8 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Digandrungi Anak Muda

oleh -0 Dilihat
Jenis Olahraga yang Paling Banyak Digandrungi Anak Muda
Olahraga merupakan salah satu bagian dari penerapan gaya hidup sehat.

Jakarta– Olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda apa saja? Tentunya ada beragam jenis olahraga yang menarik bagi anak muda yang cenderung aktif dan dinamis. Olahraga sendiri menjadi salah satu tren yang banyak diikuti oleh kalangan muda.

Selain memberikan segudang manfaat bagi kesehatan dan kebugaran badan, banyak yang mengikuti tren olahraga tertentu untuk eksis di dunia maya. Mungkin kamu juga sering membagikan aktivitas dan hobi olahraga di sosial media. Bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai konten menarik.

Jenis Olahraga yang Paling Banyak Digandrungi Anak Muda

Seperti yang kamu ketahui, olahraga merupakan salah satu bagian dari penerapan gaya hidup sehat. Dengan maraknya konten-konten olahraga di sosial media, hal itu rupanya turut berpengaruh pada tren olahraga di kalangan anak muda. Lantas, apa saja jenis olahraga yang paling digemari anak muda?

1. Jogging
Jogging atau lari merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan dan termasuk jenis olahraga yang murah meriah. Untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan ini, kamu hanya membutuhkan waktu luang di pagi atau sore hari sesuai kebutuhan.

Jogging
Foto: Canva

Jogging sendiri bukan hanya digemari oleh anak muda saja tetapi juga hampir semua usia menyukai jenis olahraga ini meskipun dengan intensitas yang berbeda. Tanpa perlu menggunakan alat khusus, kamu bisa melakukan jogging dengan mudah di sekitar rumah atau jogging track yang tersedia.

Meskipun terbilang sederhana, namun nyatanya aktivitas jogging sangat efektif untuk membakar kalori. Jadi buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya melengkapi program diet dengan kegiatan jogging secara teratur.

2. Bersepeda
Olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda berikutnya adalah bersepeda. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan jenis olahraga yang satu ini. Apalagi beberapa waktu yang lalu ketika masa pandemi, bersepeda menjadi salah satu tren yang banyak dilakukan masyarakat.

Bersepeda
Foto: Canva

Meskipun tren tersebut sudah tidak seramai waktu pandemi, namun masih banyak anak muda yang konsisten melakukan olahraga bersepeda demi kesehatan. Bukan hanya itu saja, bersepeda juga sering dijadikan sarana untuk rekreasi dan healing setelah disibukkan dengan berbagai rutinitas harian.

Pasalnya tidak sedikit kalangan anak muda yang tergabung dalam komunitas sepeda memiliki agenda khusus mengunjungi beberapa spot wisata menarik dengan bersepeda. Selain menyehatkan, tentunya aktivitas tersebut juga memberikan pengalaman baru yang lebih menyenangkan.

3. Parkour
Olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda salah satunya adalah parkour. Jenis olahraga ini pertama kali dikenalkan oleh pria asal Perancis yang bernama David Belle. Parkour sendiri termasuk olahraga yang cukup ekstrim sehingga kamu membutuhkan skill khusus untuk melakukannya.

Parkour
Foto: Canva

Beberapa gerakan yang lazim dilakukan dalam jenis olahraga ini antara lain adalah melompati pagar dan dinding yang tinggi, tangga dan bahkan atap rumah. Meskipun cukup ekstrim, namun hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi anak muda sehingga banyak yang justru tertarik untuk melakukannya.

Gerakan melompat, bergelantungan dan berlari yang dilakukan dalam olahraga parkour secara efektif akan membantu meningkatkan kekuatan otot pada kaki dan tangan serta kelenturan tubuh. Olahraga ini juga melatih kelincahan dalam bergerak sehingga mampu memberikan refleks yang baik.

4. Yoga
Yoga termasuk salah satu olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda. Meskipun bukan termasuk olahraga baru, namun aktivitas yoga sangat menarik bagi banyak kalangan muda. Tidak sedikit yang mengikuti tren yoga untuk mendapatkan manfaatnya serta membagikannya di sosial media.

