Gempa 7.4 M, 1.315 WNI di Jepang Diminta Waspada Gempa Susulan dan Tsunami

oleh -0 Dilihat
gempa
ilustrasi

Jakarta – ​Kementerian Luar negeri (Kemlu) RI terus berkoordinasi dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka untuk mengetahui dampak gempa dan tsunami.

“Kemlu saat ini sedang KBRI dan KJRI tengah berkoordinasi dg otoritas setempat dan simpul masyarakat Indonesia. Sistem lapor diri KBRI Tokyo mencatat terdapat 1.315 WNI yang menetap di Prefektur Ishikawa,” bunyi keterangan resmi dari Kemlu RI

Kementerian Luar Negeri masih memastikan kondisi 1.315 Warga Negara Indonesia (WNI) di Jepang usai gempa bumi mengguncang prefektur Ishikawa, Jepang, pada Senin (1/1/2024) pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB.

“KBRI masih pastikan kondisi mereka,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI, Judha Nugraha kepada wartawan, Selasa (02/01/2024).

Judha menyampaikan, saat ini, Kemlu sedang berkoordinasi dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka untuk mengetahui dampak gempa dan tsunami. KBRI dan KJRI tengah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan simpul masyarakat Indonesia.

“Sistem lapor diri KBRI Tokyo mencatat terdapat 1.315 WNI yang menetap di Prefektur Ishikawa,” ucap Judha.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Hubungan Saling Menguntungkan Dengan Jepang

Diantara ribuan WNI yang berada di Jepang ada dua artis yang tengah berlibur di Jepang bersama yaitu Jessica Mila dan Enzy Storia. Melalui unggahan di Instagram Stories, mereka pun membagikan kondisi terkininya pascagempa.

Jessica Mila mengaku dirinya sama sekali tidak merasakan gempa. Saat gempa terjadi, ia tengah berada di jalan dari Tokyo menuju Hakuba.

“Tadi earthquake pas di jalan dr Tokyo mau ke Hakuba.. Jadi gak berasa sama sekali. Liat news ternyata potensi Tsunami juga. Mudah2an aman semuanya,” tulis Jessica Mila.

Enzy juga menyebut dirinya dalam kondisi baik dan sehat.

“Morning! Terima kasih teman teman yang udah hubungin dan nanyain kabar terkait gempa di Jepang kemarin. Alhamdulillah kita aman dan baik baik aja. Sewaktu gempa ku ga berasa karena lg di mobil, ngga kebayang kalo masih di lamar hotel. Semoga aman aman aja yaaah tidak ada gempa susulan!” tulis Enzy Storia.

Gempa berkekuatan magnitudo sekitar 7.4 melanda prefektur Ishikawa, Jepang pada tanggal 01 Januari 2024 pada pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB. Gempa juga dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita. Gempa telah menyebabkan gelombang tsunami di beberapa wilayah. Tercatat 24 korban jiwa dalam peristiwa ini.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat WNI tetap waspada atas gempa susulan dan tsunami dan selalu memantau informasi dan arahan otoritas setempat. Peringatan tsunami di sepanjang pesisir barat Jepang masih belum dicabut.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengaktifkan nomor hotline untuk situasi darurat yaitu untuk KBRI Tokyo di nomor +818035068612 dan KJRI Osaka di nomor +818031131003. (DN)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.