Wajib Tahu! Inilah 8 Jenis Olahraga yang Banyak Digandrungi Anak Muda

oleh -0 Dilihat
8 Jenis Olahraga yang Banyak Digandrungi Anak Muda
Olahraga yang digandrungi anak muda

Jakarta- Jenis olahraga yang banyak digandrungi anak muda cukup beragam mulai dari yoga hingga crossfit. Munculnya tren olahraga di berbagai kalangan masyarakat tidak dapat dilepaskan dari maraknya penggunaan media sosial.

Beberapa waktu yang lalu, olahraga hanya dikenal sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Tapi belakangan ini, olahraga mulai menjadi tren yang banyak diikuti agar dianggap kekinian. Buat kamu yang penasaran apa saja olahraga yang tengah populer, simak pembahasan berikut.

8 Jenis Olahraga yang Banyak Digandrungi Anak Muda

Olahraga kekinian di bawah ini tidak hanya menyehatkan badan tetapi juga bisa membuat kamu lebih trendi. Yang tak kalah penting, kamu bisa mengabadikan momen yang instagrammable tersebut untuk mengisi halaman media sosial.

1. Jogging

Jogging
Foto: Canva

Lari atau jogging adalah jenis olahraga yang tak lekang oleh waktu. Aktivitas fisik ini digemari oleh berbagai generasi karena mudah dan tidak membutuhkan peralatan khusus namun bisa membakar kalori yang cukup banyak sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

Jogging bisa dilakukan dari mana saja, bahkan di dalam rumah menggunakan treadmill. Tapi jika kamu punya jiwa kompetitif, kamu bisa bergabung ke berbagai event olahraga lari yang sering diselenggarakan baik dalam skala nasional maupun internasional.

Selain menyehatkan, event maraton juga bisa memberikan pengalaman baru bagi kamu. Yang tak kalah menarik, olahraga jogging juga sangat cocok untuk diabadikan di media sosial. Tidak heran Jogging dinobatkan sebagai salah satu yang paling populer di dunia.

2. Yoga

Yoga
Foto: Canva

Jenis olahraga yang banyak digandrungi anak muda yang selanjutnya adalah yoga. Aktivitas olah fisik ini memang bukan hal baru di kalangan masyarakat namun popularitasnya seolah tak pernah redup. Buktinya, banyak anak muda yang menjajal olah tubuh ini dan mengabadikannya di media sosial.

Yoga sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat melatih keseimbangan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kelenturan badan. Ada beberapa jenis yoga yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah acroyoga yang tengah digemari oleh generasi milenial.

Jenis yoga yang satu ini membutuhkan partner untuk melakukan gerakan tertentu. Gerakannya juga tergolong sulit serta memerlukan fokus tinggi sehingga cukup menarik bagi kamu yang menyukai tantangan. Untuk menghindari cedera serius, pastikan kamu melakukan setiap gerakan dengan hati-hati.

3. Parkour

Parkour
Foto: Canva

Parkour diciptakan oleh David Belle, seorang pria kewarganegaraan Perancis. Olahraga ini tergolong cukup ekstrem karena kamu harus melompati pagar, atap rumah, hingga tembok yang tinggi. Meskipun begitu, parkour mempunyai banyak penggemar terutama dari kalangan anak muda.

Olahraga parkour menggabungkan kelenturan tubuh, kekuatan otot tangan dan kaki, serta kelincahan. Kombinasi beberapa aspek tersebut membuat kamu mampu melompat, meloncat, dan bergelantungan pada benda-benda di sekitar seperti pagar rumah, tiang, dan lain sebagainya.

Kamu tertarik untuk mencoba jenis olahraga yang banyak digandrungi anak muda ini? Jangan terburu-buru sebelum kamu berlatih dengan ahlinya. Jangan lupa pula untuk minta didampingi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera, luka, atau bahkan patah tulang.

4. Zumba

Zumba
Foto: Canva

Bisa dibilang zumba adalah olahraga baru di Indonesia. Aktivitas fisik ini menggabungkan tarian bernuansa latin dan gerakan aerobik sehingga menghasilkan gerak badan yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Tidak sedikit pula yang memilih zumba untuk mendapatkan berat badan ideal.