Yoga
Foto: Canva

Seperti yang diketahui, yoga merupakan jenis olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kegiatan yoga dengan gerakan-gerakannya yang cukup unik akan membantu kamu melatih keseimbangan, menguatkan serta meningkatkan kelenturan otot.

Bukan hanya itu saja, aktivitas yoga juga diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit. Dalam hal ini ada beberapa jenis yoga yang bisa dilakukan, dan salah satunya adalah acroyoga yang banyak digandrungi oleh anak muda.

5. Crossfit
Olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda selanjutnya adalah crossfit. Jenis olahraga ini bahkan menjadi salah satu tren yang sangat populer di kalangan influencer. Tidak heran jika banyak yang mengabadikan aktivitas crossfit yang dilakukan dan membagikannya ke sosial media.

Crossfit
Foto: Canva

Crossfit sendiri termasuk olahraga yang cukup baru di Indonesia. Olahraga ini menggabungkan kardio dan angkat beban. Jenis aktivitas fisik yang dilakukan dalam olahraga crossfitt terbilang berat. Meski begitu, kamu bisa memulainya dengan gerakan yang paling sederhana dulu seperti angkat barbel dan push up.

Sebagai salah satu olahraga yang digemari kalangan muda, crossfit memberikan banyak manfaat. Diantaranya adalah membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung, meningkatkan stamina, mempercepat pembentukan massa otot serta meningkatkan kekuatan badan.

6. Plogging
Mungkin masih banyak yang belum mengenal apa itu plogging. Padahal plogging termasuk jenis olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda. Secara umum, plogging merupakan olahraga jogging namun dikombinasikan dengan aktivitas bersih lingkungan.

Jadi dalam kegiatan olahraga ini kamu akan diajak untuk jogging sekaligus menjaga kebersihan lingkungan dengan mengumpulkan sampah yang ditemui di sepanjang jalan. Dengan begitu kamu bukan hanya mendapatkan manfaat kesehatan secara pribadi saja tetapi juga kesehatan lingkungan sekitar.

Plogging sendiri merupakan salah satu tren olahraga yang dikenalkan di Swedia pada tahun 2016 dan saat ini sudah merambah ke Indonesia dan menjadi tren yang sangat menarik. Bahkan sudah banyak event plogging yang diselenggarakan dengan jumlah peminat yang tinggi, khususnya kalangan anak muda.

7. Pound Fit
Pound fit merupakan salah satu dari jenis olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda saat ini. Olahraga yang cukup unik ini termasuk baru di Indonesia. Sejak dikenalkan pada tahun 2023, pound fit langsung menarik perhatian kalangan muda.

Pound Fit
Foto: Canva

Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan alat semacam stik drum yang kemudian digunakan untuk menciptakan irama tertentu. Dengan demikian selama melakukan latihan pound fit kamu harus bisa mengikuti irama yang ada.

Jenis olahraga ini memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan. Selain membantu menjaga kesehatan jantung, gerakan olahraga yang dilakukan juga efektif untuk membakar kalori. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cara yang asik, maka pound fit bisa dijadikan solusi terbaik.

8. Zumba
Jenis olahraga yang menggabungkan gerakan aerobik dan tarian bernuansa khas Latin ini banyak digemari anak muda, karena dianggap efektif untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Dengan iringan musik yang menyenangkan, berbagai gerakan zumba bisa dilakukan dengan sangat dinamis.

Zumba
Foto: Canva

Selain itu, gerakan tarian dengan tempo yang cepat memungkinkan tubuh untuk terus bergerak secara aktif seperti gerakan kardio. Tidak heran jika olahraga ini bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung sekaligus membakar kalori secara cepat.

Olahraga yang paling banyak digandrungi anak muda cukup beragam jenisnya, mulai dari yang sederhana seperti jogging dan bersepeda hingga yang ekstrim seperti parkour. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, sebaiknya pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik masing-masing. (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.