10 Hacker yang Paling Berbahaya di Dunia, Wajib Diwaspadai!

oleh -0 Dilihat
Hacker yang Paling Berbahaya di Dunia
Hacker yang paling berbahaya di dunia wajib diwaspadai oleh semua negara (Ils)

Jakarta- Hacker sering membuat banyak orang pusing karena ulahnya. Lantas, siapa saja hacker yang paling berbahaya di dunia dan wajib diwaspadai? Hacker yang paling berbahaya di dunia wajib diwaspadai oleh semua negara, karena mereka memiliki kemampuan yang sangat andal dalam menerobos sistem keamanan dan jaringan komputer. Namun, ada juga beberapa yang memanfaatkan kemampuan ini untuk hal yang baik.

Sebagai contoh, perusahaan menyewa hacker untuk mencari tahu siapakah pihak yang telah mencuri data rahasia produknya dan disebarkan ke pihak pesaing. Hal-hal seperti ini dapat dilakukan oleh mereka dengan mudah, apalagi jika kemampuan mereka seandal orang-orang di bawah ini!

10 Hacker yang Paling Berbahaya di Dunia dengan Kemampuan Luar Biasa

Kemunculan internet yang semakin canggih seperti sekarang ini memang dapat membantu banyak orang dalam menjalankan kehidupannya secara lebih mudah. Namun, kecanggihan internet ini juga dapat mendatangkan kerugian tersendiri bagi sebagian orang, karena kini marak bermunculan hacker.

Saat hacker melakukan aksinya dengan mencuri data melalui jaringan komputer tanpa izin seperti ini, maka pemilik data dapat mengalami kerugian yang cukup besar. Dari sekian banyak hacker yang ada di dunia ini, ada 10 paling berbahaya di dunia yang di antaranya adalah:

1. Jonathan James

Jonathan James
Sumber: Blackhat

Namanya sudah sangat dikenal oleh sesama hacker di seluruh dunia, karena Jonathan James memiliki kemampuan yang luar biasa dalam meretas sistem keamanan serta jaringan komputer. Bahkan, di usianya yang masih menginjak 15 tahun, dia berhasil mengendalikan perangkat lunak NASA.

Tidak hanya itu, di waktu yang sama Jonathan James juga berhasil mengendalikan situs Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang disebut-sebut memiliki sistem keamanan sangat ketat. Tentu untuk bisa meretas kedua situs tersebut dibutuhkan kemampuan tinggi yang hanya dimiliki oleh Jonathan.

2. Yevgeny Bogachev

Yevgeny Bogachev
Sumber: Europa Press

Hacker yang paling berbahaya di dunia selanjutnya adalah Yevgeny Bogachev. Pria yang dipercaya berasal dari wilayah pesisir Anapa ini berhasil menciptakan virus Trojan terkuat yang diberi nama GameOver Zeus bersama dengan beberapa rekannya.

Virus Trojan terkuat ini dapat menyalin informasi perbankan tanpa diketahui oleh semua pihak, baik pemilik dana, bank, dan semua pihak yang bersangkutan. Bahkan, FBI pernah menawarkan uang sebesar 3 juta dolar yang akan diberikan kepada orang yang berhasil menangkap Bogachev.

3. Albert Gonzales

Albert Gonzales
Sumber: Cybereason

Mungkin kamu sudah pernah mendengar nama hacker yang satu ini, karena Albert Gonzales pernah menghebohkan dunia dengan aksinya menjual 170 kartu debit dan nomor rekening ke seluruh dunia. Salah satu korban atas kejahatan Albert Gonzales adalah perusahaan TJX.

Saat itu, Albert Gonzales berhasil mencuri data dari 45 juta nomor kartu kredit yang tersimpan dalam database perusahaan TJX. Tentu kabar ini langsung membuat para pelanggan TJX khawatir akan keamanan data kartu kreditnya, sehingga perusahaan TJX sempat mengalami kerugian yang besar.

4. Kevin Poulsen

Kevin Poulsen
Sumber: Alchetron.com

Aksi pertama yang dilakukan oleh Kevin Poulsen terjadi pada tahun 1983 saat usianya baru menginjak 17 tahun. Kevin Poulsen sempat ditangkap atas kejahatannya menerobos sistem Arpanet, tapi tak lama setelah itu Kevin dilepaskan kembali, karena usianya masih di bawah umur.

Namun, aksi dari salah satu hacker yang paling berbahaya di dunia ini tidak berhenti sampai di situ saja. Sebab, Kevin kembali melakukan aksi besarnya dengan menerobos jaringan komputer pemerintah federal serta mencuri data yang berkaitan dengan Ferdinand Marcos.

