8 Tips Liburan Anti Boros & Menyenangkan, Cocok Untuk Mengisi Libur Panjang

oleh -0 Dilihat
Tips Liburan Anti Boros & Menyenangkan
Tips liburan anti boros dan menyenangkan, cocok untuk libur panjang

Jakarta- Tips liburan menjadi sangat dibutuhkan saat menjelang akhir tahun atau libur panjang lainnya. Mengisi hari libur dengan berkunjung ke tempat tertentu adalah hal yang menyenangkan. Pilihan destinasi liburan pun cukup banyak, baik di daerah setempat, luar pulau, luar provinsi, hingga luar negeri.

Untuk tips liburan, kami bisa memilih tempat berlibur sesuai dengan keinginan. Misalnya, berkunjung ke Bali karena ingin menikmati pemandangan pantai yang sangat indah atau ingin mendaki untuk melihat puncak gunung rinjani. Bahkan, kamu bisa memilih 2 atau lebih destinasi wisata selama biaya dan waktunya cukup.

Selain itu, tips liburan lainnya, kamu juga bisa lakukan secara sendirian (solo trip) maupun berangkat bersama orang-orang terdekat. Mulai dari pacar, orang tua, suami, istri, sahabat, teman, rekan kerja, maupun keluarga besar. Semuanya tergantung pada tujuan dan keinginan masing-masing saat akan berlibur.

Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Agar mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, terlebih dahulu kamu harus mengetahui tips-tipsnya. Berlibur secara langsung tanpa persiapan memang bisa dilakukan, tetapi kemungkinan terjadinya masalah atau kendala juga besar. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan tips berikut.

1. Membuat Rencana Liburan

Membuat Rencana Liburan
Foto: Canva

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum liburan adalah membuat rencana. Tujuannya adalah persiapan liburan nantinya menjadi lebih matang dan dapat dilaksanakan dengan baik. Rencana liburan dapat meliputi penentuan waktu, tempat, besaran biaya, transportasi, penginapan, dan lain-lain.

Dalam membuat rencana liburan, penting untuk mengetahui siapa saja yang akan berlibur. Jika sendirian, berarti semua pertimbangan terkait rencana hanya bergantung pada diri sendiri sehingga lebih mudah. Akan tetapi, jika berangkat bersama orang lain akan membutuhkan persetujuan mereka.

Misalnya, destinasi liburan pilihan kamu adalah Bali yang identik dengan pantainya. Sementara itu, keluarga atau pasangan ingin berkunjung ke pedesaan yang suasananya sejuk, asri, dan alami. Dengan demikian, dibutuhkan diskusi untuk memutuskan destinasi wisata pilihan bersama.

2. Menyiapkan Dana

Menyiapkan Dana
Foto: Canva

Tips liburan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan dana. Besarnya dana yang harus dipersiapkan tergantung pada tujuan, waktu, serta jumlah orang yang akan berlibur. Semakin jauh tujuan liburan, maka semakin mahal pula biaya transportasi yang dibutuhkan untuk menjangkaunya.

Sama halnya dengan waktu, semakin lama waktu yang digunakan untuk berlibur maka biaya penginapan yang harus dikeluarkan juga semakin besar. Jadi, semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing agar tidak terjadi over budget yang pasti akan merugikan.

Umumnya, orang-orang membuat rekening tabungan khusus untuk liburan agar tidak tercampur dengan tabungan pribadi. Selain itu, usahakan untuk mengumpulkan dana sekitar 3-6 bulan sebelumnya agar bisa tercukupi dengan baik. Hindari pula untuk membuat pengeluaran yang besar.

3. Memesan Tiket dan Penginapan

Memesan Tiket dan Penginapan
Foto: Canva

Tiket perjalanan serta penginapan menjadi bagian yang penting saat liburan. Jika kamu hanya berlibur satu hari tanpa menginap, maka tidak membutuhkan penginapan. Namun, apabila merencanakan liburan selama beberapa hari, maka cari penginapan atau hotel lebih awal dan segera booking.

Tujuannya adalah untuk menghindari penginapan yang penuh serta kenaikan harga menjelang hari libur. Sama halnya dengan tiket, umumnya harganya juga naik pada musim libur. Namun, jika tempat liburan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, maka biaya bahan bakar yang disiapkan.

HItung terlebih dahulu jarak serta besar penggunaan bahan bakar untuk kendaraan. Jangan lupa untuk memperhitungkan sebanyak 2x lipat karena kendaraan digunakan pulang pergi. Untuk itu, memesan tiket transportasi dan penginapan terlebih dahulu dapat mewujudkan tips travelling low budget.

