Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Hentikan Genosida di Gaza

oleh -0 Dilihat
Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Hentikan Genosida di Gaza
ICJ telah memerintahkan Israel segera bertindak mencegah genosida di Gaza.

Jakarta- Pengadilan tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau ICJ telah memerintahkan Israel segera bertindak mencegah genosida di Gaza. Mahkamah Internasional mengatakan Israel harus mengambil semua tindakan untuk menjamin dengan segera bahwa militernya tidak melakukan tindakan apa pun yang dapat melanggar Konvensi Genosida.

Keputusan awal mengenai tuduhan genosida yang diajukan oleh Afrika Selatan, panel pengadilan yang terdiri dari 17 hakim pada Jumat (26/12/024) mengeluarkan enam tindakan.

Yakni, memerintahkan Israel untuk mengambil langkah-langkah untuk membatasi kematian dan kehancuran yang disebabkan oleh kampanye militernya, serta untuk mencegah dan menghukum hasutan untuk melakukan genosida, dan memastikan penyediaan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Keputusan pengadilan bersifat mengikat dan tidak dapat diajukan banding, namun tidak ada cara untuk menegakkan keputusan tersebut.

“Israel harus sesuai dengan kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida, sehubungan dengan warga Palestina di Gaza, mengambil semua tindakan sesuai kewenangannya untuk mencegah dilakukannya semua tindakan dalam lingkup Pasal Dua konvensi khususnya, pembunuhan anggota kelompok tersebut menyebabkan kerugian fisik dan mental yang serius terhadap anggota kelompok tersebut,” kata Hakim Joan Donoghue saat menyampaikan putusan pengadilan, dikutip CNN.

Donoghue menyebut situasi kemanusiaan yang sangat buruk di Jalur Gaza berada pada risiko serius untuk semakin memburuk sebelum pengadilan memberikan keputusan akhir.

“Pengadilan menganggap bahwa terdapat urgensi dalam arti bahwa ada risiko nyata dan segera terjadi dimana prasangka yang tidak dapat diperbaiki akan menyebabkan hak-hak yang ditemukan oleh pengadilan menjadi masuk akal sebelum pengadilan memberikan keputusan akhir,” katanya.

Sebelumnya, Afrika Selatan meminta pengadilan untuk mengeluarkan “tindakan sementara” yang memerintahkan Israel untuk menghentikan perangnya, yang menurut pengadilan diperlukan dalam kasus ini untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina dari kerugian yang lebih parah dan tidak dapat diperbaiki.

Tindakan sementara adalah perintah sementara untuk menghentikan tindakan, atau perintah, sambil menunggu keputusan akhir. (Okz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.