9 Pemain Muda Sepak Bola Indonesia yang Banyak Penggemar

oleh -0 Dilihat
9 Pemain Muda Sepak Bola Indonesia yang Banyak Penggemar
Ilustrasi Canva

Jakarta- Dunia sepak bola di tanah air dipastikan memiliki masa depan yang cukup cerah. Ini didukung dengan kemunculan pemain muda dan berkualitas selama beberapa tahun terakhir. Adapun daftar pemain muda sepak bola indonesia yang banyak penggemar yaitu Rizky Ridho.

Melonjaknya talenta muda ini tak luput dari peran pelatih Timnas Indonesia bernama Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea ini menjadikan kualitas, penampilan, dan performa sebagai acuan. Ia menempa pemain muda dalam sebuah tim kelompok umur seperti U-19 dan U-22.

Pemain Muda Sepak Bola Indonesia yang Banyak Penggemar

Pemain Muda
Foto; Canva

Sudah banyak talenta pemain muda besutan Shin Tae-young yang selalu menjadi sorotan publik. Dengan kualitas dan bakat yang dimiliki, mereka mampu memperkuat Tim Nasional Indonesia dalam level junior sampai senior.

Beberapa di antaranya ada yang masih berusia belasan tahun, tetapi mampu bersaing dengan para senior. Nah, berikut ini daftar pemain muda sepak bola Indonesia yang banyak penggemar:

1. Marselino Ferdinan (9 September 2004)

Marselino Ferdinan
Foto: Instagram @marselicious_

Lahir pada tanggal 9 September 2004, Marselino Ferdinan menjadi pemain muda yang paling menonjol. Kemunculannya mampu menghadirkan warna baru dalam Timnas U-22 di Asian Games 2023. Jam terbangnya bisa dibilang cukup panjang bersama Timnas Indonesia.

Pesepak bola berusia 19 tahun ini menunjukkan kemampuannya sebagai kreator serangan. Dari 5 pertandingannya dalam SEA Games 2023, ia berhasil mencetak satu gol dan dua gol assist. Meskipun usianya sangat muda, sejauh ini masih menjadi prospek yang cukup cerah sebagai andalan Timnas Indonesiakategori pemain muda. Awalnya memulai karir di Laga Belgia bersama dengan KMSK Deinze.

2. Ronaldo Kwateh (19 Oktober 2004)

Ronaldo Kwateh
Foto: Instagram @ronaldokwateh7

Seperti halnya Ferdinan, Ronaldo Kwateh juga termasuk dalam daftar pemain muda yang banyak penggemar. Ronaldo dijadikan sebagai andalan di 3 kelompok usia dalam Timnas Indonesia. Pada era Shin Tae-yong, ia juga sempat turut bermain dalam ajang Toulon Tournament. Selanjutnya ikut bergabung langsung dengan Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2021 yang lalu.

Ronaldo Kwateh ternyata juga sempat tampil dalam Timnas Indonesia senior beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, ia berhasil menciptakan gol di saat bermain di ajang FIFA Matchday yang melawan Timor Leste.

3. Saddil Ramdani (2 Januari 1999)

Saddil Ramdani
Foto: Instagram @saddilramdanii

Saddil Ramdani dijadikan andalan dalam 3 kelompok usia Timnas Indonesia di era pelatihan yang berbeda dari Marselino Ferdinan. Hal ini karena Sadil diposisikan dalam 3 kelompok usia pada era Luis Milla.

Saat masih berusia 19 tahun, ia bermain dalam 1 tahun kalender dan 3 kelompok usia pada tahun 2018. Tercatat ia pernah bergabung di Timnas Indonesia U-19 dalam Piala AFF U-19 tahun 2018.

Tak cukup sampai disitu, Saddil meneruskan perjalanan karirnya dengan bermain di Asian Games 2018 dengan Timnas Indonesia U-23. Ia juga nampak tampil selama beberapa kali dalam Timnas Indonesia senior.

4. Asnawi Mangkualam (4 Oktober 1999)

Asnawi Mangkualam
Foto: Instagram @ambfanss.14

Daftar pemain muda sepak bola Indonesia yang banyak penggemar selanjutnya adalah Asnawi Mangkualam. Asnawi ternyata sama dengan Sadil yang diandalkan dalam 3 kelompok usia Timnas ketika dipegang Luis Milla.

Pada era Luis Milla, usianya saat itu masih sangat muda yaitu 17 tahun. Meskipun begitu, ia sempat tampil dalam Timnas Indonesia U-19, U-23 hingga level senior.

Sampai sekarang ini diusianya yang baru 24 tahun, ia mengantongi 41 caps lebih untuk Timnas Indonesia dan akan terus bertambah. Masing-masing adalah 4 caps dalam tim U-23, 16 caps dalam tim U-19, dan selebihnya 21 caps dalam tim senior.