5. Astra

Astra
Foto: Ilustrasi

Orang-orang mengenal Astra sebagai salah satu hacker paling berbahaya di dunia, karena dia berhasil membobol sistem komputer perusahaan pertahanan terkenal yang ada di Prancis. Tentu ini menjadi bahan perbincangan di seluruh dunia, karena tidak semua hacker bisa melakukan hal ini.

Aparat setempat pertama kali mengidentifikasi data diri Astra di tahun 2008 dan disebutkan bahwa hacker ini merupakan pakar matematika yang berasal dari Yunani. Setelah berhasil mencuri software senjata teknologi tinggi milik Dassault, Astra menjualnya ke 250 orang yang tersebar di seluruh dunia.

6. Adrian Lamo

Adrian Lamo
Sumber: CNET

Jika membahas tentang hacker yang paling berbahaya di dunia, kita tidak boleh melewatkan hacker yang pernah menyusup jaringan komputer New York Times, Microsoft, dan Yahoo ini. Dengan kemampuannya yang sangat andal, Adrian Lamo berhasil menyusup jaringan ketiga perusahaan itu.

Tidak hanya itu, Adrian Lamo juga sempat membocorkan ratusan ribu dokumen sensitif milik pemerintah AS ke WikiLeaks. Tentu aksinya tersebut menarik perhatian banyak orang. Namun, setelah melakukan aksi tersebut Adrian Lamo memutuskan untuk menyerahkan diri di tahun 2003.

7. Garry McKinnon

Garry McKinnon
Sumber: Channel 4

Salah satu hacker paling hebat di dunia ini berasal dari Skotlandia dan pernah membobol jaringan komputer milik NASA yang dikatakan memiliki sistem keamanan sangat tinggi. Pada saat itu, aksi yang dilakukan oleh Garry McKinnon ini disebut-sebut menjadi hack militer terbesar yang pernah terjadi.

Dengan aksinya yang berhasil membobol 97 komputer milik NASA, nama Garry McKinnon semakin dikenal sebagai salah satu hacker paling berbahaya yang ada di dunia ini. Maka dari itu, dulu setiap perusahaan maupun pemerintah di berbagai negara sangat khawatir akan menjadi korban Garry.

8. Anonymous

Anonymous
Foto: Canva

Jika dibandingkan dengan hacker yang paling berbahaya di dunia sebelumnya, maka nama Anonymous lebih dikenal dan sering didengar oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena Anonymous adalah sekelompok hacker aktivis internasional yang sudah terkenal dengan kemampuannya.

Uniknya, untuk bisa menjadi anggota organisasi hacker ini tidak perlu mendaftar terlebih dahulu, tapi kamu harus memiliki kemampuan yang andal dalam menembus sistem dengan tingkat keamanan yang tinggi. Jadi, semua orang bisa mengklaim sebagai Anonymous jika kemampuannya sepadan.

9. Kevin Mitnick

Kevin Mitnick
Sumber: The New York Times

Nama Kevin Mitnick juga sangat dikenal di kalangan hacker dunia, karena aksinya yang pernah menyadap ponsel Blackberry milik Presiden Obama saat itu. Tidak hanya itu, aksi lainnya yang pernah dilakukan oleh Kevin Mitnick adalah mencuri data Santa Cruz Operation dan menembus Pentagon.

Hal yang membuat kisah hidup Kevin Mitnick semakin menarik adalah dia pernah menjabat sebagai CEO Defensive Thinking yang merupakan perusahaan keamanan jaringan. Jadi, pada akhirnya Kevin memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk kegiatan yang lebih positif.

10. Igor Klopov

Igor Klopov
Foto: Ilustrasi

Hacker berbahaya di dunia yang terakhir adalah Igor Klopov. Di usianya yang masih tergolong muda, Igor berhasil melakukan penjualan data hasil curiannya dan meraih kekayaan hingga sebesar 1,5 juta dolar Amerika. Tentu Igor sangat bangga dengan keberhasilan atas aksinya tersebut.

Namun, rasa bangga yang ada di dalam diri Igor ini tidak berlangsung lama, karena pada tahun 2007 dia ditangkap oleh FBI. Setelah terbebas dari hukumannya, Igor menjabat sebagai salah satu ahli keamanan jaringan yang bekerja di Cybersec New York, Amerika Serikat.

Nama-nama hacker yang paling berbahaya di dunia ini mungkin sudah terdengar tidak asing lagi bagi para hacker pemula maupun yang sudah berpengalaman. Namun, bagi orang awam nama-nama hacker itu masih terdengar asing dan tak banyak orang yang tahu bahwa kemampuannya sehebat itu. (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.