Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Ini 10 PTN Terbaik Di Indonesia Versi UniRank Terbaru

oleh -0 Dilihat
10 PTN Terbaik Di Indonesia
PTN terbaik di Indonesia meliputi Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), hingga Institut Teknologi Bandung (ITB).

Jakarta- PTN terbaik selalu menjadi incaran calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Universitas negeri memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan perguruan tinggi swasta, misalnya terkait biaya pendidikan yang lebih murah hingga prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Indonesia mempunyai sejumlah PTN (perguruan tinggi negeri) ternama yang sudah sangat popular di berbagai lapisan masyarakat. Misalnya saja UGM, UI, ITB, dan masih banyak lagi. Selain menawarkan program yang menarik, universitas ini juga dikenal mampu menelurkan mahasiswa berprestasi.

10 PTN Terbaik di Indonesia UniRank 2023
Bagi kamu yang tengah sibuk mencari informasi kampus negeri terbaik di Indonesia, daftar 10 universitas terbaik di Indonesia 2023 versi UniRank ini bisa jadi referensi.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Sumber: Web UI

Universitas Indonesia (UI) yang berlokasi di Depok, Jawa Barat ini dikenal sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) paling favorit di tanah air. Kampus ini disebut-sebut sebagai tempat berkumpulnya orang-orang pintar dan kreatif, terbukti dengan banyaknya alumni yang berhasil di bidangnya masing-masing.

Menariknya, UI tidak hanya diminati oleh calon mahasiswa dalam negeri tetapi juga internasional. Dengan reputasi internasional serta beragam program unggulan dengan 17 fakultas berbeda, wajar jika kampus ini menjadi perguruan tinggi terbaik nomor satu di Indonesia.

2. Universitas Gajah Mada

Universitas Gajah Mada
Sumber: Web UGM

Siapa tak kenal UGM? Universitas yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini terus menjadi incaran ribuan calon mahasiswa setiap tahunnya. Hadir dengan 18 fakultas serta berbagai program profesi, spesialis, dan program internasional, tidak heran UGM menjadi salah satu PTN terbaik di seluruh Indonesia.

Kualitas pendidikan yang berkelas, posisi prestisius, serta konsistensi dalam berjuang membangun Indonesia berbasis riset menjadi beberapa alasan mengapa kampus ini layak difavoritkan. UGM juga mampu menghasilkan alumni yang kompeten dan siap berkiprah di tingkat nasional maupun global.

3. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga
Sumber: Halojatim.com

Universitas negeri di Surabaya ini menduduki peringkat ketiga perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Universitas Airlangga (Unair) memiliki 16 fakultas, 187 program studi, dan 1 sekolah pascasarjana serta program internasional yang semakin menambah minat calon mahasiswa.

Salah satu program unggulan Unair adalah Kampus Merdeka yang merupakan implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar. Melalui kebijakan ini, mahasiswa dapat terjun secara langsung ke dunia kerja sehingga mendapatkan pengalaman yang dibutuhkan.

4. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung
Sumber: Web ITB

Institut Teknologi Bandung merupakan PTN terbaik bagi kamu yang tertarik ilmu teknik dan sains. Kampus ini menekankan pada penelitian, inovasi, dan teknologi yang dipadukan dengan pendidikan berintegritas. Saat ini ITB memiliki 7 fakultas dan beberapa sekolah seperti sekolah bisnis dan farmasi.

Seperti kampus terbaik lainnya, ITB juga dikenal mampu mencetak figur-figur berpengaruh yang turut berkiprah dalam kemajuan bangsa Indonesia. Sebut saja beberapa nama seperti B.J. Habibie, Soekarno, Ridwan Kamil, hingga Jero Wacik dan Rizal Ramli.

5. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya
Sumber: Maukuliah

Universitas Brawijaya menduduki peringkat ke 5 perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia versi UniRank dan posisi ke 4 versi Webometrics. Perguruan tinggi negeri di Malang ini menawarkan 18 fakultas dengan 175 program studi yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat.

Sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia 2023, Unibraw dilengkapi dengan berbagai fasilitas demi menunjang kegiatan belajar mengajar. Kampus ini juga menyediakan berbagai program beasiswa untuk membantu calon mahasiswa kurang mampu namun berprestasi agar tetap bisa melanjutkan pendidikan.

Kompetisi untuk menjadi mahasiswa PTN terbaik ini tergolong cukup ketat karena kampus ini selalu dipenuhi oleh calon pelamar setiap tahunnya. Bahkan tidak sedikit pula calon mahasiswa yang harus mengurungkan niatnya karena kalah bersaing dengan pelamar lain.

6. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran
Sumber: Maukuliah

Universitas Padjadjaran menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Perguruan tinggi ini menghadirkan ruang dan wadah bagi civitas akademika untuk mengembangkan keilmuan melalui penelitian dan pengembangan kajian.

Unpad saat ini memiliki 17 fakultas dengan ratusan program studi serta satu sekolah pascasarjana. Kampus ini pernah menduduki peringkat ke-4 perguruan tinggi terbaik di Indonesia di bawah UGM, UI, dan IPB. Unpad sendiri memiliki dua kampus utama yang berlokasi di Bandung dan Sumedang.

7. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro
Sumber: Web Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro Semarang merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia dengan jumlah peminat yang cukup tinggi setiap tahunnya. Kampus ini mempunyai 11 fakultas mulai dari Fakultas Sains dan Matematika hingga Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik.

Undip Semarang juga memiliki 2 sekolah, yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pasca Sarjana yang juga tak kalah bergengsi. Mengenai prestasi, civitas akademika dari perguruan tinggi terbaik di Semarang ini berhasil menyabet berbagai penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Bagi kamu yang ingin mengincar beasiswa, Undip membuka kesempatan untuk meraih berbagai jenis beasiswa mulai dari Bidikmisi, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) hingga beasiswa dari pihak swasta seperti Djarum, Bhakti BCA, hingga Yayasan Toyota Astra.

8. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor
Sumber: Web Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah perguruan tinggi yang menawarkan keunggulan dalam bidang lingkungan dan ilmu pertanian. Kampus ini menawarkan berbagai program akademik yang relevan dengan isu global demi mencetak generasi yang siap berkiprah di kancah lokal maupun dunia.

IPB tercatat pernah menduduki peringkat 489 universitas terbaik di dunia versi QS WUR dan peringkat 351-400 versi QS WUR by Subject. Sedangkan menurut Webometrics Indonesia, kampus ini menduduki peringkat ke-6 sebagai universitas terbaik di Indonesia.

9. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta
Sumber: jogjapolitan

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menduduki posisi yang cukup prestisius dalam daftar PTN terbaik di Indonesia versi UniRank. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini menghadirkan berbagai program yang sejalan dengan pendidikan berkelanjutan demi mendukung minat dan bakat mahasiswa.

Kampus yang satu ini terus mendorong civitas akademika untuk berkarya dan menghasilkan inovasi berkelanjutan. Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah di UNY, universitas negeri ini menawarkan 8 fakultas dengan 124 program studi serta 1 sekolah pascasarjana.

10. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia
Sumber: Maukuliah

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu kependidikan melalui berbagai fakultas seperti Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pendidikan Teknologi, dan lain sebagainya.

UPI terbukti mampu mencetak calon-calon pengajar muda yang siap berkiprah di dunia kerja dengan segala tantangannya. Demi menunjang proses pembelajaran, kampus ini dibekali dengan fasilitas yang tergolong lengkap mulai dari perpustakaan, balai bahasa, fasilitas seni, dan fasilitas olahraga.

Kampus UPI juga menghadirkan program pengabdian untuk menyalurkan manfaat inovasi dalam bidang pendidikan, bahasa, dan sains untuk memberdayakan masyarakat.

Memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan memang bukan perkara sederhana karena ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan. Namun setelah kamu mengetahui daftar PTN terbaik di Indonesia versi UniRank, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan sesuai dengan minat dan bakat. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.