5. Pratama Arhan (21 Desember 2001)

Pratama Arhan
Foto: Instagram @pratamaarhan8

Pada ajang SEA Games 2013, Pratama Arhan tak bisa tampil maksimal dengan Timnas Indonesia U-22. Hal ini karena terdapat beberapa faktor penghalang seperti faktor rotasi. Bahkan, ia juga tidak bisa hadir dalam partai final karena mendapat akumulasi kartu kuning.

Diluar itu semua, Arhan memiliki kualitas yang terbilang cukup mumpuni sebagai bek kiri. Meskipun gagal bermain di J2 League dengan Tokyo Verdy, namun potensinya selalu diandalkan bersama Garuda Muda.

Salah satu skill terbaik yang selalu dimaksimalkan dari talenta muda ini adalah lemparan jarak jauh. Sebab, ia pernah mencetak satu gol assist ketika berhadapan dengan Vietnam pada semifinal.

6. Ramadhan Sananta (27 November 2002)

m.ramadhansn
Foto: Instagram @m.ramadhansn

Ramadhan Sananta sangat layak untuk masuk dalam daftar pemain muda sepak bola Indonesia yang banyak penggemar. Ia digadang-gadang sebagai penyerang terbaik untuk Timnas Indonesia di masa depan.

Bersama Rafael Struick dan Hokky Caraka, ketiganya berhasil menjadi trisula maut dalam Skuad Garuda hingga 10 tahun ke depan. Ramadhan Sananta merupakan penyerang yang memiliki insting “membunuh” luar biasa.

Musim lalu dengan total 11 goalnya, ia dijadikan sebagai pemain lokal terbaik pada BRI Liga 1. Kemampuannya hampir tak pernah berkurang dalam musim ini karena berhasil mencetak sebanyak 5 gol.

Bersama Timnas Indonesia, ia mengantongi sebanyak dua caps untuk saat ini. Sananta akan juga sudah dimainkan dalam dua laga uji coba untuk melawan Curacao lalu. Ia belum memberikan performa maksimal, tetapi di tangan Shin Tae-yong nantinya bisa diandalkan.

7. Fajar Fathur Rahman (29 Mei 2002)

Fajar Fathur Rahman
Foto: Instagram @fajarfathurrahmann

Salah satu talenta muda yang menunjukkan prospeknya untuk dijadikan andalan dalam Asian Games lalu adalah Fajar Fathur Rahman. Pesepak bola tampan asal Borneo FC ini mempunyai insting gol yang sangat tajam.

Padahal, Fajar lebih sering diposisikan menjadi bek kanan dalam level klub. Namun, belakangan ini Indra Sjafri alias pelatihnya telah mengubah posisinya sebagai winger kanan.

Tak lama kemudian, perubahan posisinya telah dibayar lunas oleh pemain Timnas U-19 ini. Fajar berhasil mencetak 5 gol dari 6 penampilannya selama SEA Games 2023.

8. Rizky Ridho (21 November 2001)

Rizky Ridho
Foto: Instagram @rizkyridhoramadhani

Nama Rizy Ridho disorot saat menjadi pemimpin yang membantu Timnas U-22 dalam mendapatkan medali emas SEA Games 2023. Pemain sebagai bek tengah ini telah diminta memperkuat Garuda Muda selama mengikuti Asian Games 2023.

Saat mendapat kepercayaan tersebut, Ridho selalu berusaha untuk memberikan penampilan terbaiknya. Posisinya sebagai kapten juga bisa dijalankan secara maksimal oleh pemain berusia 22 tahun ini.

Maka dari itu, kemahiran Ridho sangat dibutuhkan Timnas Indonesia untuk berjuang di Asian Games 2023. Ia dikabarkan juga turut bergabung dalam Liga 1 pada musim depan bersama Persija Jakarta.

9. Rafael Struick (27 Maret 2003)

Rafael Struick
Foto: Instagram @rafaelstruick

Terakhir adalah Rafael Struick yang masuk dalam daftar pemain muda sepak bola Indonesia yang banyak penggemar. Rafael adalah seorang pemain keturunan asing yang telah dinaturalisasi sebagai WNI (Warga Negara Indonesia).

Usianya yang muda tak menghalangi performanya dalam bermain dengan performa terbaik. Pemain yang sekarang ini bermain untuk Haang dan Ado ini sedang merintis karirnya di Eropa.

Rafael Struick adalah tipe penyerang yang memiliki skill dan kecepatan dalam menerobos lawan. Kemahirannya makin terbukti setelah membobol gawang dalam kualifikasi Piala Asia u-23 pada tahun 2024.

Shin Tae-yong sukses menciptakan talenta muda untuk memperkuat Timnas dalam berbagai level. Daftar pemain muda sepak bola indonesia yang banyak penggemar ini memiliki jam terbang tinggi. Apalagi penampilannya juga sangat mendukung dengan performa terbaik. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.