Tips dan Trik Persiapan Menghadapi SNBT yang Penting Diketahui

oleh -0 Dilihat
Tips dan Trik Persiapan Menghadapi SNBT yang Penting Diketahui
SNBT merupakan seleksi nasional berbasis tes untuk masuk ke PTN.

Jakarta- Persiapan menghadapi SNBT sebaiknya dilakukan sejak jauh hari sebelum penyelenggaraan tes. Semakin matang persiapan yang dilakukan, maka potensi keberhasilannya akan semakin besar. SNBT merupakan seleksi nasional berbasis tes untuk masuk ke PTN.

Terdiri dari tes ujian tertulis berbasis komputer dan kriteria khusus dari PTN. Untuk kamu yang sudah lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah, tentu harus melakukan persiapan untuk ujian tersebut. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar proses persiapan bisa dilakukan secara maksimal untuk menghadapi SNBT.

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Untuk Persiapan Menghadapi SNBT

Persiapan Menghadapi SNBT
Foto: Ilustrasi (Instagram)

Saingan dalam menghadapi tes SNBT tentu ada banyak sekali karena ujian diselenggarakan secara nasional. Untuk itu persiapan menjadi hal penting dalam menunjang keberhasilan.
Dalam SNBT, calon mahasiswa bisa memilih lebih dari satu jurusan sehingga kesempatan untuk diterima semakin besar. Agar persiapan menghadapi SNBT bisa lebih terarah, perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Memahami Ketentuan Penyelenggaraan Ujian

Ketentuan Penyelenggaraan Ujian
Foto: Ilustrasi (Canva)

Dalam pelaksanaannya, ujian nasional masuk universitas ini akan menetapkan jadwal. Untuk itu sebelum mulai mendaftar atau mempersiapkan diri, pastikan untuk mengetahui jadwal penyelenggaraan seleksi terlebih dahulu agar kamu bisa menghadapi SNBT. Di antaranya terdiri dari tanggal, waktu, dan lokasi.

Hal tersebut menjadi hal penting yang wajib diketahui sebagai strategi menghadapi SNBT. Jangan sampai kamu tidak mengetahui lokasi pastinya dan terlambat untuk mengikuti tes. Selain itu, jumlah soal SNBT ada berapa juga harus diketahui. Jumlah soal yang harus diselesaikan pada UTBK SNBT 2024 yaitu sebanyak 145 soal. Tenggat waktunya adalah 195 menit.

2. Mencari Kisi-Kisi Soal Ujian

Kisi-Kisi Soal Ujian
Foto: Ilustrasi (Canva)

Agar bisa menjawab semua soal dalam ujian, hal penting dalam menghadapi SNBT 2024 adalah mencari kisi-kisinya. Setiap tahun soal yang keluar bisa saja berubah. Namun melalui kisi-kisi, contoh soal yang mungkin akan keluar bisa diketahui dengan baik polanya.

Hal ini bisa jadi latihan yang efektif untuk meningkatkan peluang keberhasilan. Cobalah untuk mempelajari kembali soal ujian di tahun sebelumnya dan pahami dengan baik bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan rutin menjawab berbagai jenis pertanyaan, diri akan semakin terbiasa untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.

3. Mengikuti Try Out

Mengikuti Try Out
Foto: Ilustrasi Canva)

Jika sudah memahami kisi-kisi dari soal SNBT, cobalah untuk mempersiapkan diri lebih lanjut dengan mengikuti try out. Latihan ini bisa memberikan gambaran terkait hasil ujian yang mungkin didapatkan.

Manfaat lain melakukan try out adalah bisa memberikan pengalaman dalam menghadapi ujian yang sesungguhnya. Hal ini sangat penting dalam persiapan menghadapi SNBT karena dapat membuat kamu semakin familiar dengan format soal yang mungkin akan muncul pada ujian sebenarnya.

Hal ini akan membantu dalam mengidentifikasi kelemahan serta kekuatan pemahaman soal yang dimiliki. Dengan begitu pada tahap selanjutnya kamu bisa lebih fokus terhadap pembenahan dan peningkatan dalam bidang yang masih dianggap kurang.
Melakukan try out juga bisa mengurangi rasa cemas dan meningkatkan rasa kepercayaan diri sebelum menghadapi ujian.

4. Pahami Model Soal SNBT

Model Soal SNBT
Foto: Ilustrasi (Canva)

Peserta ujian tentu sering bertanya tentang materi SNBT 2024 apa saja? Melihat dari jenis soal yang ada pada ujian sebelumnya. Tidak banyak perubahan yang terjadi dalam bidang materinya, hanya terdapat perubahan dalam model soal.

