Jangan Anggap Sepele, Kenali dan Cegah Kanker Sejak Dini Demi Keselamatan Nyawa!

oleh -0 Dilihat
Kenali dan Cegah Kanker Sejak Dini Demi Kesehatan, Jangan Sampai Terlambat!
Kenali dan cegah kanker sejak dini, karena kanker merupakan kondisi medis atau sebuah penyakit yang dapat mengancam nyawa.

Jakarta- Kenali dan cegah kanker sejak dini adalah ajakan penting yang sering kita dengar selama ini, karena kanker merupakan kondisi medis atau sebuah penyakit yang dapat mengancam nyawa. Jika dibedakan menurut penyebabnya, maka penyakit kanker dapat dikategorikan menjadi 3 jenis yang berbeda.

Ketiga jenis kanker berdasarkan penyebabnya tersebut adalah kanker dari faktor keturunan, kanker dari faktor keluarga, dan kanker sporadis. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengenali jenis-jenis kanker tersebut. Selain itu, cegah dengan cara ini juga!

Kenali dan Cegah Kanker Sejak Dini dengan Mengenal Gejala Awalnya

Orang-orang mengenal kanker sebagai penyakit berbahaya yang dapat mengancam nyawa, sehingga ada banyak orang yang berusaha keras untuk mencegah terjadinya penyakit ini. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker sejak stadium awal.

dikategorikan
Foto; Canva

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali gejala awal dari setiap jenis kanker. Sebab, jenis-jenis kanker akan memiliki gejala awal yang berbeda dan biasanya gejala awal ini cukup sulit dideteksi pada stadium awal. Jadi, mari kenali dan cegah kanker sejak dini dengan cara ini:

1. Kenali Jenis-Jenis Kanker Berdasarkan Penyebabnya
Deteksi dini kanker yang pertama bisa dilakukan dengan mengenali jenis-jenis kanker berdasarkan penyebabnya masing-masing. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, jika dibedakan menurut penyebabnya, maka kanker dapat dikategorikan menjadi 3 jenis yang berbeda.

Setiap jenis kanker berdasarkan penyebabnya tersebut memiliki faktor akibat yang berbeda, sehingga Anda harus mengenalnya dengan baik. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai jenis-jenis kanker berdasarkan penyebabnya masing-masing:

a) Kanker dari Faktor Keturunan (Hereditary Cancer)
Kanker dari faktor keturunan atau yang biasa disebut juga dengan istilah hereditary cancer ini merupakan jenis kanker yang terjadi karena adanya perubahan gen yang diwariskan dari salah satu anggota keluarganya dalam tingkat 1, 2, atau bahkan lebih.

Biasanya, penyakit kanker yang dikategorikan sebagai hereditary cancer adalah kanker ovarium dan kanker payudara. Jadi, penyakit kanker ini lebih rentan menyerang wanita dibanding pria. Umumnya, penyakit ini dipengaruhi oleh terjadinya perubahan gen BRCA1 serta BRCA2 yang diwariskan keluarga.

b) Kanker dari Faktor Keluarga (Familial Cancer)
Jenis kanker berdasarkan penyebabnya yang kedua adalah kanker dari faktor keluarga atau yang biasa disebut dengan istilah familial cancer. Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, untuk familial cancer sendiri biasanya disebabkan oleh kombinasi antara genetik dan faktor bersama lainnya.

spesifik
Foto: Canva

Beberapa jenis faktor bersama yang dimaksud di sini adalah lingkungan sekitar, gaya hidup, dan lain sebagainya. Jadi, kanker dari faktor keluarga tidak hanya bisa disebabkan dari perubahan gen secara spesifik saja, tapi jenis kanker ini juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya yang tidak dari keluarga.

c) Kanker Sporadis
Untuk kanker sporadis tidak disebabkan oleh terjadinya mutasi gen bawaan seperti jenis-jenis kanker yang sebelumnya. Namun, kanker sporadis biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak sehat, seperti gaya hidup yang tidak sehat, pertambahan usia, dan lain sebagainya.

Kenapa ajakan kenali dan cegah kanker sejak dini harus dilakukan oleh setiap individu? Karena kanker bukan hanya bisa dianggap sebagai penyakit turunan, tapi penyakit ini juga bisa dikategorikan sebagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat.

