Mie Instan Jadi Pilihan Favorit, Ini 10 Negara Yang Paling Banyak Mengkonsumsi Mie Instan di Dunia

oleh -0 Dilihat
10 Negara yang Paling Banyak Mengkonsumsi Mie Instan di Dunia
Mie instan adalah salah satu jenis pangan yang ada di setiap negara. Bahkan menjadi ciri khas di beberapa negara.

Jakarta- Beberapa negara di dunia yang menjadikan mie instan sebagai salah satu makanan favorit tentu tidak mengherankan. Rasanya yang enak membuat mie instan menjadi salah satu makanan yang banyak digemari di dunia. Tidak jarang ada beberapa negara yang menempatkan mie instan sebagai makanan favorit yang banyak digemari semua kalangan.

Tak terkecuali di negara tercinta Indonesia, terdapat merek-merek mie instan tertentu yang selalu menjadi favorit masyarakat. Bahkan merek tersebut tetap tidak tergantikan ketika mengunjungi negara lain. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang membawa produk tersebut ketika berkeliling dunia.

Negara yang Paling Banyak Mengkonsumsi Mie Instan

Terlepas dari negara mana yang paling banyak mengkonsumsi mie instan, laporan ReportLinker menyatakan bahwa industri mie instan global nilainya mencapai US$ 52,73 miliar pada tahun 2022. Nilai tersebut bahkan diprediksi meningkat menjadi US$71,83 miliar pada tahun 2027.

1. China
Berdasarkan World Instant Noodle Association, negara yang paling banyak mengkonsumsi mie instan di dunia adalah China. Per 31 Desember 2022, permintaan mie instan di negara tersebut mencapai 45,07 miliar porsi per tahun.

China
Foto: Canva

Melihat nilai sebesar itu dan prediksi yang terus meningkat di tahun-tahun berikutnya, industri mie instan di negara China mulai beralih menuju pilihan bahan yang lebih sehat. Terbukti dari adanya peningkatan penggunaan quinoa dan tepung gandum utuh yang digunakan untuk membuat ramen.

Ada beragam bentuk mie instan di negara tirai bambu ini. Mulai dari berbentuk mirip spaghetti, pipih dan lebar, hingga kecil dan panjang. Beberapa hidangan mie di China yang terkenal adalah misoa, mie hokkien, liang mian, mie wonton, mee pok, mie biang biang, daoxiaomian, hingga dan mian.

2. Indonesia
Indonesia berada di urutan kedua dalam negara yang paling banyak mengkonsumsi mie instan di dunia. Negara melaporkan bahwa permintaan mie instan setiap tahunnya sebesar 14,26 miliar per porsi. Angka tersebut merupakan catatan per 31 Desember 2022.

Merek mie instan yang paling populer di negara ini adalah Indomie produksi perusahaan mie terbesar, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Hingga saat ini, produk tersebut tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga di 90 negara di dunia.

3. Vietnam
Negara tetangga China, yakni Vietnam menjadi negara ketiga yang paling banyak mengkonsumsi mie. Laporan negara menunjukkan bahwa permintaan mie instan per tahunnya sebesar 8,48 miliar per porsi (per 31 Desember 2022).

Jika biasanya mie memiliki bentuk kecil dengan ukuran panjang, lain hal di negara ini. Sebab, penduduk Vietnam lebih menyukai mie instan dengan bentuk pipih yang dipotong kecil-kecil menyerupai nasi. Beberapa hidangan mie yang populer adalah soun, banh canh, hu tie, dan banh da.

4. India
Tak jauh dari Vietnam, India juga menjadi negara yang paling banyak mengkonsumsi mie instan di dunia dengan urutan keempat. Terdapat 7,58 miliar porsi permintaan mie instan yang dilaporkan oleh negara per 31 Desember 2022.

Salah satu merek mie paling terkenal dari negara ini adalah mie masala sayuran. Salah satu produk yang dibuat oleh Nestle Maggi. Di samping itu, India juga memiliki sejumlah hidangan mie yang lezat dan menggugah selera.

Mulai dari samosa mie, mie ayam garam masala, mie lethek kari India, mie goreng kari india, dan lain sebagainya. Terkenal dengan keunikan masyarakatnya, negara ini memiliki cara unik dalam memasak mie. Di India, terdapat mie yang dimasak dengan minuman bersoda hingga beralkohol.

5. Jepang
Jepang menjadi negara yang tidak asing lagi dengan mie instan. Sebab, ramen lahir dari negara berlambang matahari itu. Hidangan tersebut bahkan tidak hanya cocok dengan lidah orang Jepang, tetapi juga di lidah orang Indonesia. Banyak ramen-ramen halal yang dijual di restoran Indonesia.

Laporan data per 31 Desember 2022 yang diberikan oleh negara, bahwa Jepang menerima permintaan mie setiap tahunnya sebesar 5,98 miliar per porsi. Nilai tersebut diperkirakan akan terus bertambah sebesar 2,8% (tingkat pertumbuhan tahunan gabungan) hingga 2030.

