21 Daftar Museum di Jakarta dengan HTM Mulai Rp1.000, Murah Banget!

oleh -0 Dilihat
21 Daftar Museum di Jakarta dengan HTM Mulai Rp1.000, Murah Banget!
Berbagai museum tersebut tersebar di seluruh penjuru Jakarta, jadi lebih fleksibel karena kamu bisa pilih lokasi yang dekat dengan tempat tinggal.

Jakarta–  Bagi kamu yang merupakan warga ibu kota tidak perlu jauh-jauh keluar kota untuk mencari objek wisata, karena di Jakarta ada banyak pilihannya, seperti salah satunya museum. Tak hanya satu atau dua, namun daftar museum di Jakarta ada puluhan lho, mulai dari yang harga tiketnya hanya Rp1.000 hingga ratusan.

Berbagai museum tersebut tersebar di seluruh penjuru Jakarta, jadi lebih fleksibel karena kamu bisa pilih lokasi yang dekat dengan tempat tinggal. Sekedar untuk hilangkan penat atau memang ingin menambah wawasan dengan berwisata sejarah, ini dia daftarnya di Jakarta murah meriah yang bisa kamu datangi.

Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

1. Museum Bank Indonesia
Tiket masuknya hanya Rp5.000 dan membuat Museum Bank Indonesia selalu ramai pengunjung. Disini, kamu bisa melihat sejarah perekonomian dan keuangan Indonesia. Ada diorama yang berisi perbankan di masa lampau, masa-masa krisis moneter di Indonesia, hingga perkembangan perbankan di negara ini dari tahun ke tahun. Jika tertarik, kamu bisa datang ke Kawasan Tamansari yang ada di Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Jembatan Batu nomor 3.

2. Museum Nasional
Begitu tiba di lokasi museum Nasional, kamu akan disambut dengan patung ikonik berbentuk gajah yang ada di luar gedung. Inilah yang membuat Museum Nasional Indonesia dikenal juga dengan nama Museum Gajah. Lalu saat masuk ke dalam gedung, ada koleksi berbagai arca dan prasasti dari zaman nenek moyang, serta berbagai kerajinan dan kebudayaan zaman purba di Indonesia.

3. Onrust
Terletak di Pulau Onrust, museum ini dulunya pernah menjadi benteng pertahanan Belanda. Pulau Onrust sendiri ada di Kepulauan Seribu, jadi kamu perlu menyeberang dengan speed boat.

4. Fatahillah
Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta ada di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, Tamansari, Jakarta Barat. Dulunya, tempat ini merupakan kantor Gubernur Batavia, dan sekarang menjadi tempat penyimpanan berbagai peninggalan kependudukan Belanda yang pernah tinggal di Batavia, termasuk penjara bawah tanah.

5. Wayang
Daftar museum di Jakarta selanjutnya adalah Museum Wayang yang masih satu lokasi dengan Fatahillah yakni di Kawasan Kota Tua. Seperti namanya, tempat ini menyimpan berbagai ratusan koleksi wayang dari dalam dan luar negeri yang bisa kamu saksikan hanya dengan Rp5.000.

6. Bahari
Masih di kawasan Kota Tua, ada Museum Bahari yang sayang dilewatkan karena ada banyak hal menarik disini. Ada berbagai benda peninggalan nenek moyang terkait kelautan Indonesia, seperti moda transportasi laut pada pada masa lampau.

7. Gallery Art: 1
Disebut juga Gallery Mon Decor, tempat ini menyajikan berbagai karya seni modern kontemporer yang unik dari berbagai seniman Indonesia. Tidak jarang, tempat ini juga mengadakan pameran.Tiket masuknya gratis untuk usia 12 tahun ke bawah, dan untuk dewasa sekitar Rp100.000. Namun jika kamu berstatus mahasiswa/pelajar, tiket masuk hanya Rp75.000. Alamatnya di Jalan Lada No.23, RT.7/RW.7, Tamansari, Jakarta Barat.

8. Seni Rupa
Kembali ke kawasan kota tua, ada Museum Seni Rupa dengan HTM Rp5.000. Isinya adalah berbagai karya seni rupa Indonesia, mulai dari tradisional hingga modern. Ada juga koleksi dari legenda Indonesia seperti Henk Ngatung dan Affandi.

9. Monumen Nasional (Monas)
Monas juga masuk dalam daftar museum di Jakarta yang murah dengan HTM Rp2.000-Rp5.000. Selain bisa menyaksikan diorama sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia, di sini kamu juga naik ke puncak Monas untuk melihat view Jakarta Pusat yang ramai dari ketinggian.