2. Mengenal Gejala Awal Penyakit Kanker
Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis kanker berdasarkan penyebabnya, sekarang Anda juga perlu tahu gejala awal dari setiap jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, dan jenis kanker lainnya. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

a) Kanker Serviks
Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang menyerang bagian penghubung rahim dan vagina, sehingga jenis kanker ini sering menyerang para wanita. Maka dari itu, para wanita sangat disarankan untuk kenali kanker serviks sejak dini, untuk menghindari terjadinya kondisi yang semakin parah.

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk kenali dan cegah kanker sejak dini jenis ini adalah dengan mencari tahu gejala awalnya apa saja. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat muncul pada seorang wanita yang menderita penyakit kanker serviks:

• Timbul rasa tidak nyaman dan nyeri pada saat berhubungan seks dengan pasangan.
• Keluar cairan dari vagina atau mengalami keputihan yang tidak normal.
• Mengalami pendarahan vagina yang tidak normal.
• Mengalami nyeri pada bagian pinggul, kaki, hingga punggung.
• Berat badan berkurang secara drastis.
• Siklus haid berubah dan menjadi tidak teratur.

b) Kanker Payudara
Sama seperti kanker serviks yang lebih rentan menyerang wanita, kanker payudara juga menjadi salah satu jenis kanker yang sering menyerang para wanita. Sel kanker ini dapat tumbuh dalam saluran susu dan kelenjar getah bening yang ada di payudara. Lalu, apa saja gejala awalnya?

payudara
Foto: Canva

• Terjadi perubahan pada kulit payudara seperti bersisik, putting menebal, muncul ruam, dan mengalami iritasi atau kemerahan.
• Sering merasa nyeri pada bagian payudara maupun putingnya.
• Muncul benjolan lunak pada payudara, tapi benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit.
• Berat badan berkurang secara drastis tanpa alasan yang jelas.
• Bagian puting tertarik ke dalam.

c) Kanker Paru-Paru
Jika kedua jenis kanker sebelumnya lebih sering menyerang para wanita, untuk jenis kanker yang satu ini tidak mengenal jenis kelamin, sehingga baik pria maupun wanita bisa mengalaminya sewaktu-waktu. Lantas, apa saja gejala awal dari kanker paru-paru? Ini jawabannya:

• Mengalami batuk berdarah atau muncul bercak darah pada saat batuk.
• Mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh meski sudah berbulan-bulan lamanya.
• Mengalami sesak napas, cepat lelah, nyeri tulang, dan sakit kepala yang tidak kunjung sembuh.
• Berat badan penderita kanker paru-paru akan turun secara drastis.
• Sering mengalami infeksi pada saluran pernapasan.

d) Kanker Darah
Cara mengetahui adanya kanker darah sejak dini juga bisa dilakukan dengan mengenal gejala awalnya sedini mungkin. Berikut ini beberapa gejala yang dapat dialami dan dirasakan oleh penderitanya:

• Sering merasa cepat lelah dan berkeringat dingin.
• Mudah memar dan mengalami pendarahan spontan seperti gusi berdarah, mimisan, dan lainnya.
• Mengalami demam atau menggigil dan nafsu makannya berkurang.
• Mengalami nyeri pada bagian tulang dan terjadi pembengkakan di bagian perut.
• Berat badan penderita kanker darah turun secara drastis tanpa alasan yang jelas.

3. Mengendalikan Faktor Risiko Penyakit Kanker
Mengakhiri pembahasan terkait kenali dan cegah kanker sejak dini pada artikel ini, kami akan menjelaskan betapa pentingnya mengendalikan faktor risiko penyakit kanker, agar seseorang tidak harus mengalami penyakit yang sangat berbahaya ini.

mencegah penyakit
Foto: Canva

Ada beberapa jenis faktor risiko penyakit kanker yang sebenarnya bisa dikendalikan sejak sedini mungkin, untuk menghindari terjadinya kondisi yang semakin parah. Berikut adalah beberapa faktor risiko penyakit kanker yang harus dikendalikan sejak dini:

• Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat yang penuh nutrisi.
• Berhenti merokok dan minum minuman keras, karena itu berbahaya untuk kesehatan tubuh.
• Mulai rutin berolahraga untuk membuat daya tahan tubuh semakin meningkat.

Mari kenali dan cegah kanker sejak dini demi kesehatan tubuh yang lebih baik di masa depan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari, karena tidak mencegah penyakit berbahaya ini sejak sedini mungkin.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.