Mengikuti Bimbel Khusus Akpol
Jika SBMPTN dan CPNS saja ada lembaga yang menaungi bimbingan belajarnya, maka hal yang sama juga untuk tes Akpol. Jika kamu tidak ingin pusing memilih apa saja yang harus dipelajari pertama, maka mengikuti bimbel adalah tips lolos yang paling direkomendasikan.

Saat melakukan bimbel kedinasan, kamu jadi tidak perlu lagi mencari tahu jawaban pertanyaan seputar Akpol sendirian. Cukup dengan bertanya pada tentornya, kamu sudah bisa mendapatkan persiapan lengkap untuk seleksi dan tes di Akpol.

Hingga kini, sudah banyak kesaksian yang menyebut bahwa mereka sukses masuk Akpol dengan mengikuti bimbingan khusus. Oleh sebab itu, jika memang dirasa tidak cuma waktu yang cukup, maka mengikuti bimbel adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat
Untuk mendukung kondisi jasmani yang sehat, kamu wajiib menjaga pola makan sehat! Makanan yang sehat akan memberikan nutrisi penuh yang ternyata sangat berguna untuk kesehatan. Setidaknya, pola makan dinyatakan sehat apabila sudah memenuhi kandungan nutrisi harian.

Seperti diketahui, kandungan nutrisi harian yang dibutuhkan manusia adalah karbohidrat, protein dan lemak. Jika ingin menambah stamina dan performa, tambahkan asupan protein seperti daging atau telur. Apabila protein dicukupi, maka stamina pun akan meningkat drastic.

Pola hidup sehat dalam rangka kesuksesan tips lolos Akpol juga bisa dilihat dari waktu istirahatnya. Pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup agar tubuh bisa dengan mudah meregenerasi dirinya. Semakin teratur pola hidup, maka stamina pun akan jadi makin bagus.

7. Pelajari Materi Tes Akademik
Selain fisik, kamu juga akan menemui tes potensi akademik terlebih dahulu. Karena itulah, kamu tidak boleh luput mempersiapkan dengan mempelajari materinya. Setidaknya, beberapa materi yang mungkin akan diujikan adalah soal-soal psikotes, bahasa Inggris hingga tes psikologi.

Tes Akademik
Foto: Instagram

Sebagai rekomendasi, kamu bisa membeli beberapa modul buku untuk persiapan tes Akpol. Pelajari kisi-kisi dan materi yang ada di sana. Karena pada dasarnya, kisi-kisi tes itu tidak jauh berbeda dengan tim-tim sebelumnya. Jadi, mumpung masih ada waktu, belajarlah dengan rajin

8. Lakukan Simulasi Tes Mandiri
Tidak hanya mempelajari saja, agar tips lolos Akpol bisa dieksekusi dengan baik, mulailah lakukan simulasi tes secara mandiri. Sederhananya, simulasi tes mandiri ini adalah banyak latihan soal. Semakin banyak kamu latihan soal, semakin mudah kamu memahami konsep soal selanjutnya.

Saat ini, di internet sudah banyak tersedia beberapa simulasi tes soal Akpol mandiri. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengukur kemampuan akademikmu. Jika ada yang tidak paham, pelajari kembali kemudian lakukan simulasi lagi. Lakukan secara teratur dan bertahap.

Sebagai informasi, pendaftaran Akpol biasanya online. Oleh karenanya, kamu juga harus aktif dan wajib mengeceknya secara berkala. Jika masih bingung tentang cara daftar online, jangan panik! Kamu bisa mengikuti saja instruksi pendaftaran dan ikuti alurnya.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan jika ingin penerapan tips lolos Akpol bisa maksimal. Apa itu? Berdoa sungguh-sungguh dan restu dari orang tua. Jika kedelapan tips diatas digabung dengan dua hal ini, maka dijamin kamu akan lolos tanpa ada kendala. Jadi, jangan lupa berdoa! (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.