10 Perguruan Tinggi Dengan Beasiswa Terbanyak di Indonesia

oleh -0 Dilihat
10 Perguruan Tinggi Dengan Beasiswa Terbanyak di Indonesia
Perguruan tinggi dengan beasiswa terbanyak di Indonesia, didominasi oleh perguruan tinggi yang di Pulau Jawa.

Jakarta- Perguruan tinggi dengan beasiswa terbanyak di Indonesia, didominasi oleh perguruan tinggi yang di Pulau Jawa. Mengingat, ibu kota Indonesia yakni Jakarta sebagai pusat kebijakan dan keputusan berada di pulau ini.

Pun tak heran juga jika di pulau Jawa ada banyak sekali perguruan tinggi yang berdiri. Bahkan menjadi pusat pendidikan tertua dan terbesar di Indonesia. Banyak orang dan pelajar dari pulau lain yang merantau ke Pulau Jawa untuk bekerja dan menimba ilmu.

Daftar Perguruan Tinggi dengan Beasiswa Terbanyak di Indonesia

Ada banyak beasiswa yang ditawarkan untuk perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri. Masing-masing beasiswa tersebut memiliki persyaratan dan kriteria yang berbeda-beda. Setiap periodenya, akan ada ratusan hingga ribuan orang yang mendaftar di setiap beasiswa.

Beasiswa menjadi salah satu bantuan keuangan yang banyak diburu oleh pelajar dari berbagai belahan dunia. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkannya agar bisa meringankan pembiayaan pembayaran pendidikan di perguruan tinggi, tak terkecuali di Indonesia.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Salah satu daftar perguruan tinggi dengan beasiswa terbanyak adalah Institut Teknologi Bandung. Salah satu perguruan tinggi favorit dan populer di Indonesia. Setiap tahunnya ada ratusan hingga ribuan pelajar yang berminat untuk masuk di perguruan tinggi ini.

Jika dilihat dari biaya pendidikan yang disyaratkan, perguruan tinggi ini mungkin menawarkan biaya yang tidak sedikit. Namun tenang saja, karena permasalahan pendidikan bisa diselesaikan dengan mendaftar beasiswa yang tersedia untuk perguruan tinggi terkait.

Beberapa beasiswa yang tersedia untuk perguruan tinggi seperti ITB adalah KIP Kuliah, beasiswa Bank Muamalat, beasiswa Bintang Fair and Lovely, beasiswa CIMB ASEAN, beasiswa GLINTS, beasiswa Bakti Nusa, beasiswa Tokopedia, beasiswa Karya Salemba Empat, beasiswa Tahfidz Qur’an, dan lain sebagainya.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Selain ITB, UGM juga termasuk dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 10 favorit di Indonesia. Ada puluhan program studi dengan kurang lebih 20 fakultas yang ditawarkan di universitas ini. Mulai dari program sarjana, magister, doktor, dan profesi.

Pelajar dari seluruh Indonesia bisa mendaftar melalui jalur mandiri, rapor atau prestasi, hingga beasiswa. Mengingat, ada sejumlah beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar UGM. Beberapa di antaranya adalah beasiswa Sarjana Muamalat, Djarum Plus, GLINTS, Bakti Nusa, dan lain-lain.

Di samping itu, Kementerian Kominfo juga menyediakan beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar S2 dengan nama beasiswa S2 Kementerian Kominfo. Pun ada juga beasiswa lain yang tidak menawarkan biaya pendidikan, melainkan biaya penelitian.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
Daftar perguruan tinggi dengan beasiswa terbanyak lainnya adalah Institut Pertanian Bogor atau yang kerap disingkat menjadi IPB. Saat ini, universitas yang berdiri di di Bogor lebih populer dengan sebutan IPB University. Termasuk dalam perguruan tinggi favorit dan terkenal di Indonesia.

Terdapat 24 program studi yang ditawarkan dan sudah terakreditasi secara nasional. Hingga saat ini, perguruan tinggi ini sudah melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga. Baik lembaga pemerintah maupun swasta. Kerjasama tersebut tentu berdampak baik bagi calon mahasiswa IPB.

Sebab mereka bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah. Adapun beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa Bank Indonesia, Karya Salemba Empat, KPMG 4SEAS, Mizan, S2 Kominfo, beasiswa Utusan Daerah, VDMS, YBM BRI, XL Future Leaders, dan lain sebagainya.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
ITS juga termasuk dalam salah satu perguruan tinggi yang hingga kini selalu menjadi favorit dan terkenal di Jawa Timur. ITS merupakan perguruan tinggi yang menjanjikan, terutama bagi pelajar yang suka berkecimpung di dunia Teknik Informatika.

Ada beragam beasiswa yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan perguruan tinggi ini. Mulai dari beasiswa Data Print, Djarum Plus, Tokopedia, VDMS, XL Future Leaders, Bank Indonesia, Tahfidz Qur’an, Mizan, hingga beasiswa S2 Kominfo.