4. Memanfaatkan Promo

Memanfaatkan Promo
Foto: Canva

Saat musim liburan seperti akhir tahun, banyak hotel atau tiket yang mengadakan promo potongan harga. Hal ini dapat menjadi tips liburan terbaik untuk meminimalisir budget yang dikeluarkan. Kamu harus lebih rajin untuk mencari promo-promo yang tersedia untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

Jika berlibur tanpa menggunakan jasa agen, maka seseorang harus mencari promo secara mandiri. Namun, jika menggunakan jasa agen biasanya akan diinformasikan lebih awal terkait besar potongan harga yang bisa didapatkan. Apalagi, jika agen sudah bekerja sama dengan pihak hotel tertentu.

Sayangnya, promo yang diberlakukan umumnya cukup terbatas dan memiliki persyaratan tertentu. Oleh karena itu, promo atau diskon tidak bisa dipastikan dari awal saat membuat perencanaan. Jadi, dana yang dipersiapkan harus tetap dalam jumlah yang cukup dan promo bisa sebagai bonus.

5. Menyiapkan Kebutuhan Pribadi dari Rumah

Menyiapkan Kebutuhan Pribadi
Foto: Canva

Melakukan perjalanan seperti liburan membutuhkan beberapa perlengkapan pribadi, apalagi jika menginap. Kamu tentu membutuhkan alat-alat seperti sikat gigi, sabun mandi, makanan ringan, skincare, hingga obat-obatan. Nah, sebaiknya semua kebutuhan tersebut dipersiapkan dari rumah.

Tujuannya adalah untuk menunjang perjalanan menjadi lebih nyaman karena tidak perlu repot lagi setelah tiba di tempat liburan. Selain itu, harga perlengkapan pribadi di tempat wisata biasanya jauh lebih tinggi dari harga normal. Jika membeli disana, berarti biaya yang dipersiapkan harus lebih besar.

Namun, kamu juga harus membatasi jumlah atau ukuran perlengkapan pribadi yang akan dibawa. Pastikan untuk membawa perlengkapan yang travel size sehingga lebih praktis dan ringan. Jika peralatan di rumah berukuran besar, maka pindahkan ke botol atau tempat yang lebih kecil.

6. Mengutamakan Kenyamanan

Mengutamakan Kenyamanan
Foto: Canva

Saat berlibur ke tempat tertentu, mengutamakan kenyamanan menjadi bagian dari tips liburan menyenangkan. Selalu ingat bahwa tujuan liburan untuk menenangkan pikiran setelah sibuk bekerja atau beraktivitas dalam kurung waktu yang lama, bukan untuk mencari kemewahan di tempat lain.

Kenyamanan dapat dinilai dari berbagai aspek, misalnya memilih hotel tidak harus berbintang lima selama pelayanannya bagus. Dengan begitu, biaya yang nantinya dikeluarkan tidak terlalu besar tetapi liburan tetap terlaksana dengan baik. Namun, kenyamanan juga tergolong subjektif untuk setiap orang.

Jika kamu memiliki anggaran liburan yang besar, maka memilih penginapan yang mahal tentu bukan masalah. Semuanya akan tergantung pada kemampuan dan kenyamanan masing-masing selama tidak over budget. Akan tetapi, hindari untuk mengutamakan kemewahan namun akhirnya merugi.

7. Bijak Menggunakan Uang

Bijak Menggunakan Uang
Foto: Canva

Di sekitar tempat wisata biasanya terdapat toko atau pusat perbelanjaan. Para wisatawan pun akan merasa sayang jika melewatkan tempat tersebut untuk membeli oleh-oleh yang lucu. Tips liburan hemat untuk menghadapi kondisi tersebut adalah menjadi lebih bijak saat menggunakan uang.

Misalnya, jumlah uang yang bisa digunakan untuk berbelanja oleh-oleh tidak boleh lebih dari perencanaan. Jangan mudah tergiur dengan barang-barang lucu dan terobsesi untuk memilikinya. Adapun jika ingin membeli, pastikan barang tersebut penting dan bermanfaat jika digunakan.

8. Mencatat Pengeluaran

Mencatat Pengeluaran
Foto: Canva

Untuk menghindari terjadinya over budget yang tidak jelas, sebaiknya catat pengeluaran selama liburan. Setiap uang yang dikeluarkan sekecil apapun harus tetap dicatat agar kamu bisa memantau jumlah pengeluaran, Dengan begitu, kemungkinan untuk menjadi boros akan lebih kecil.

Berlibur termasuk kegiatan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Namun, banyak hal yang harus dipersiapkan agar kegiatan liburan tersebut bisa terealisasi dengan baik. Salah satunya adalah memahami tips liburan sehingga persiapan akan lebih matang dan meminimalisir kendala. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.