Dalam UTBK SNBT 2024 terdapat tujuh subtes yang harus diperhatikan. Secara umum, ada tiga model soal, yaitu pilihan ganda dengan lima jawaban, soal isian, dan soal pilihan majemuk kompleks berbentuk tabel. Adapun tujuh subtes SNBT terbagi atas dua kategori.

Pertama TPS (Tes Potensi Skolastik) yang terdiri dari kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan kuantitatif, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kategori kedua adalah Tes Literasi yang terdiri dari subtes Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan penalaran matematika.

5. Tentukan Jadwal Belajar

Jadwal Belajar
Foto: Ilustrasi (Canva)

Mengatur jadwal belajar di tengah berbagai kesibukan memang bukanlah hal yang mudah. Namun harus lebih diperhatikan ketika sudah mendekati waktu ujian. Evaluasi kembali, apa saja aktivitas yang lebih penting untuk dilakukan.

Hindari menghabiskan waktu dengan banyak bermain. Namun bukan berarti tidak boleh beristirahat atau bersenang-senang. Bermain bisa tetap dilakukan dengan porsi yang sesuai.

Untuk itu penting menentukan jadwal belajar agar bisa menyeimbangkan waktu belajar dan bermain. Pastikan juga untuk tetap istirahat dengan cukup dan mengkonsumsi makanan sehat agar tetap prima.

6. Buat Ruang Belajar yang Nyaman

Ruang Belajar yang Nyaman
Foto: Ilustrasi (Canva)

Membuat ruang belajar yang nyaman merupakan bentuk persiapan menghadapi SNBT yang perlu dilakukan. Suasana yang nyaman dapat memicu tubuh untuk lebih bersemangat. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi mood saat belajar.

Apabila merasa nyaman, otak akan tetap merasa senang meskipun sudah menghabiskan waktu lama untuk belajar. Nuansa yang fresh dapat menghindari kejenuhan, sehingga ketika merasa bosan sebaiknya pindahlah tempat belajar.
Misalnya sesekali belajar di tempat terbuka, cafe, atau lainnya agar pikiran menjadi segar. Pastikan untuk memilih tempat yang memiliki suasana mendukung dan tidak berisik agar bisa tetap fokus belajar.

7. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen yang Dibutuhkan
Foto: Ilustrasi (Canva)

Walaupun terlihat sederhana, namun kelengkapan dokumen merupakan bagian dari persiapan menghadapi SNBT yang harus diperhatikan. Dokumen yang tidak lengkap bisa saja menjadi penghalang bagi kamu dalam mengikuti ujian.

Untuk itu penting memahaminya dengan baik sejak awal. Pastikan untuk menyiapkan berbagai dokumen penting sejak jauh hari sebelumnya. Di antaranya seperti kartu identitas, kartu peserta UTBK SNBT, fotokopi ijazah terlegalisir, surat keterangan lulus asli, dan lainnya.

Beberapa universitas mungkin akan memberikan syarat dokumen yang berbeda. Ketahui apa saja dokumen yang dibutuhkan dan segera persiapkan. Simpan dokumen yang sudah lengkap ditempat khusus agar tidak sulit ditemukan saat dibutuhkan.

8. Rajin Beribadah

Rajin Beribadah
Foto: Canva

Selain berusaha, berdoa juga menjadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. Meningkatkan ibadah dapat memberikan keyakinan dan rasa percaya diri untuk menghadapi ujian. Dengan begitu tidak akan merasa ragu dan siap mengikuti SNBT.

Rajinlah beribadah dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi ujian sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik. Tidak hanya sebagai bentuk dari kepasrahan diri, berdoa dan beribadah juga bisa memberikan dampak positif bagi mental. Diantaranya lebih percaya diri, meningkatkan keyakinan, dan senantiasa berpikiran positif.

9. Menjaga Kesehatan

Menjaga Kesehatan
Foto: Ilustrasi (Canva)

Dalam persiapan menghadapi SNBT tidak hanya mental saja yang harus dibangun. Namun kondisi fisik juga perlu senantiasa dijaga. Persiapan yang sudah dilakukan secara matang sejak jauh hari bisa terasa sia-sia apabila di saat ujian kamu mengalami sakit.

Selain itu, menjaga kesehatan merupakan hal penting yang dapat mendukung proses belajar. Apabila tubuh sehat, maka otak juga akan prima. Hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas belajar sehingga mampu meraih hasil yang memuaskan.

Beberapa aspek tersebut dapat membantu dalam persiapan menghadapi SNBT agar lebih matang. Jika belum melakukannya, segeralah membuat jadwal agar tidak ada yang terlewat. Mempersiapkan diri sejak awal akan memberikan keuntungan besar dan bisa lebih percaya diri untuk menghadapi ujian.

Berusaha dan berdoa merupakan dua hal penting yang harus dilakukan untuk dapat berhasil. Tetaplah optimis dan lakukan yang terbaik untuk bisa masuk ke universitas tujuan. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.