Jepang
Foto: Canva

Sama seperti beberapa negara lainnya, Jepang juga memiliki mie instan yang dikemas dalam cup. Bahkan di Museum Mie Instan di Jepang, kamu bisa membuat mie instan pilihanmu sendiri. Mulai dari bumbu hingga topping yang akan melengkapi sajian mienya.

6. Amerika Serikat
Negara yang paling banyak mengkonsumsi mie instan lainnya adalah Amerika Serikat. Terdapat 5,15 miliar porsi permintaan mie setiap tahunnya. Data tersebut dilaporkan pada 31 Desember 2022. Terdapat faktor-faktor yang melatarbelakangi peningkatan permintaan mie di negara ini.

Mulai dari banyaknya restoran cepat saji yang menyediakan menu mie hingga peluncuran rasa baru yang menarik perhatian masyarakat lokal. Terlebih keberadaan teknologi yang tidak hanya menyampaikan visualisasi, tetapi juga rasa pun turut meningkatkan nilai permintaan mie.

7. Filiphina
Jika di beberapa negara mie instan adalah hidangan pengganti nasi atau memiliki nilai yang setara dengan nasi, berbeda dengan Filipina. Filipina yang dijuluki sebagai lumbung padi Asia Tenggara ini menganggap mie sebagai makanan ringan utama.

Berdasarkan data yang dilaporkan pemerintah, terdapat 4,29 miliar porsi per tahun yang dihasilkan oleh Filiphina. Maka tak heran, jika ada banyak sekali hidangan mie khas Filiphina. Bentuk dan jenisnya pun beraneka ragam.

Filiphina
Foto: Canva

Mulai dari pancit canton, pancit bihon, filipino spaghetti, pancit palabok, pancit malabon, kinalas, dan pancit lomi. Cara penyajian masing-masing hidangan berbeda-beda. Beberapa disajikan dengan kuah, beberapa lainnya disajikan layaknya mie goreng.

8. Korea Selatan
Korea Selatan menjadi peringkat delapan dalam negara yang paling banyak mengkonsumsi mie instan di dunia. Total permintaan mie per tahun yang diminta oleh negara sebesar 3,95 miliar per porsi. Nilai tersebut lebih besar daripada negara Thailand yang terkenal dengan Pad Thai-nya.

Salah satu merek mie instan yang paling terkenal adalah Buldak. Salah satu produk yang dibuat oleh Samyang Food Co. Ltd. Merek tersebut tidak hanya terkenal di negeri ginseng saja, melainkan juga di beberapa negara lainnya termasuk Indonesia.

Konsumen mie dari Korea Selatan itu terus meningkat seiring dengan meningkatnya penayangan video, drama, maupun film yang menayangkan adegan pembuatan atau makan mie. Bahkan beberapa diantaranya juga memiliki cara penyajian unik karena mie ditempatkan dalam panci kecil.

9. Thailand
Thailand yang terkenal dengan hidangan Pad Thai ini menempati urutan kesembilan dalam negara pemakan mie terbanyak di dunia. Terdapat 3,87 miliar porsi permintaan mie yang diajukan oleh masyarakat tiap tahunnya. Laporan tersebut didapatkan per 31 Desember 2022.

Thailand
Foto: Canva

Sama seperti di daerah lainnya, hidangan mie disajikan dengan bumbu yang berbeda-beda. Umumnya, dikonsumsi tanpa menggunakan kuah dengan rasa yang sangat pedas. Beberapa hidangan mie khas Thailand seperti khao soi, kuai-tiao ruea, hingga phat si-io.

10. Brazil
Brazil juga masuk dalam 10 negara yang mengkonsumsi mie terbanyak di dunia. Permintaan mie setiap tahunnya sebesar 2,83 miliar per porsi. Nilai tersebut diprediksi akan terus meningkat sebesar 6% (tingkat pertumbuhan tahunan gabungan) hingga 2025.

Di Brazil ini, kamu bisa menjumpai mie instan yang dikemas dalam sebuah kemasan maupun menu mie yang disajikan oleh sebuah restoran. Bentuk mie yang paling populer adalah mie instan, mi cabai, mi kering, dan mie ambient.

Mie menjadi makanan yang populer di berbagai tempat di belahan dunia. 10 negara yang paling banyak mengkonsumsi mie adalah China, Indonesia, Vietnam, India, Jepang, Amerika Serikat, Filiphina, Korea Selatan, Thailand, dan Brazil.

Masing-masing tempat memiliki hidangan mie yang menjadi ciri khas masing-masing. Mulai dari cara memasaknya, cara penyajian, bentuk mie, jenis mie, dan lain sebagainya. Umumnya, setiap wilayah memiliki hidangan mie yang disajikan dengan kuah dan tanpa kuah seperti mie goreng.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.