Kementerian Dengan Anggaran Terbesar RAPBN 2024 Termasuk Polri dan KPU

oleh -0 Dilihat
Kementerian Dengan Anggaran Terbesar RAPBN 2024 Termasuk Polri dan KPU
Total alokasi anggaran belanja pemerintah pusat sendiri adalah 2.446,5 triliun dalam RAPBN 2024

Jakarta- Daftar Kementerian dengan anggaran terbesar di tahun 2024 akan membuat rakyat Indonesia lebih menyadari arah pembangunan dan kebijakan negara. Total alokasi anggaran belanja pemerintah pusat sendiri adalah 2.446,5 triliun dalam RAPBN (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2024.

Dari seluruh anggaran belanja pemerintah pusat, sebesar Rp 1.077,2 triliun dialokasikan untuk belanja kementerian dan lembaga. Angka tersebut belum ternyata menampung kenaikan gaji ASN pusat, TNI, dan Polri. Sejumlah kementerian dan lembaga mendapatkan pagu anggaran terbesar untuk belanja.

Kementerian PUPR berada di urutan paling atas dalam daftar kementerian dengan anggaran terbesar di tahun 2024. KPU masuk 10 besar untuk anggaran tahun 2024 karena penyelenggaraan Pemilu 2024. Anggaran untuk tahun 2024 memang didominasi oleh Pemilu, pembangunan IKN, dan pertahanan.

Terdapat 10 kementerian dan lembaga yang akan mendapatkan uang belanja yang cukup besar dan dipastikan mendapatkan banyak perhatian di tahun 2024. Selain Pemilu, IKN, dan isu pertahanan, Semua kementerian berusaha menyelesaikan semua program yang belum terlaksana di tahun sebelumnya.

Berikut adalah 10 kementerian dan lembaga yang mendapatkan anggaran terbesar di tahun 2024.

1. Kementerian PUPR (Rp 146,98 Triliun)

Kementerian PUPR
Foto: Kemen PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah kementerian dengan anggaran terbesar di 2024. Kementerian yang dipimpin oleh M. Basuki Hadimuljono tersebut akan mendapatkan anggaran Rp 146,98 triliun. Anggaran tersebut difokuskan untuk pembangunan infrastruktur prioritas.

Masih ada pembangunan infrastruktur prioritas yang belum selesai dibangun. Prioritas pembangunan di tahun 2024 diantaranya pelaksanaan OPOR, pembangunan pasar, jalan daerah, air minum, dan sekolah. Anggaran tersebut diharapkan mampu membuat rakyat bisa menikmati infrastruktur yang selesai dibangun.

2. Kementerian Pertahanan (Rp 135,44 Triliun)

Kemenhan
Foto: Antara

Kementerian Pertahanan (Kemhan) mendapatkan RAPBN 2024 sebesar Rp 135,44 triliun. Kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto tersebut memiliki anggaran besar untuk melakukan modernisasi alutsista (alat utama sistem pertahanan) untuk semua matra TNI, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Selain untuk ketiga matra TNI, fokus belanja Kemhan untuk tahun depan adalah modernisasi non alutsista, dan sarpras pertahanan. TNI AD mendapatkan alokasi anggaran terbesar Rp 58,14 triliun, TNI AL mendapatkan Rp 25,96 triliun, TNI AU mendapatkan Rp 18,79 triliun, dan Mabes TNI Rp 10,72 triliun.

3. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Rp 114,76 Triliun)

Kepolisian
Foto: Historia

Kepolisian Negara republik Indonesia akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 114,76 triliun untuk tahun 2024. Lembaga yang dipimpin oleh Listyo Sigit Prabowo akan menggunakan anggaran tersebut untuk 5 program Polri yang mencakup program profesionalisme SDM Polri sampai program dukungan manajemen.

5 program Polri yang akan mendapatkan anggaran tersebut adalah program profesionalisme SDM Polri, program penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, program modernisasi almatsus dan sarpras Polri, program pemeliharaan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), dan program dukungan manajemen.

4. Kementerian Pendidikan (Rp 97,70 Triliun)

Kementerian Pendidikan
Foto: Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi masuk dalam urutan keempat dalam daftar kementerian dengan anggaran terbesar di tahun 2024. Kementerian Pendidikan yang dipimpin oleh Nadiem Makarim tersebut akan mendapatkan anggaran Rp 97,70 triliun untuk program pendidikan 2024.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk membiayai pendanaan wajib Rp 45,02 triliun dan untuk membiayai program prioritas Rp 23,44 triliun. Anggaran pendidikan 2024 akan difokuskan pada akselerasi PIP, Guru dan Sekolah Penggerak. Tahun depan hampir 100% sekolah dipastikan menerapkan Kurikulum Merdeka.

5. Kementerian Kesehatan (Rp 90,27 Triliun)

Kementerian Kesehatan
Foto: Sekretariat Kabinet

Kementerian Kesehatan akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 90,27 triliun di tahun 2024. Kementerian yang dipimpin Budi Gunadi Sadikin tersebut akan menggunakan anggaran Rp 90 triliun untuk membiayai 6 pilar Transformasi Kesehatan. Penataan ulang jaringan fasilitas layanan kesehatan juga akan dilakukan.