Karena menyerupai tarian, zumba biasanya dilakukan dengan iringan musik yang bertempo cepat. Kamu akan menemukan berbagai gerakan yang terinspirasi dari beberapa gerak aerobik seperti cumba, merengue, sumba, hip hop, dan salsa.

Yang tak kalah menarik, zumba yang banyak digandrungi anak muda ini dikategorikan sebagai gerak tubuh kardio. Ini berarti kombinasi gerakan pada zumba sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kamu juga bisa membakar banyak kalori dalam waktu singkat.

5. Crossfit

Crossfit
Foto: Canva

Crossfit menjadi salah satu jenis olahraga yang tengah diminati oleh kawula muda. Saking populernya, para influencer, selebgram, dan tiktokers berlomba-lomba menjajal olahraga ini dan mengabadikannya di akun media sosial mereka. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan crossfit?

Sebagai olahraga jenis baru di Indonesia, crossfit merupakan kombinasi antara kardio dan angkat beban yang dimasukkan ke dalam format circuit training. Aktivitas fisik dalam Crossfit tergolong cukup berat tapi kamu bisa memulainya dari yang paling sederhana seperti push up dan angkat barbel.

Jenis olahraga yang banyak digandrungi anak muda ini menawarkan segudang manfaat. Sebut saja menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan tubuh, menyokong stamina, hingga mempercepat pembentukan massa otot terutama jika diimbangi dengan pola makan yang tepat.

6. Pound Fit

Pound Fit
Foto: Popmama.com

Bagi kamu yang tidak ingin kelewatan tren olahraga terbaru, kamu bisa mencoba pound fit. Olahraga kekinian ini baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2023. Meskipun tergolong baru, aktivitas ini langsung banyak diminati terutama oleh para olahragawan dan kebugaran.

Bisa dibilang pound fit adalah olahraga yang cukup unik. Pasalnya, pound fit menggunakan alat menyerupai stik drum yang digunakan untuk menciptakan irama pengiring. Jadi, selama latihan kamu harus mengikuti irama tersebut.

Pound fit termasuk gerak badan kardio yang baik untuk jantung. Selain itu, jenisĀ  yang banyak digandrungi anak muda ini juga mampu membakar banyak kalori sehingga sangat efektif untuk mendapatkan berat badan ideal.

7. Plogging

Plogging
Foto: Canva

Jika kamu ingin mendapatkan badan sehat sekaligus lingkungan yang bersih, plogging bisa jadi olahraga kekinian yang tepat. Aktivitas ini menggabungkan jogging dan pengumpulan sampah sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak manfaat.

Kegiatan ini mulanya populer di Swedia tahun 2016 dan baru-baru ini merambah ke Indonesia. Karena cukup unik dan menarik, wajar jika Plogging banyak diminati oleh kawula muda di Indonesia. Bahkan terkadang ada pihak yang menyelenggarakan plogging massal yang ramai peminat.

Tidak hanya baik untuk kesehatan dan kebersihan lingkungan, aktivitas ini juga bisa dijadikan konten yang menginspirasi. Kamu bisa mengajak banyak orang untuk lebih peduli pada kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar.

8. Bersepeda

Bersepeda
Foto: Canva

Tentunya kamu sudah familier dengan jenis olahraga yang satu ini. Meskipun sudah tidak sepopuler saat masa pandemi beberapa tahun yang lalu, aktivitas ini masih banyak diminati oleh kaum muda. Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa menjadi sarana untuk healing bagi beberapa orang.

Tidak perlu membeli sepeda yang mahal untuk bisa melakukan olah tubuh yang satu ini. Dengan jenis sepeda apa pun, kamu bisa melatih otot sambil menikmati udara pagi yang segar dan melihat pemandangan sekitar yang menarik.

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda, seperti melatih otot tubuh bagian bawah dan menurunkan berat badan.

Dari berbagai jenis olahraga yang banyak digandrungi anak muda di atas, manakah yang jadi favorit kamu? Apa pun aktivitas fisik yang kamu pilih, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati untuk menghindari potensi cedera. Jangan lupa pula melakukan pemanasan sebelum melakukan gerakan berat. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.