5. Universitas Indonesia (UI)
Selalu menempati posisi pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia, kamu akan menemukan banyak sekali jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan dari pemerintah, perusahaan, hingga swasta. UI menjadi institusi pendidikan tertua di ASEAN.

Hingga saat ini, ada lebih dari 400.000 alumni yang lulus dengan latar pendidikan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, ada banyak pelajar yang mendambakan bersekolah di sini untuk meningkatkan pengetahuannya. Ada sejumlah beasiswa yang bisa didapatkan oleh calon mahasiswa.

Mulai dari KIP kuliah, beasiswa Bakti Nusa, Bintang Fair and Lovely, CIMB ASEAN, Data Print, GLINTS, Karya Salemba Empat, KPMG 4SEAS, Mizan, S2 Kominfo, Sarjana Muamalat, Tahfidz Qur’an (BTQ), Tokopedia, hingga XL Future Leader.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)
Selain UGM, di Jawa Tengah juga ada universitas bergengsi, yakni Universitas Diponegoro atau yang kerap disebut sebagai UNDIP. Terdapat 11 fakultas dengan puluhan program studi yang ditawarkan di universitas ini.

UNDIP masuk dalam salah satu daftar perguruan tinggi dengan beasiswa terbanyak di Indonesia. Mulai dari beasiswa Peringkat Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), YBM BRI, CIMB ASEAN, Bakti Nusa, Djarum Plus, Sarjana Muamalat, dan masih banyak lagi.

7. Universitas Airlangga (UNAIR)
Menjadi salah satu perguruan tinggi populer di Indonesia, UNAIR menawarkan puluhan program studi yang masuk dalam puluhan fakultas. Hingga saat ini, perguruan tinggi di Jawa Timur itu sudah menorehkan segudang prestasi dan pencapaian kerja sama. Baik dengan pihak lokal dan luar negeri.

Kerja sama tersebut membuat universitas ini memiliki banyak beasiswa untuk mahasiswa maupun calon mahasiswa. Beasiswa-beasiswa itu diantaranya adalah KIP Kuliah, Djarum Plus, GLINTS, Karya Salemba Empat, S2 Komindo, Tahfidz Qur’an, Sarjana Muamalat, hingga Bakti Nusa.

8. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
Tidak hanya dari Pulau Jawa, perguruan tinggi terbaik di Indonesia juga datang dari Sulawesi Selatan, yakni Universitas Hasanuddin (UNHAS). Hingga saat ini, terdapat 14 fakultas dengan puluhan program studi dari sarjana hingga Pasca Sarjana.

Sama dengan perguruan tinggi lainnya, mahasiswa dan calon mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa berupa biaya pendidikan. Seperti KIP Kuliah, CIMB ASEAN, Karya Salemba Empat, Mizan, Sarjana Muamalat, VDMS, Tahfidz Qur’an, hingga S2 Kominfo.

9. Universitas Brawijaya (UB)
Daftar perguruan tinggi dengan beasiswa terbanyak lainnya di Indonesia adalah Universitas Brawijaya. Universitas ini termasuk dalam salah satu yang terbaik di Malang. Menawarkan puluhan program studi untuk diploma, sarjana, magister, doktor, profesi, spesialis, hingga double degree.

Setiap mahasiswa aktif maupun calon mahasiswa UB, berkesempatan mendapatkan beasiswa sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Mulai dari KIP Kuliah, beasiswa Bakti Nusa, Djarum Plus, Karya Salemba Empat, Mizan, Tokopedia, Tahfidz Qur’an, GLINTS, hingga CIMB ASEAN.

10. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
Universitas yang menyediakan beasiswa lainnya adalah Universitas Padjajaran yang ada di Jawa Tengah. Berdasarkan data 2023, terdapat 10 program studi saintek dan soshum favorit di perguruan tinggi ini. Seperti Pendidikan Dokter, Psikologi, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, dan lain sebagainya.

Beasiswa-beasiswa yang ditawarkan pada perguruan tinggi ini adalah beasiswa dari Bank Indonesia, KSE, KIP Kuliah, Bakti Nusa, Bintang Fair and Lovely, CIMB ASEAN, Djarum Plus, GLINTS, Karya Salemba Empat, Mizan, Tahfidz Qur’an, Tokopedia, hingga YBM BRI.

Daftar perguruan tinggi dengan beasiswa terbanyak di Indonesia adalah ITB, UGM, IPB, ITS, UI, UNDIP, UNAIR, UNHAS, UB, dan UNPAD. Setiap mahasiswa dan calon mahasiswa bisa mendaftarkan dirinya pada beasiswa apapun yang diinginkan.

Dengan catatan, telah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Selain menawarkan beasiswa dari pemerintah Indonesia, lembaga swasta, hingga perusahaan, beberapa universitas juga memiliki kerja sama dengan lembaga luar negeri yang menghasilkan program studi dan beasiswa.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.