Porsi paling besar anggaran Kemenkes 2024 akan digunakan untuk kegiatan pilar pertama Transformasi Kesehatan yang menyasar pemerataan akses layanan di 12 ribuan puskesmas di seluruh Indonesia. Revitalisasi Posyandu akan dilakukan sehingga posyandu bisa lebih aktif memberikan pelayanan.

6. Kementerian Sosial (Rp 79,19 Triliun)

Kementerian Sosial
Foto: Antara

Kementerian Sosial akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 79,19 triliun di tahun 2024. Kemensos yang dipimpin oleh Tri Rismaharini akan menggunakan 98,54% anggaran tersebut (Rp 79,21 triliun) untuk Perlinsos. Sementara, sisa anggaran (Rp 1,15 triliun) akan digunakan untuk dukungan manajemen.

Program Perlindungan Sosial yang akan didanai diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), Pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu, Program Pemberdayaan Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), program Lumbung Sosial dan penanganan dampak bencana.

7. Kementerian Agama (Rp 72,16 Triliun)

Kementerian Agama
Foto: Kementerian Agama

Kementerian Agama atau Kemenag akan mendapatkan anggaran untuk tahun 2024 sebesar Rp 72,16 triliun. Kementerian yang dipimpin oleh Yaqut Cholil Qoumas akan menggunakan anggaran tersebut untuk menyelenggarakan program terkait fungsi agama dan fungsi pendidikan yang tersebar dalam 5 program.

Kelima program tersebut adalah program dukungan manajemen, program kerukunan umat dan layanan beragama, program pendidikan tinggi, program kualitas pembelajaran, dan program pendidikan anak usia dini. Peningkatan anggaran tersebut juga digunakan untuk program baru maupun program berkelanjutan.

8. Kementerian Keuangan (Rp 48,35 Triliun)

Kementerian Keuangan
Foto: kemenkeu.go.id

Daftar kementerian dengan anggaran terbesar di tahun 2024 selanjutnya adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kemenkeu yang dipimpin oleh Sri Mulyani Indrawati akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 48,35 triliun. Belanja Pemerintah Pusat tahun 2024 sendiri mengalami peningkatan 7,4%.

Anggaran tersebut digunakan untuk menjalankan 3 fungsi Kemenkeu. Terdapat 3 fungsi yang dijalankan, fungsi pelayanan umum, fungsi ekonomi, dan fungsi pendidikan. Alokasi dananya adalah Rp 44,6 triliun untuk fungsi pelayanan, Rp 3,4 triliun untuk fungsi pendidikan, dan Rp 232 miliar untuk fungsi ekonomi.

9. Kementerian Perhubungan (Rp 38,44 Triliun)

Kementerian Perhubungan
Foto: Sekretariat Kabinet

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub akan mendapatkan anggaran Rp 38,44 triliun untuk tahun 2024. Kementerian yang dipimpin oleh Budi Karya Sumadi tersebut mendapatkan penambahan Rp 400 miliar, sebelumnya Rp 38,07 triliun, penambahan digunakan untuk pelayanan keperintisan laut dan udara.

Kemenhub akan terus mengupayakan berbagai sumber pendanaan lain, yaitu dari luar APBN. Pendanaan melalui BLU, investasi swasta, BMN, PNBP, dan Kerja Sama Antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pendanaan digunakan untuk proyek-proyek yang bersifat strategis dan bernilai ekonomis tinggi.

10. Komisi Pemilihan Umum (Rp 28,36 Triliun)

Komisi Pemilihan Umum
Foto: Doc

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga yang mendapatkan anggaran Rp 28,36 triliun untuk tahun 2024. Lembaga yang dipimpin oleh Hasyim Asy’ari akan menyelenggarakan Pemilu 2024 yang sudah tentu menghabiskan anggaran yang besar. Anggaran Rp 28,36 triliun tersebut hanya untuk Pemilu satu putaran.

Adapun anggaran Komisi Pemilihan Umum 2024 akan dialokasikan untuk berbagai program terkait Pemilu 2024. Program-program tersebut diantaranya sosialisasi, dan penyuluhan, pengelolaan logistik, kampanye dan sumpah janji, belanja operasional dan non operasional, Pilkada 4 DOB, dan advokasi hukum.

Anggaran kementerian 2024 yang mendapat sorotan adalah anggaran Kementerian Pertahanan dan Kementerian PUPR. Selain kedua kementerian anggaran untuk Pemilu 2024 yang diberikan kepada KPU juga cukup mendapatkan perhatian. Tahun 2024 sendiri akan menjadi tahun yang sibuk untuk Indonesia.

Daftar kementerian dengan anggaran terbesar di tahun 2024 bisa membuat kamu melakukan perbandingan spesifik dengan anggaran kementerian sebelumnya. Adapun peningkatan anggaran yang digunakan untuk keberlanjutan kebijakan sebelumnya diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi. (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.