10. Taman Prasasti
Destinasi di Jakarta Pusat ini memamerkan berbagai prasasti peninggalan Belanda, termasuk batu nisan dari berbagai tokoh ternama. Tiket masuknya mulai dari Rp2.000-Rp5.000.

11. Polri
Daftar museum di Jakarta Selatan salah satunya adalah Museum Polri yang ada di Kebayoran Baru, tepatnya di Jalan Trunojoyo nomor 3. Buka dari jam 09.00-16.00 WIB, destinasi ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari lembaga kepolisian RI.

12. Satria Mandala
Jika ingin mengetahui sejarah kemiliteran Indonesia, khususnya angkatan darat, maka kamu bisa datang ke Satria Mandala. Alamatnya di Jalan Jend. Gatot Subroto nomor 14, Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Tempat ini juga menjadi rumah untuk berbagai senjata jaman dulu termasuk tank, dan bahkan ada pesawat tempur juga. Bagi pelajar, anak, dan mahasiswa, tiket masuk hanya Rp2.500.

13. Tekstil
Museum Tekstil termasuk salah satu tempat di Jakarta yang memungkinkan kamu untuk menambah wawasan terkait tekstil di Nusantara, sekaligus bisa belajar membatik. Super murah, tiket masuknya hanya Rp5.000. Alamatnya ada di Jalan Aipda KS Tubun No.2-4 Jakarta Pusat.

14. Serangga dan Taman Kupu
Jika pergi ke TMII, maka kamu akan menemukan museum di Jakarta yang instagramable, yakni Museum Serangga dan Taman Kupu yang sudah ada sejak tahun 1993. Cukup dengan Rp15.000, kamu bisa menyaksikan 600 jenis serangga dan kupu-kupu yang sudah diawetkan.

15. Sumpah Pemuda
Tempat yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari dan merasakan ikrar dari sumpah pemuda yang termasuk momen paling bersejarah di Nusantara. Letaknya strategis di Jalan Kramat Raya nomor 106, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

16. Layang-Layang
Ini dia tempat di Jakarta yang bisa membuat kamu bermain sambil belajar. Jadi disini, kamu tidak hanya bisa melihat koleksi berbagai jenis layangan, namun juga bisa membuatnya sendiri lho. Tiket masuknya Rp15.000 sudah termasuk membuat layang-layang. Tempatnya di kawasan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

17. Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan pelopor perbankan di negeri ini, sehingga dibuatlah Museum Bank Mandiri yang berlokasi di Kota Tua. Disini kamu bisa mempelajari perjalanan dunia perbankan di Indonesia khususnya Bank Mandiri. Ada banyak hal unik termasuk mesin ATM jaman dulu yang bentuknya jauh berbeda dengan masa sekarang.

18. Katedral
Adakah museum di Jakarta yang gratis? Ada dong, salah satunya Museum Katedral yang ada di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Lokasi ini ada di dalam Gereja Katedral yang menjadi Gereja Katolik paling besar di Jakarta. Kamu bisa berkunjung di antara jam 10.00-12.00 WIB pada hari Senin, Rabu, atau Jumat.

19. Perumusan Naskah Proklamasi
Jika kamu mencari museum date Jakarta yang murah meriah dan bisa menambah wawasan, maka yang satu ini cocok jadi pilihan. Kapan lagi kan bisa date hanya dengan Rp2.000. Kalau datang rombongan, harganya lebih murah lagi yakni Rp1.000/orang.

20. Gedung Joang 45
Tempat bersejarah di Jakarta Pusat lainnya yang juga gratis adalah Gedung Joang 45 yang ada di Jalan Menteng Raya nomor 31, Kebon Sirih. Kamu bisa berkunjung di antara jam 09.00-15.00 WIB.Tempat ini memamerkan sejumlah lukisan terkait proklamasi kemerdekaan RI dan beberapa diorama yang berisi kondisi Gedung Menteng 31 pada era kemerdekaan.

21. Ciputra Artpreneur
Ciputra Artpreneur Museum merupakan salah satu museum Jakarta viral dengan konsep modern, yang menampilkan koleksi karya seni kontemporer dari seorang seniman bernama Dr. Ir. Ciputra. Salah satu koleksinya adalah dalam bentuk lukisan.

Ada juga karya-karya mengagumkan dari seniman lain seperti Hendra Gunawan. Tempat ini berada di dalam Lotte Shopping Avenue di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Tiket masuk ke galeri sekitar Rp30.000.

Gimana, pilihan di Jakarta yang murah meriah ada banyak, kan? Cocok jadi destinasi wisata bersama anak, rombongan pelajar, date dengan pasangan, atau sekedar untuk rekreasi di akhir pekan. Nomor berapa nih yang paling tertarik untuk kamu kunjungi? (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.